Pengertian Hostname, Fungsi & Cara Mengetahui Hostname

Pengertian hostname tentunya akan terdengar tidak asing oleh orang-orang yang berkutat atau seringkali bersentuhan dengan komputer. Seperti manusia, setiap individunya memiliki nama masing-masing sebagai tanda pengenal. Begitu juga dengan komputer, memiliki hostname tersendiri pada setiap perangkatnya. Nah, untuk mengetahui lebih jelas perihal hostname, yuk simak ulasan berikut.

Pada dasarnya, hostname atau nama host ini adalah sebuah nama pada komputer. Nama ini sudah mutlak dan spesifik ada pada setiap komputer tertentu yang ada dalam suatu jaringan. Antara satu komputer yang satu dengan komputer yang lain, tentunya memiliki nama yang berbeda. Sebab sifat hostname ini adalah unik, sehingga tidak boleh ada nama yang sama antara 2 komputer dalam jaringan yang sama.

 

Pengertian Hostname, Fungsi & Cara Mengetahui Hostname

Pengertian Hostname, Fungsi & Cara Mengetahui Hostname

Pengertian Hostname, Fungsi & Cara Mengetahui Hostname

 

Penamaan Hostname

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, hostname ini tidak akan sama antara satu komputer dengan komputer lain dalam satu jaringan. Jika Anda penamaan yang sama, secara otomatis sistem akan memberitahukan bahwa telah terjadi duplikasi nama. Namun hal ini tidak akan berlaku jika nama yang sama tersebut adalah dalam jaringan yang berbeda.

Penamaan hostname biasanya dilakukan untuk memberikan label kepada perangkat yang terhubung ke jaringan komputer dimana hal ini digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah perangkat ke dalam bentuk komunikasi secara elektronik. Komunikasi elektronik ini bisa berupa World Wide Web (www) yang familiar didapat ketika browsing di internet, email atau bahkan Usenet.

Pada dasarnya, penamaan ini adalah nama sederhana yang terdiri dari sebuah kata atau pun fasa tunggal yang kemudian ditambahkan menjadi nama domain. Setiap orang bisa saja mengganti hostname komputer, namun nama hostname komputer Anda adalah nama pertama yang diberikan oleh sistem kepada perangkat komputer Anda.

 

Fungsi dari Hostname

Setelah Anda mengetahui pengertian hostname, pastinya Anda akan bertanya untuk apa nama host tersebut? Seperti Anda sendiri, agar mudah dikenali, Anda memiliki sebuah nama sehingga saat bertemu orang lain, Anda akan memberitahu nama Anda agar orang tersebut nantinya akan mengenali Anda saat kembali bertemu.

Begitu pun dengan komputer, agar sistem mudah mengenali aksesi perangkat yang Anda gunakan, maka dibuatlah hostname. Nantinya, nama ini akan membuat sistem lebih mudah mengenali perangkat komputer Anda. Bahkan tak jarang, hostname ini juga bisa membantu Anda untuk mengecek bagaimana kondisi jaringan komputer Anda sendiri. pun jika Anda ingin mengetahui kondisi jaringan komputer orang lain, Anda bisa mengeceknya dengan mengetahui nama host komputer tersebut tanpa harus mencari IP atau Internet Protocol-nya.

 

Apa kaitannya dengan DNS?

Setelah Anda mengetahui apa itu hostname, pasti Anda akan dihadapkan pada pertanyaan apa kaitannya antara hostname dan DNS? Tentu keduanya saling berkaitan. Namun antara hostname dan DNS tentu adalah suatu hal yang berbeda.

Pada penjelasannya DNS atau Domain Name System merupakan sebuah sistem yang akan menyimpan tentang informasi nama host maupun nama domain yang ada pada jaringan komputer. DNS ini erat kaitannya ketika komputer Anda bersinggungan dengan internet. DNS inilah yang akan menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan melakukan pendataan setiap server transmisi surat atau disebut sebagai mail exchange server yang akan menerima sebuah surel untuk setiap domain yang ada. Secara kasarnya, DNS ini adalah sebuah layanan jaringan yang akan menerjemahkan nama situs menjadi sebuah alamat internet.

 

Seberapa Pentingkah DNS?

Jika perangkat komputer Anda sering menggunakan internet baik untuk berselancar seperti Googling, mengirim pesan secara online, atau mengakses hal lainnya, tentang DNS ini cukup penting. Sebab, ketika perangkat komputer mengakses sebuah nama host atau nama domain, maka DNS inilah yang akan mengantarkan Anda pada perangkat komputer yang terhubung dengan nama host tersebut sesuai dengan alamat IP-nya.

Sebuah hostname yang mencakup domain akan disimpan dalam Domain Name System bersama dengan alamat IP dari host yang digunakan sebagai proses pemetaan nama host ke alamat, atau pun sebaliknya. Jadi, tanpa Anda mengetahui IP, dengan DNS, meskipun hanya nama domainnya saja, IP nya akan langsung ditampilkan melalui DNS. Begitupun kebalikannya.

 

Mengetahui Hostname pada Komputer

Jika Anda sudah tahu apa itu hostname dan bagaimana kaitannya dengan DNS, lalu bagaimana cara mengecek nama host pada komputer yang Anda gunakan? Tentunya untuk mengetahui hal tersebut sangat mudah untuk dilakukan.  Jika perangkat Anda berbasis sistem operasi Windows, maka untuk mengetahuinya Anda hanya perlu menggunakan aplikasi utility bawaan dari Windows sendiri yaitu CMD atau Command Prompt. Mengoperasikannya pun sangat mudah, yaitu:

  1. Klik ikon windows di desktop Anda, di menu pencarian, ketikkan CMD atau Command Prompt.
  2. Setelah Anda menemukan aplikasinya, buka aplikasi CMD tersebut.
  3. Saat jendela CMD sudah terbuka, pada bagian bar CMD, ketikkan “hostname” (tanpa tanda petik)
  4. Kemudian, saat Anda telah mengetikkan tersebut, klik enter pada keyboard.
  5. Nantinya Anda akan diarahkan pada keterangan mengenai hostname pada perangkat komputer Anda sendiri.

Bagaimana? Cukup penting bukan hostname bagi perangkat komputer. Nah, itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai pengertian hostname.

Add Comment