Pengertian Motherboard, Komponen dan Fungsinya Dengan Gambar

Pengertian Motherboard dan Fungsinya – Motherboard diperkenalkan pertama kali oleh Apple pada tahun 1977 untuk produk Apple II. Sedikit informasi, jaman dulu rangkaian komponen komputer, misalnya memory (RAM) dan CPU ditempatkan di kartu tersendiri yang dihubungkan dengan sejumlah kabel.

Oleh karena tampilan yang kurang rapi ditambah sulitnya menghubungkan satu komponen komputer dengan komponen yang lain, selanjutnya para pengembang menciptakan satu tempat khusus yang mampu menampung berbagai jenis peripheral komputer. Hasilnya tecipta papan cukup lebar yang disitu tertanam berbagai slot sebagai media penghubung komponen-komponen komputer yang kemudian disebut Motherboard.

Lalu apa pengertian Motherboard dan fungsinya untuk perangkat komputer?

 

Pengertian Motherboard Secara Singkat

Pengertian Motherboard Secara Singkat
Pengertian Motherboard Secara Singkat –  Image via techchore

 

Secara spesifik pengertian Motherboard yaitu sebuah papan sirkuit yang digunakan untuk menempatkan berbagai jenis komponen elektronik yang saling terhubung satu sama lain. Pada perangkat PC, Motherboard sering disingkat dengan sebutan mobo. Pada produk smartphone juga dilengkapi dengan mobo namun familiar dengan sebutan papan logika.

Kembali pada pengertian Motherboard dan fungsinya, bagian ini sebenarnya adalah sebuah mainboard yang terdiri dari sebuah PCB sebagai papan utama. Papan PCB ini dilengkapi program penggerak (chip bios), konektor, dan beberapa jalur yang berfungsi sebagai penghubung akses perangkat.

Pada sebuah sistem komputer berbagai peripheral didalamnya akan terkoneksi satu sama lain dalam Motherboard, kemudian meneruskan instruksi yang didapat melalui jalur-jalur yang ada pada board. Nah, seluruh peripheral yang terkoneksi tersebut kemudian membentuk sebuah sistem komputer yang utuh.

Sedangkan fungsi Motherboard secara umum yaitu untuk menghubungkan komponen penyusun secara keseluruhan pada perangkat komputer atau laptop. Motherboard atau mobo ini boleh dibilang berperan sebagai backpone atau “tulang punggung” dari sistem komputer itu sendiri. Intinya komponen yang ada pada komputer semua pasti terhubung dengan Motherboard baik secara langsung atau tidak langsung.

Baca Juga: Perbedaan HTTP HTTPS, dan FTP Secara Singkat

 

Mengenali Komponen-Komponen Motherboard

Pada papan Motherboard terdapat sejumlah bagian yang saling terhubung sehingga bagian-bagian tersebut bisa saling “berkomunikasi”. Bagian-bagian yang dimaksud yaitu CPU, Hard Drive, RAM Stick, Drive Optic, Kartu Video, Kartu Suara, Power Supply, Port USB, dan masih banyak lagi. Pada mobo sendiri juga terdapat capacitor, slot ekspansi, perangkat power, heat sink, jumper, koneksi data, kipas angin, dan lubang sekrup.

Jenis-jenis Motherboard sangat bervariasi, tergantung dari jenis komponen yang didukung. Ada kemungkinan hard drive atau kartu video serta beberapa peripheral lain tidak kompatibel. Dengan demikian pabrikan Motherboard sendiri wajib memberi panduan yang jelas terkait kompatibilitas komponen.

Berikut ini komponen-komponen pada Motherboard

Mengenali Komponen-Komponen Motherboard
Mengenali Komponen-Komponen Motherboard –  Image via makeuseof

 

Baca Juga: Pengertian IP Address, Jenis, Kelas dan Fungsinya

 

Processor Socket (Soket CPU)

Komponen ini berfungsi untuk menginstal / menyisipkan prosesor. Umumnya ada dua jenis socket yang digunakan pada mobo yakni socket LIF dan socket ZIF. Low Insertion-Force atau socket LIF adalah socket prosesor model lama sedangkan Zero Insertion Force atau socket ZIF ini merupakan socket prosesor versi baru.

 

North Bridge

Komponen mobo yang satu ini terletak berdekatan dengan socket prosesor. North Bridge sendiri termasuk salah satu komponen paling penting dari seluruh rangkaian Motherboard. North Bridge sering disebut memory controller hub yang merupakan titik fokus pada mobo. Selain selalu terhubung dengan socket prosesor bagian penting ini juga terhubung dengan komponen lain seperti slot RAM dan slot AGP.

 

South Bridge dan North Bridge

Pada prinsipnya peran North Bridge didukung oleh South Bridge. Keduanya merupakan dua kutub utama pada Motherboard. Jika North Bridge terhubung dengan soket prosesor, slot RAM dan slot AGP, maka South Bridge selalu terhubung dengan beberapa bagian seperti BIOS, konektor SATA, slot PCI, Floppy Drive Conector, dan antarmuka IDE primer dan sekunder.

 

Slot RAM

Slot RAM merupakan komponen Motherboard yang fungsinya untuk menyisipkan RAM.

 

Slot PCI

PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect. Slot PCI digunakan untuk menyisipkan Add-on Card. Beberapa kartu yang termasuk dalam Add-on Card yaitu kartu sound, kartu LAN, dan kartu TV tuner.

 

Slot AGP

AGP singkatan dari Accelerated Graphic Port. Slot AGP digunakan untuk menyisipkan AGP Card. Yaitu kartu grafis yang biasanya digunakan untuk memainkan game 3D. Posisi slot AGP selalu disamping slot PCI.

 

CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor)

CMOS merupakan komponen berupa sebuah baterai yang bertugas menyuplai daya ke memori kecil di Motherboard. Memori kecil ini digunakan untuk menyimpan waktu dan semua setingan konfigurasi komputer lainnya. Dengan CMOS ini maka ketika menyalakan komputer pengguna tidak perlu lagi melakukan konfigurasi apapun.

 

Konektor SATA

SATA adalah singkatan dari Serial Advanced Tecnology Attachment. Komponen ini juga akrab disebut konektor Serial ATA. Seperti namanya, komponen ini digunakan untuk menghubungkan perangkat serial ATA.

Primary & Secondary IDE Interfaces

Komponen Motherboard yang satu ini juga dikenal dengan sebutan konektor PATA atau konektor IDE. IDE adalah singkatan dari Integrated Device Electronic. Fungsi dari Primary & Secondary IDE Interfaces mendukung perangkat IDE seperti CD, DVD drive, dan tentunya Hard Disk.

 

BIOS

Bagian yang tak kalah penting dari Motherboard adalah BIOS. BIOS singkatan dari Basic Input Output System. Tugas dari BIOS yaitu melakukan Power On Self Test (POS).

Baca Juga: Memahami Perbedaan SSD, SSHD, dan HDD Secara Singkat

Nah, dari pembahasan pengertian Motherboard dan fungsinya diatas dapat disimpulkan bahwa Motherboard merupakan device yang wajib tersedia di perangkat komputer. Motherboard menjadi area terhubungnya beberapa bagian penting komputer seperti prosesor/CPU, RAM, VGA, hard disk, DVD room, port USB, dan lain-lainnya. Dengan demikian saat CPU dinyalakan, fungsi Motherboard (mainboard) adalah menghubungkan semua komponen sehingga menjadi satu aktivitas kerja pada PC atau laptop.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *