Pengertian Internet dan Manfaatnya Secara Umum

Pengertian Internet dan Manfaatnya – Internet bukan minuman atau makanan yang mengenyangkan namun kehadirannya acapkali menimbulkan ketergantungan. Bagaimana tidak, hampir semua orang mulai anak-anak, remaja, orang tua, pria wanita, semua butuh koneksi internet. Bahkan bukan pemandangan aneh saat jaringan internet overload atau melemah mereka uring-uringan seperti kehilangan sesuatu yang sangat berharga.

Konon internet gudangnya content hiburan, bahkan tak jarang dimanfaatkan untuk mendukung proses belajar mengajar hingga ujian negara pun kini berbasis internet. Tak hanya di rumah dan sekolah namun internet sudah sejak lama ‘menjajah’ area perkantoran untuk mendukung keperluan bisnis.

Nah, apa sebenarnya pengertian internet dan manfaatnya untuk apa saja? Bagimana dampak positif muncul setelah internet dapat diakses dengan mudah? Mari kita bahas apa itu internet secara lebih detail, bagaimana fungsinya dan apa saja bagian –bagian didalamnya.

 

Pengertian Internet, Sejarah Internet, dan Manfaat Internet

Pengertian, Sejarah, dan Manfaat Internet

Pengertian, Sejarah, dan Manfaat Internet Sumber Gambar

 

Interconnection Networking atau akrab kita sebut internet adalah jaringan komunikasi global yang bersifat terbuka dimana jaringan ini dapat menghubungkan jutaan hingga milyaran jaringan komputer, telepon seluler, serta berbagai tipe dan jenis device lainnya.

Sejarah Internet sendiri awalnya merupakan jaringan komputer yang diciptakan tahun 1969 melalui sebuah proyek bernama ARPANET yang diprakarsai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Misi dari pembuatan jaringan ini awalnya hanya untuk kebutuhan militer namun selanjutnya terus dikembangkan dan bisa dinikmati oleh penduduk dunia hingga sekarang.

Di awal perkembangannya, jaringan internet yang dibuat oleh US Department of Defense atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat ini hanya untuk mengkoneksikan komputer-komputer di daerah-daerah konflik. Dengan jaringan internet tersebut tentu sangat memungkinkan untuk menyimpan data diberbagai tempat dan data tidak akan bocor meskipun terjadi perang.

Saat ini dampak kemunculan internet sangat terasa. Bahkan terciptanya internet membawa perubahan sangat signifikan di berbagai aspek kehidupan manusia. Bersama internet lahir apa yang kemudian disebut dunia maya, lebih memiliki pola dan karakteristik yang tidak bisa ditemukan di dunia nyata.

 

Apa yang Bisa Kita Nikmati dari internet?

Banyak yang bilang internet adalah jagat raya informasi. Ketika surfing di internet dunia seperti dalam genggaman kita. Ini karena didalamnya kita bisa menemukan ragam informasi dan hiburan tak terbatas yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Selain pengertian internet dan manfaatnya, berikut informasi mengenai fasilitas apa saja yang bisa dinikmati oleh pengguna internet saat ini.

 

World Wide Web (WWW)

WWW atau Wolrd Wide Web merupakan bagian dari internet yang bertugas mencari sekaligus memberikan informasi secara cepat dengan memanfaatkan teknologi hypertext. Nah, untuk membuat hypertext ini kemudian diciptakan HTML (Hyper Text Markup Language) atau yang kita kenal dengan bahasa pemrograman.

WWW dan HTML sendiri erat hubungannya dengan HHTP dan URL. Jadi disini HTML bersifat mengikat alamat WWW ataupun file pada dokumen yang umumnya ber-extention..*htm atau ..*html. Agar file dapat terkirim dibutuhkan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) yang berperan sebagai protokol pengiriman data. Selain itu juga dibutuhkan URL (Uniform Resource Locator) untuk menemukan semua hubungan hypertext.

Baca Juga: Perbedaan HTTP HTTPS, dan FTP Secara Singkat

 

Gopher

Gopher adalah bagian internet berupa protocol layer aplikasi TCP/IP yang secara khusus dirancang untuk pencarian, pengambilan, dan pendistribusian dokumen via jaringan internet. Dalam perkembangannya Gopher gagal mencapai popularitas padahal sebelumnya digadang-gadang menjadi alternatif pilihan selain World Wide Web (WWW).

