Pengertian Micro SD dan Class nya Secara Lengkap

Setiap hari Anda tentu saja memiliki banyak cerita dan momen untuk disimpan. Maka, tempat menyimpan momen momen tersebut berupa kartu memori sangatlah penting untuk Anda miliki. Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai kartu memori seperti micro SD, ada baiknya jika terlebih dulu anda mendapatkan informasi tentang pengertian micro SD dan class nya.

Micro SD card adalah sebuah penyimpanan external yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Bentuknya simple, kecil dan memiliki beragam kapasitas mulai dari 2GB, 3GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB dan yang paling besar sekarang ini adalah 500GB atau Bahkan 1TB.

Micro SD card ini adalah memori yang sangat penting kita peritimbangkan ketika membeli sebuah smartphone. Meskipun sekarang ini smartphone lebih cendrung ke Memori internet, namun ada juga beberapa seri smartphone yang masih menggunakan slot Micro SD.

Kenapa Micro SD begitu penting? Karena kualitas foto, video dan game semakin hari semakin besar. Coba bayangkan 1 foto bisa berukuran 1-5MB? dan sebuah video Full HD, bisa diatas 100MB per menit? Pasti itu membuat Anda harus memilirkan tambahan memori bukan?

Nah, dengan adanya memori external ini diharapkan semua kebutuhan multimedia, Anda lebih ringan dan dapat menyimpan dengan kapasitas lebih banyak lagi

Berikut adalah ulasan mengenai pengertian Micro SD dan Class nya…

 

Pengertian Micro SD dan Class nya Secara Lengkap

Micro SD merupakan sejenis kartu memori external atau kartu flash  dengan ukuran paling kecil. Kartu memori ini dikembangkan dari SD Card Association dan bermanfaat sebagai alat untuk menyimpan file-file atau data yang terdapat pada portable/ponsel. Micro SD ditawarkan mulai dari kapasitas yang paling kecil yaitu 1 GB hingga yang paling berkapasitas paling besar yakni mencapai 500 GB. Sehingga, kartu memori yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menyimpan banyak kenangan dan dikenang kembali di kemudian hari.

Jika Anda sudah mengenal apa itu Micro SD, maka anda sudah sepatutnya mendapat sedikit wawasan tentang class yang terdapat pada Micro SD. Kartu memori Micro SD dan classnya merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Keduanya adalah seperangkat yang memiliki fungsi untuk mentrasnfer data lebih cepat. Semakin tinggi class nya, maka semakin cepat data yang ditransfer.

Pengertian Micro SD dan Class nya Secara Lengkap

Pengertian Micro SD dan Class nya Secara Lengkap

 

Pengertian Class Micro SD

Class yang ada pada Micro SD merupakan pembagian dari kartu memori SD menurut kecepatan menulis dan membaca pada sebuah data. Maka, setiap Class dari Micro SD memiliki kecepatan menulis atau write dan membaca atau read yang berbeda-beda. Jika semakin tinggi levell Class maka akan semakin tinggi pula kecakapan dari menulis serta membaca. Kecepatan kecepatan dari Class Micro SD ialah sebagai berikut :

 

Micro SD Class 2

Class pertama yang terdapat pada Micro SD adalah Micro SD Class 2. Jenis yang satu ini mempunyai kecepatan minimum 2 MB atau jika disetarakan sama dengan 16 Mbps. Memang terbilang memiliki kapasitas yang lebih kecil. Akan tetapi kartu memori berukuran mini ini tetap bisa menampung semua kenangan yang ingin putar ulang untuk mengenang masa masa istimewa.

 

Micro SD Class 4

Selanjutnya ada class kedua atau yang lebih dikenal dengan Micro SD Class 4. Sama dengan namanya, Class pada Micro SD yang satu ini mempunyai kecepatan untuk Transfer Rate dengan besar 4 MB hingga (32 Mbps). Jika dibandingkan Micro SD Class 2, kartu memori ini jauh lebih mampu menyimpan dengan kecepatan yang tinggi.

 

Micro SD Class 6

Class pada kartu memori berikutnya ada Micro SD Class 6. Kecepatan yang dapat ditransfer cukup cepat yaitu rata rata 6 MB hingga  48 Mbps. Ini adalah jenis ukuran simcard memori yang sangat cocok bagi anda untuk menyimpan semua kebutuhan yang anda inginkan.

 

Micro SD Class 8

Micro SD Class 8 juga salah satu kelas yang memiliki kecepatan tertinggi dan terbaik. Dengan kecepatan yang ada pada Transfer Rate yakni 8 MB hingga (64 Mbps), Class ini sering menjadi incaran banyak pengguna ponsel.

 

Micro SD Class 10

Yang terakhir ada Micro SD Class 10, yaitu dengan kecepatan minimum trasnfer 10 MB hingga (80 Mbps). Data yang dapat ditampung oleh Class kartu memori cenderung lebih besar dari pada ke empat Micro SD Class di atas. Maka, jangan heran jika Class 10 ini disebut sebut sebagai Micro SD Class terbaik dan berkualitas.

