Pengertian Javascript, Fungsi, Manfaat & Cara Belajar Javascript

Pengertian javascript, apa fungsi javascript, program apa saja yang dapat dikembangkan dengan menggunakan bahasa Javascript?  Mungkin bagi kamu anak programer pasti tau donk dengan javascript ini? Namun, untuk sebagian orang yang baru terjun di dunia IT, pasti masih banyak yang belum mengetahuinya. Maka dari itu, pada pembahasan kali ini akan kita bahas sedikit mengenai, pengertian dari javascript. Untuk itu, langsungs aja berikut pembahasan selengkapnya.

 

Pengertian Javascript, Fungsi, Manfaat & Cara Belajar Javascript

Pengertian Javascript, Fungsi, Manfaat & Cara Belajar Javascript

Pengertian Javascript, Fungsi, Manfaat & Cara Belajar Javascript – Image

 

Javascript merupakan bahasa pemrograman web dan bersifat Client Side Programming Language. Pengertian dari Client Side Programming Language sendiri merupakan tipe bahasa pemrograman, dan prosesnya dilakukan oleh client. Nah, aplikasi client ini merujuk kepada web browser, misalnya saja seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome.

Selain itu, bahasa pemrograman Client Side memiliki perbedaan dengan bahasa pemrograman Server Side, misalnya seperti PHP, pada server side seluruh kode programnya difungsikan atau dijalankan dari sisi server. Untuk menjalankan javascript ini, maka anda hanya memerlukan aplikasi web browser dan text editor. Berbagai fitur yang ditawarkan oleh javascript adalah client-side, high-level programming language, loosely tiped dan berorientasi objek.

 

Perkembangan JavaScript Saat Ini

Untuk perkembangannya sendiri, javascript mengalami permasalahan sama halnya seperti kode pemrograman web bersifat silent side seperti CSS, yang bergantung kepada implementasi web browser. Bisa saja kode javascript yang anda buat tidak bekerja pada Internet Explorer. Hal ini dikarenakan web browser tidak mendukungnya. Dengan begitu, programmer perlu bekerja lebih ekstra agar membuat kode program bisa ‘mengakali’ dukungan web browser.

Karena hal tersebut, pada awalnya javascript dianggap sebagai bahasa pemrograman yang sangat rumit dikarenakan perlu membuat beberapa kode program di berbagai web browser. Tetapi, beberapa tahun belakangan ini, javascript mulai banyak dikembangkan kembali. Semua itu tentu saja berkat komunitas programmer. Ada banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan salah satunya adalah membuat library javascript seperti iQuery, ini tentu saja memudahkan Anda dalam membuat berbagai fitur canggih dan program javascript di semua web browser. Kedepannya, javascript tetap akan menjadi kebutuhan programmer, terlebih lagi situs saat ini memang mengharuskan memiliki banyak fitur modern.

Untuk pembahasan javascript selanjutnya, anda akan berkenalan dengan fungsi dan kelebihan javascript.

 

Fungsi JavaScript Pada Pemrograman Web

Pada awal perkembangan javascript berfungsi untuk membuat interaksi antara situs web dengan user menjadi lebih cepat tanpa menunggu pemrosesan pada web server. Bayangkan saja ketika anda mengisi sebuah form registrasi pendaftaran sebuah situs web, kemudian men-klik tombol submit, dan anda perlu menunggu sekitar 20 detik agar website dapat memproses isian form tersebut, selanjutnya anda akan mendapati halaman yang menyatakan adanya kolom form yang masih belum terisi. Nah, tahukah anda bahwa untuk kebutuhan inilah javascript dikembangkan. Untuk mengecek apakah seluruh form sudah diisi atau tidak, maka dapat dipindahkan dari web server ke web browser.

Pada perkembangan selanjutnya, ternyata javascript tidak hanya berfungsi untuk validasi form saja, tetapi juga berfungsi untuk berbagai kebutuhan yang lebih modern. Seperti halnya berbagai animasi yang digunakan untuk mempercantik halaman fitur chatting, web, games, efek-efek modern, semuanya bisa dibuat dengan menggunakan javascript.

 

Kelebihan JavaScript

Sebagai bahasa pemrograman yang sudah banyak digunakan untuk mengembangkan website dan sebuah aplikasi, tentunya javascript sendiri memiliki beberapa kelebihan. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan yang ada pada javascript.

  • Tidak membutuhkan resource memori besar

Kelebihan pertama dari javascript adalah javascript hanya memerlukan resource memory yang relative ringan dan kecil. Tentunya hal ini akan membantu para developer untuk mengembangkan berbagai aplikasi yang ringan, tetapi tetap mempunyai kegunaan dan fitur yang sangat banyak bagi user. Selain itu, bagi user sendiri, aplikasi yang dibuat menggunakan javascript juga akan dijalankan dengan lebih mudah, bahkan sangat pas dan sesuai untuk aplikasi yang memang digunakan sehari-hari.

  • Multi platform, dan dapat dijalankan di banyak sistem operasi

Tidak ada gunanya ketika bahasa pemrograman menawarkan kecanggihan terbaiknya, namun hanya dapat digunakan pada satu sistem operasi saja. Pastinya akan sangat tidak berguna bukan? Untuk itu, anda bisa memilih javascript ini karena javascript menawarkan multi platform. Sebuah aplikasi yang menggunakan javascript dapat dibuat dengan menggunakan sistem operasi apapun, seperti sistem operasi Linux, Windows, dan berbagai sistem operasi lainnya. Bukan hanya itu saja, aplikasi yang menggunakan javascript juga bisa dijalankan pada perangkat komunikasi seperti handphone dan perangkat komputer.

  • Mudah dimengerti

Tentunya bahasa pemrograman yang mudah dan simpel akan banyak digunakan serta banyak dikembangkan. Sehingga, javascript ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang begitu mudah untuk dipelajari. Selain itu, di beberapa kursus dan sekolah mengenai bahasa pemrograman, javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang harus dipelajari oleh para siswa.

  • Dinamis

Dinamis merupakan kelebihan berikutnya yang ditawarkan oleh javascript. Maksud dinamis pada javascript adalah fleksibel terhadap pengembangan aplikasi yang berbasis javascript. Bukan hanya itu saja, javascript juga sangat mudah untuk diaplikasikan.

 

Belajar Javascript Dengan Mudah

Anda dapat belajar Javascript dengan guru atau secara otodidak melalui forum dan situs online. Salah satu situ yang mudah untuk belajar Javascript adalah w3schools. Situs online w3schools ini menyediakan banyak sekali kursus bahasa pemerograman seperti CSS, HTML, PHPSQL dan masih banyak lagi.

Situs online w3schools gratis, jadi Anda dapat belajar disana dengan mudah dan langsung praktek. Selain itu ada banyak fungsi bahasa pemerograman beserta contohnya yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan skill pemerograman. Baca Juga: Situs Untuk Belajar Bahasa Pemrograman

Itulah tadi sedikit informasi mengenai pengertian Javascript, kelebihannya semoga, dengan membaca artikel ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan skill pemerograman.

Add Comment