Sebagaimana WWW, Gopher mumpuni pada hirarki yang cukup kuat untuk berbagai macam informasi didalamnya. Melalui struktur ini Gopher berguna sebagai platform untuk menghubungkan perpustakaan elektronik. Para penggemar setia masih menggunakan Gopher hingga saat ini. Meskipun hanya server skala kecil namun banyak pengguna yang menilai Gopher lebih cepat, terorganisir dan sangat efisien.

 

File Transfer Protocol (FTP)

FTP atau File Transfer Protocol merupakan bagian dari internet yang bertugas mentransfer  file atau data antara pengguna internet dengan server tertentu. Jadi dengan FTP ini pengguna dapat melakukan download maupun upload file (dokumen, gambar, audio, video) antar komputer yang sama-sama terhubung dengan jaringan internet. Dilihat dari fungsinya FTP sering dimanfaatkan untuk transfer dan penyebarluasan file atau data ukuran besar melalui jaringan internet dengan sangat mudah.

FTP sendiri hanya bisa berbagi data jika ada kesiapan dari dua pihak yaitu server FTP dan client FTP. Prosesnya, server FTP bertugas memroses perintah dari client FTP. Client FTP harus menunggu persetujuan dari server FTP jika ingin mengubah file seperti mengunduh, mengunggah, atau menghapusnya.

 

Electronic Mail (Email)

Electronic Mail atau kita sebut Email adalah fasilitas berupa surat atau pesan elektronik baik yang dikirimkan maupun diterima oleh pengguna komputer. Intinya melalui Email sangat memungkinkan bagi seseorang untuk mengirimkan pesan (text, dokumen, foto, video, dll) berkecepatan tinggi, bahkan hanya dalam hitungan detik.

Jika dikaitkan dengan aktivitas di dunia maya, Email tak kalah penting dengan nomor telepon pribadi. Ibaratnya, Email adalah tanda pengenal yang wajib ditunjukkan seperti saat registrasi di media sosial, berlangganan dengan website tertentu, bahkan juga untuk kepentingan perbankan.

Saat ini pengguna internet lebih leluasa memilih layanan Email yang disukai. Selain Gmail yang menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar ada layanan Email lain yang tak kalah populer seperti Yahoo Mail, Windows Live Mail, AOL Mail, dan beberapa layanan lain dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Setelah Email, layanan menarik lain yang tersedia di internet yaitu Mailing List atau pernah populer dengan sebutan Milis. Ini merupakan grup diskusi yang beranggotakan para pengguna internet. Selain itu juga ada pusat layanan informasi atau disebut Bulletin Board System (BBS), fasilitas Chatting, dan Newsgroup.

Manfaat Internet Bagi Masyarakat Dunia

Manfaat Internet Bagi Masyarakat Dunia

 

Manfaat Internet Bagi Masyarakat Dunia

Meskipun awalnya Internet ini hanya digunakan untuk keperluan komunikasi militer Amerika, namun ketertarikan masyarakat dunia akan Internet semakin meluas, apa lagi sejak kehadiran media sosial dan hiburan tentu saja Internet menjadi kebutuhan yang tidak bisa terlepas. Selain itu Internet digunakan sebagai media bertukar fikiran dan media menyerap informasi dari seluruh dunia.

Google sebagai salah satu mesin pencarian menjadi salah satu perusahaan yang menguasai Internet. Dengan jutaan umat manusia yang mengakses Google tentu saja membuat Internet kian dibutuhkan. Internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an dan populer sekitar tahun 2000-an. Internet di Indonesia populer di karenakan bermnculan Warenet (Warung Internet). Disanalah Internet mulai disukai oleh para pemain game online.

Sekarang tidak heran jika mulai muncul banyak ISP  Atau Internet service provider dalam bahasa Indonesianya Penyelenggara jasa Internet yang memberikan beragam penawaran Internet, mulai dari paket tv, paket speed dan lain sebagainya. Dalam hal ini ISP yang pertama beroprasi tahun 1994 adalah IndoNet. Namun, sekarang ini IndoNet namanya mulai karam dan digantikan oleh ISP dari BUMN yaitu Indihome dan beberapa ISP swasta seperti BIZNETFirst Media, MNC Play MediaMyRepublic dan lain sebagainya.

Itu tadi pembahasan singkat mengenai pengertian internet dan manfaatnya untuk pengguna. Bisa disimpulkan bahwa kehadiran internet membawa banyak manfaat terutama membantu kita mendapatkan berbagai informasi penting, hiburan, dan konten-konten lainnya kapanpun dan dimanapun.

Add Comment