Pada dasarnya, semua Class yang terdapat di Micro memiliki fungsi dan tujuan yang sama, yakni sebagai tempat menyimpan data maupun file. Namun, tetap saja Class Class ini mempunyai perbedaan yang cukup detail, yaitu mulai dari kecepatan, daya tampung, hingga harga. Sehingga anda harus mempertimbangkan terlebih dahuluMicro SD Class berapa yang akan anda beli. Selain ke lima Micro SD Class yang telah disebutkan tadi, masih terdapat 3 Class lagi yang ada pada Micro SD, yaitu:

 

Micro SD Class 0

Berdasarkan nama atau sebutannya, Micro SD Class yang satu ini sama sekali tidak memiliki kecepatan minimum untuk mentransfer rate. Sehingga Class yang satu ini hampir tidak pernah dijadikan tawaran pada pasaran. Meskipun begitu, ini tetap penting untuk anda ketahui agar anda tidak salah dalam membeli kartu memori.

Micro SD UHS Speed

Micro SD UHS Speed

 

Micro SD UHS Speed

Nah, untuk tipe Class yang satu ini terdiri atas dua macam, yaitu:

  • Speed Class 1

Dengan arti Class ini mempunyai kecepatan sebesar 10 MB atau sama dengan 80 Mbps. Hampir sama dengan Micro SD Class 10, ini juga dapat anda jadikan pilihan sebagai kartu memori anda. Karena selain memiliki kecepatan transfer file yang tinggi, Class ini juga mempunyai kualitas terbaik.

  • Speed Class 3

Class yang satu ini rupanya lebih besar dibandingkan dengan UHS Speed Class 2. Class 3 dapat mencapai dengan kecepatan minimum 30 MB atau seimbang dengan 240 Mbps. Ini tentunya card memori idaman anda bukan?

Nah, itu tadi pengertian Micro SD dan Class nya. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan referensi bagi anda yang sedang atau kebingungan mencari Micro SD. Sehingga anda bisa menemukan kartu memori sesuai dengan kebutuhan anda.

Micro SD Vgen Class 10 ASLI

Micro SD Vgen Class 10 ASLI

 

Merk Micro SD Card Terbaik

Kecepatan transfer kartu Micro SD ini tergantung dari pada merek. Semakin bagus merek yang Anda gunakan, maka semakin bagus juga kartu memori SD card tersebut. Ada beberapa merek Micro SD yang memiliki kualitas terbaik di dunia berikut adalah yang kami rekomendasikan untuk Anda gunakan.

1.SanDisk

Siapa yang tidak tau SanDisk? Salah satu brand memori terbaik ini mampu mencuri market dunia, khusunya china, usa, eropa, asia. SanDisk memang sangat terkenal dengan kualitas memorinya yang cepat dan tahan lama. Pastikan kamu membeli class 10 atau SanDisk Pro yang mampu memberikan kecepatan transfer hingga 95MB/s Dengan kecepatan menulis 90MB/s. Beli Disini

2.Samsung

Samsung selain sebagai raja smartphone, namun ia juga ternyata mengeluarkan kartu Micro SD loh! Ya, untuk kualitas sih gak perlu diragunak lagi dan samsung ini pasti terbaik. Beli Disini

3.V-Gen

Ya, bagi kamu yang sering berkecimpung di dunia smartphone pasti tau donk dengan barnd yang satu ini? Ya, V-Gen adalah salah satu brand terbaik pembuat Micro SD. Saya pribadi menggunakan V-Gen Class 10 dengan 66MB/s. Sampai 100Mb/s Harga yang ditawarkan pun cukup murah saya beli di shopee dengan ukuran 32GB dan selama pemakaian sangat baik dan cepat sekali. Beli Disini

4.Toshiba

Ya, walaupun di dunia laptop Toshiba sudah tidak begitu baik lagi, namun untuk urusan SD card ternyata merek Toshiba ini juga termasuk salah satu yang terbaik.

Untuk merek Micro SD terbaik saya kira itu saja dan kalau kamu mau dapat harga yang terjangkau, saya rekomendasikan V-gen karena kamu dapat membelinya dengan mudah baik di toko offline atau di Online.

 

Cara Membedakan Micro SD yang Asli Dan Palsu

Jangan salah. Micro SD ini juga ada yang palsu loh! Ya, dipasaran sudah banyak yang ketipu karena salah membeli Micro SD Card ini.

Salah satu membedakan Micro SD yang asli dan palsu adalah terdapat garansi dan untuk stiker nya lebih cerah dan kece yang asli! Kemudian penyimpanan Micro SD yang asli itu pasti jujur, sedangkan yang palsu itu gak jujur, misalkan kamu beli Micro SD 16GB ternyata penyimpanannya hanya 2GB itu adalah palsu!

Jangan tergiur dengan harga murah dan tidak masuk akal. Harga Micro SD yang asli pasti jauh lebih malah. Untuk mengetahui harga kamu dapat cari di toko onlie resmi dan jangan lupa lihat review dari pembeli.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai Pengertian Micro SD dan Class nya Secara Lengkap. Semoga dengan membaca artikel kali ini dapat memberikan Anda masukan positif.

Add Comment