Pengertian Hardware, Jenis, dan Fungsinya

Pengertian hardware – Sebuah komputer membutuhkan paling tidak 3 komponen dasar supaya bisa bekerja secara optimal, yaitu hardware, software, dan brainware. Hardware sering dipahami dari setiap bagian komputer yang bisa diraba dan dilihat. Berbeda halnya dengan software yang merupakan kumpulan program digital yang tidak kasat mata. Pada awalnya, komputer memang terdiri dari hardware saja untuk bekerja. Alat hitung (jika tidak dikatakan sebagai komputer) yang paling sederhana seperti abacus malah hanya berupa satu perangkat keras saja. Yang terpenting adalah fungsinya memproses data. Namun seiring perkembangan dalam dunia komputerisasi, tugas komputer bukan hanya menghitung saja. Ada banyak kebutuhan yang perlu dikerjakan oleh komputer. Maka hardware pun terus berkembang. Untuk lebih memahami apa itu hardware, di bawah ini adalah pengertian hardware, disusul dengan fungsi dan jenisnya.

 

Pengertian Hardware

Pengertian hardware, atau bisa disebut juga sebagai perangkat keras, adalah nama bagi komponen-komponen kasat mata yang menyusun sebuah komputer supaya fungsinya berjalan dengan baik. Sebuah hardware bekerja dengan memproses data yang sudah diberikan sebelumnya melalui sekumpulan perintah atau yang biasa disebut instruction set. Dengan berdasarkan perintah tersebut, hardware akan menjalankan berbagai fungsinya dan menyajikan kembali informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.

Pengertian Hardware

Pengertian Hardware –  Sumber gambar

 

Hardware bekerja secara terstruktur dan terorganisir. Keselarasan antar kerja hardware akan ditentukan oleh software yang memerintahkannya. Maka jika ada salah satu komponen dari hardware yang terganggu, otomatis proses pengolahan data juga akan terganggu. Hardware secara garis besar digolongkan menjadi 5 jenis berdasarkan fungsi dan tugasnya. Yaitu input device (unit masukan), process device (unit pemrosesan), output device (unit pengeluaran), backing storage (unit penyimpanan), periferal (unit tambahan). Anda bisa mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai masing jenis-jenis hardware berdasarkan fungsinya di bawah ini.

 

Jenis-jenis Hardware dan Fungsinya

 

1. Unit Masukan (Input Device)

Unit ini bertugas untuk memasukkan semua informasi atau data dari pengguna ke memori untuk kemudian diteruskan untuk di proses dalam prosesor untuk menghasilkan informasi yang diinginkan. Input device yang umum dan paling dasar bagi sebuah komputer adalah keyboard dan mouse. Dengan kedua unit masukan tersebut, pengguna bisa memasukkan data berupa angka, huruf, gambar, dan tentunya memerintah komputer untuk melakukan hal-hal lain seperti mematikan komputer dan mengatur konfigurasinya. Selain keyboard dan mouse, masih ada alat masukan lain yang juga digunakan oleh pengguna. Di antaranya adalah joystick yang berguna untuk membuat masukan dalam menjalankan sebuah game di komputer. Lalu ada scanner yang digunakan untuk membuat gambar fisik menjadi digital untuk kemudian diolah lebih lanjut. Ada juga touch panel yang cara kerjanya mirip dengan mouse yaitu untuk mengarahkan kursor di komputer. Lalu ada microphone untuk memasukkan data berupa suara ke komputer.

Namun ada juga hardware unit masukan yang tidak langsung memasukkan data dari pengguna ke komputer, melainkan hanya bertugas sebagai perantara bagi data lainnya. Contoh input device yang berfungsi sebagai perantara media data input adalah disket, punched card, dan lain-lain.

 

2. Unit Pemrosesan (Process Device)

Untuk bagian pemrosesan, hardware terbagi menjadi 5 jenis. Berikut adalah daftarnya.

  • Power Supply

Hardware ini berfungsi sebagai pemasok arus listrik ke semua komponen yang ada di dalam komputer. Power supply mengatur tegangan yang dibutuhkan oleh masing-masing hardware. Kualitas power supply turut menentukan kinerja sebuah komputer. Untuk kegiatan mengetik ataupun tugas ringan lainnya, kebutuhan daya komputer berkisar antara 300-400 wat. Sedangkan untuk kebutuhan yang lebih tinggi seperti editing dan game, maka daya yang dibutuhkan berkisar antara 400 hingga 500 wat.

  • RAM (Random Access Memory)

RAM bertugas untuk menampung informasi sementara yang akan diproses sebelum masuk atau keluar dari prosesor. RAM berfungsi sebagai manajemen data-data yang bersifat sementara dan bisa di akses dengan cepat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

  • Kartu Grafis (VGA)

Kartu grafis bertugas sebagai unit pemroses yang bertanggung jawab dengan segala sesuatu yang akan ditampilkan di monitor. Bentuknya berupa rangkaian elektronika khusus dan biasanya tertancap di motherboard komputer. Dengan perkembangan yang terjadi, kartu grafis sudah memiliki fitur-fitur seperti menyambung beberapa layar komputer menjadi satu, dan lain-lain.

  • Prosesor

Otak dari sebuah komputer, itulah prosesor. Semua proses pengolahan informasi dan data yang masuk akan terjadi di prosesor. Prosesor akan menyalurkan informasi dan data ke komponen lain sesuai tugasnya masing-masing dan menerima kembali untuk ditampilkan ke layar pengguna.

  • Motherboard

Motherboard merupakan tempat dimana semua komponen komputer melekat. Perangkat-perangkat seperti harddisk, RAM, prosesor, dan lainnya.

 

3. Unit Keluaran (Output Device)

  • Monitor

Monitor akan menampilkan semua informasi dan data yang diolah ke pengguna dalam bentuk sinyal elektronik berbentuk gambar. Layaknya monitor-monitor lain, monitor komputer juga memiliki beberapa varian ukuran.

  • Printer

Printer merupakan perangkat keluaran komputer yang berfungsi menghasilkan cateak fisik dari data dalam komputer.

  • Speaker

Data keluaran berupa suara akan dikeluarkan oleh speaker.

 

4. Backing Storage (Unit Penyimpanan)

  • Harddisk (HDD)

Harddisk merupakan tempat penyimpanan data sekunder yang menyimpan semua data dalam komputer. Harddisk berisi piringan magnetis yang menyimpan informasi data berupa titik-titik mikroskopis di atas permukaannya dan akan terbaca saat mendapatkan suplai arus listrik.

 

5. Peripheral (Unit Tambahan)

  • Modem

Modem berfungsi sebagai unit yang melakukan proses modulasi atau menumpangkan data yang ada di komputer pada gelombang frekuensi tertentu agar bisa dikirimkan atau menerima data dari pengirim lain.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Router Lengkap dengan Jenis dan Cara Kerjanya

Dan masih ada banyak lagi jenis hardware yang saat ini digunakan.

Kesimpulannya hardware adalah perangkat kerang yang selalu melengapi setiap komponen komputer. Dengan adanya hardware ini, kinerja komputer dinilai lebih maksimal dan optimal. Demikianlah pengertian hardware disertai jenis dan masing-masing fungsinya. Semoga bermanfaat.

Add Comment