Pengertian Komputer dan Manfaatnya Bagi Manusia

Pengertian Komputer dan Manfaatnya – Perangkat komputer memang tidak asing bagi kita, bahkan di era sekarang hampir semua orang mengenalnya. Melalui komputer kita sering bermain game, browsing, chatting dan sederet aktivitas online lainnya. Tapi apakah kita sudah benar-benar mengenal apa itu komputer?

Jika mencari apa definisi dan fungsi komputer secara luas mungkin kita akan mendapat puluhan atau bahkan ratusan jawaban. Ini karena sejumlah ahli memiliki pendapat berbeda terkait semua hal yang berhubungan dengan komputer.

Menurut Donald H. Sanders komputer adalah sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi data secara cepat dan tepat. Sistem ini dirancang secara otomotis dan terorganisir menerima dan menyimpan data lalu memrosesnya, kemudian menghasilkan output dibawah instruksi sistem operasi. Lalu apa itu komputer menurut Larry Long & Nancy Long, William Sawyer, Elias M. Awad, dan sederet ahli komputer dunia lainnya? Tentu mereka punya statement berbeda terkait definisi komputer itu sendiri.

Pengertian komputer dan manfaatnya secara umum, komputer merupakan perangkat mesin elektronik dimana didalamnya berisi jutaan komponen yang tersusun menjadi sebuah rangkaian yang dapat bekerjasama satu sama lain dalam satu waktu, sehingga membentuk sistem yang sangat rapi dan detail. Secara spesifik mesin tersebut meng-input data kemudian mengolahnya lalu menghasilkan output berupa informasi dalam bentuk dokumen, gambar, video, atau file-file dengan format masing-masing.

 

Pengertian Komputer dan Manfaatnya Bagi Manusia

Pengertian Komputer dan Manfaatnya Bagi Manusia di dunia

Pengertian Komputer dan Manfaatnya Bagi Manusia di dunia –  Gambar via itpt.co.uk

 

Kehadiran komputer memang tepat untuk menjawab tantangan-tantangan di eral global. Dengan komputer dunia seperti dalam genggaman. Nah, seberapa besar manfaat komputer bagi kehidupan manusia? Apa saja bidang pekerjaan yang membutuhkan peran perangkat ini?

Baca Juga: Pengertian Monitor Komputer dan Jenis-jenisnya

 

Sebagai Sarana Komunikasi Lintas Negara

Surat, SMS, atau telepon memang sempat familiar sebagai alat komunikasi. Kita bisa berinteraksi dengan orang lain melalui Short Message atau suara by phone. Namun sejak komputer diciptakan maka berkomunikasi dengan siapapun komunikasi kita menjadi lebih variatif. Tidak hanya mendengarkan suara namun kita juga bisa melihat gambar/video lawan bicara menggunakan WebCam.

Bukan hanya itu, dengan komputer kita bisa mengirim file berupa dokumen, gambar, audio, dan video melalui email. Bahkan lewat fitur messenger kita bisa chatting dengan orang lain dari mana saja dan kapan saja tanpa batas ruang dan waktu.

 

Sebagai Sarana Penunjang Pendidikan

Jika membahas pengertian komputer dan manfaatnya, mungkin salah satu manfaat  paling terasa yaitu untuk dunia pendidikan. Kita bisa flash back dua dasawarsa terakhir dimana informasi pendidikan hanya bisa kita peroleh dari sekolah selebihnya mungkin dari radio, televisi, dan media cetak.

Melalui komputer yang terkoneksi dengan internet atau secara offline kita dengan mudah memperoleh informasi seputar dunia pendidikan. Dari komputer pula kita bisa menggali banyak ilmu pengetahuan tentang apa saja baik dalam maupun luar negeri. Apa saja pengetahuan dan ilmu yang kita dapat dari komputer yang berkaitan dengan pendidikan?

