Pengertian Monitor Komputer dan Jenis-jenisnya

Pengertian Monitor Komputer – Di dunia komputer monitor juga akrab dengan sebutan layar komputer. Namun secara spesifik pengertian monitor adalah salah satu hardware atau perangkat keras yang digunakan sebagai media tampilan output video dari perangkat CPU.

Fungsi monitor sendiri tidak dapat dipisahkan dari penggunaan komputer. Oleh karena itu sebagai alat output data secara grafis  dari CPU, maka komputer hampir pasti tidak dapat dioperasikan tanpa adanya monitor. Selain sebutan layar komputer, monitor kadang juga disebut dengan Visual Display Unit (VDU).

 

Pengertian Monitor Komputer dan Jenis-jenisnya Secara Umum

Pengertian Monitor Komputer dan Jenis-jenisnya

Pengertian Monitor Komputer dan Jenis-jenisnya – Image via imgur

 

Dilihat dari kegunaannya, fungsi layar monitor yaitu sebagai alat output dari central processing unit (memori komputer) yang berupa biner. Biner tersebut harus diterjemahkan dalam bahasa manusia lalu ditampilkan pada monitor dan selanjutnya dibaca oleh pengguna.

Monitor memiliki ukuran berbeda-beda, demikian juga jenis resolusi yang digunakan untuk menampilkan gambar. Disini ukuran inci LCD umumnya mewakili jenis resolusi yang disediakan. Misalnya monitor ukuran 17 inch biasanya mempunyai resolusi 1024 x 768 pixel atau 1600 x 1200 untuk ukuran monitor 20 inch. Satuan inci yang digunakan adalah ukuran diagonal layar monitor tersebut, sedangkan yang disebut resolusi yaitu ukuran tinggi dan lebar pixel.

Baca Juga: Pengertian Motherboard, Komponen dan Fungsinya

 

Jenis-jenis Monitor Komputer

Setelah mengetahui pengertian monitor dan fungsinya, selanjutnya kita akan bahas jenis monitor apa saja yang saat paling banyak digunakan.

 

Cathode Ray Tube (CRT)

Jenis monitor yang pertama ini bisa dibilang monitor paling tua yang biasanya hanya bisa ditemukan pada komputer lawas. CRT sendiri saat ini sudah tidak lagi digunakan karena telah muncul teknologi monitor yang lebih canggih seperti LED, LCD, Plasma, dan OLED dengan performa yang lebih baik.

Harga monitor CRT paling murah dibanding monitor jenis lainnya sehingga menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna. Namun konsumsi daya listriknya yang bisa mencapai 300 watt – 400 watt tentu saja menjadi nilai minus hardware ini. Selain boros listrik, radiasi elektromagnetik dari cahaya monitor membuat mata pengguna menjadi kurang nyaman. Fisiknya yang terbilang ‘bongsor’ banyak makan tempat sehingga membutuhkan ruang yang cukup lega untuk mengoperasikannya.

 

 Monitor Komputer LG

Monitor Komputer LG – Image via lg.com

 

Liquid Chrystal Display (LCD)

Liquid Chrystal Display atau LCD adalah monitor komputer yang disusun dari cairan Chrystal sehingga menghasilkan kualitas display yang jauh lebih baik dari CRT. Hal ini disebabkan karena LCD lebih kaya cahaya (pixel) dari satu buah kristal cair yang berperan sebagai titik cahaya.

Meski disebut titik cahaya namun kristal cair tersebut tidak memendarkan cahaya sendiri. Namun sumber cahaya monitor LCD berasal dari lampu neon yang berada di belakang susunan kristal cair. Tampilan citra pada LCD terbentuk dari titik cahaya atau pixel yang jumlahnya mencapai ribuan bahkan jutaan. Ini membuat kualitas gambarnya terlihat lebih tajam, lebih jernih, dan lebih nyaman untuk mata pengguna.

Selain hemat daya dan pengaturan display yang lebih mudah, desain yang cukup tipis menjadi kelebihan monitor LCD ini. Kekurangan dari LCD ini hanya dari layarnya yang cenderung lebih sensitif dan viewing angle yang sedikit terbatas. Satu lagi, dibanding CRT tentu saja harga LCD jauh lebih mahal.

Baca Juga: Pengertian VGA Card, Fungsi Dan Jenis-jenis VGA Card

 

Light Emitting Diode (LED)

Light Emitting Diode atau LED ini bisa dikatakan generasi terbaru dari pengembangan LCD karena teknologi yang digunakan keduanya hampir sama. Dalam hal ini LED memiliki efek display yang lebih baik dari LCD. Warnanya lebih berkualitas, lebih tajam dan variatif.

Adapun fitur baru LED yang tidak dimiliki LCD diantaranya yaitu Digital TV Tuner, TV Internet, dan teknologi touch screen. Konsumsi daya LED juga dinilai lebih hemat sekitar 40% – 70% dibanding LCD dengan kualitas gambar yang jauh lebih baik.

Selain beberapa hal diatas masih ada keunggulan monitor LED lainnya seperti kontras gambar mencapai jutaan pixel, lebih tipis, dan usia pemakaian yang relatif lebih panjang. Dari sisi pencahayaan juga lebih unggul dibanding LCD. Kekurangannya hanya pada bagian monitor yang cenderung lebih sensistif. Faktor harga juga menjadi salah satu kekurangan LED. Karena harganya yang cukup mahal masih banyak pengguna yang tetap memilih monitor CRT atau LCD.

monitor samsung

monitor samsung – Image via digitaltrends

 

 

Plasma

Masih membahas tentang pengertian monitor dan jenis-jenisnya, monitor Plasma menjadi opsi berikutnya setelah CRT, LCD, dan LED. Dilihat dari sejarahnya, Plasma merupakan jenis monitor hasil penggabungan CRT dan LCD. Dikatakan demikian karena Plasma mengadopsi teknologi LCD dengan desain yang lebih tipis sekaligus teknologi CRT yang menghasilkan sudut pandang lebih luas.

Monitor Plasma mampu menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik. Disamping itu hardware ini juga memiliki kualitas display layaknya CRT dengan kontras tinggi 10000:1. Harga monitor Plasma tentu saja lebih mahal dibanding beberapa monitor sebelumnya. Kekurangan lainnya, ukuran pixel pitch pada monitor ini cukup besar sehingga membutuhkan daya yang besar pula. Kondisi ini membuat suhu mudah meningkat ketika dioperasikan cukup lama.

Baca Juga: Pengertian Heatsink, Fungsi Heatsink Dan Cara Kerja Heatsink

 

Organic Light Emitting Diode (OLED)

Organic Light Emitting Diode atau OLED ini merupakan layar monitor semikonduktor dari lapisan organic yang berfungsi sebagai pemancar cahaya. OLED ini sering digunakan untuk teknologi elektroluminesasi, misalnya sensor atau aplikasi tampilan layar. Kecanggihan teknologi OLED ini dinilai paling fleksibel karena ketipisannya kurang dari 1 milimeter.

Mengngiat harganya yang cukup mahal, OLED sendiri belum diaplikasikan untuk monitor komputer. Secara umum teknologi ini lebih banyak digunakan oleh produsen smartphone untuk produk handphone dimana pixel ponsel tersebut memiliki dukungan hingga 16 juta warna. Dengan demikian layar ponsel nampak lebih jernih, tajam, dan foto yang dihasilkan sangat mirip dengan aslinya.

Nah, sampai disini sudah paham ‘kan pengertian monitor, fungsi monitor, dan jenis-jenis monitor yang bisa Anda pilih?

Add Comment