Jawabannya banyak sekali, salah satunya dari aplikasi yang terinstal di komputer. Apapun aplikasi yang terinstal pasti terdapat menu bantuan (Help) yang didalamnya berisi tutorial menggunakan program serta pelatihan. Salah satu aplikasi komputer yang cukup besar manfaatnya yaitu Odobe Photoshop. Melalui aplikasi ini kita bisa belajar dan mahir membuat graphics design. Ada juga aplikasi Power Point untuk belajar persentasi atau belajar di bidang desain arsitektur melalui aplikasi Autocad.

Tidak hanya melalui aplikasi yang terinstal, jika komputer terhubung dengan internet maka banyak sekali pengetahuan yang kita peroleh. Ada ilmu Matematika, Kesehatan, Kedokteran, Sosial, Budaya, Politik, Ekonomi, hingga desain web pun bisa kita pelajari dengan mudah.

Baca Juga: Pengertian Internet dan Manfaatnya Secara Umum

 

Sebagai Sumber Informasi

Komputer memang tidak bisa lepas dari koneksi internet. Namun sekali terhubung dengan internet maka kita bisa mendapatkan jutaan informasi didalamnya. Ada ratusan informasi pendidikan, hiburan, bahkan informasi travel jika kita ingin memesan tiket transportasi dan traveling.

Informasi berupa berita terkini juga selalu update melalui sejumlah website. Ini juga dengan mudah bisa diakses dari browser yang terinstal di komputer. Kita bisa mendapatkan informasi terkini seputar politik dan kriminal dalam dan luar negeri, informasi lowongan pekerjaan, kondisi lalu lintas di lokasi tertentu, atau informasi cuaca saat ini dan beberapa hari kedepan.

 

Sebagai Sarana Kontrol

Saat ini mayoritas fasilitas publik sudah menggunakan sistem yang canggih baik sistem operasional maupun keamanan. Tentu saja semua melibatkan peran komputer didalamnya. Untuk sistem tersebut komputer sering difungsikan sebagai pengontrol kamera security (cctv), pengontrol traffic light (lampu lalu lintas), pengontrol lighting studio rekaman, pengontrol alat editing video, dan pengontrol sistem jaringan (network).

Di pertokoan, kantor, atau hotel-hotel mewah, komputer juga berfungsi sebagai perangkat pengontrol escalator. Bahkan pabrik-pabrik besar di luar negeri menggunakan komputer untuk mengontrol pengoperasian mesin-mesin robot.

Baca Juga: 5 Jenis Virus yang Berbahaya Bagi Komputer

 

Waspada Dampak Negatif Komputer

Dampak positif dan negatif komputer sebenarnya tergantung dari penggunanya. Jika kita membaca pembahasan diatas tentu kita merasakan banyak sekali manfaat dari komputer. Namun begitu banyak juga sisi negatif komputer yang mungkin ditimbulkan oleh pengguna baik sengaja maupun tidak.

Komputer memiliki fitur lengkap untuk melakukan berbagai aktivitas hiburan seperti chatting, browsing, game online/offline, dan lain-lainnya. Banyaknya fasilitas tersebut sering membuat orang lupa waktu, lupa belajar, melupakan sholat, bahkan ada yang lupa tidak bekerja. Ini yang menjadi kekurangan komputer yang dibuat oleh penggunanya sendiri.

Melalui internet seseorang juga dengan mudah mengakses situs-situs porno yang berisi konten-konten dewasa. Ini tentu saja sangat berbahaya terutama bagi pengguna yang belum cukup umur. Situs-situs dewasa tersebut dapat merusak akhlak generasi bangsa sehingga mengakibatkan dekadensi moral.

Demikian pengertian komputer dan manfaatnya untuk kehidupan manusia. Sebenarnya komputer diciptakan untuk membantu aktivitas yang sifatnya positif. Kalaupun ada dampak negatif yang ditimbulkannya, hal tersebut tentu berawal dari penggunanya sendiri. Jadi kita harus bijak menggunakan perangkat ini.

Add Comment