Pengertian MySQL disertai Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian MySQL – Saat berbicara mengenai komputer dan perkembangannya, maka sektor pengelolaan database menjadi salah satu sektor terpenting di dalamnya. Namun sebelum mengetahui tentang tools pengelolaan database, ada baiknya jika anda mengerti terlebih dahulu apa itu database. Jadi database adalah kumpulan data-data yang dibungkus secara rapi dan terstruktur dalam sebuah komputer yang bisa diakses menggunakan tools atau program tertentu untuk memperoleh informasi darinya.

Di zaman sekarang di mana kebutuhan akan akses informasi sangat cepat, maka dibutuhkan adanya pengelolaan data yang baik. Nah, salah satu tools yang digunakan untuk mengelola database tersebut adalah MySQL. Mungkin anda lebih familiar dengan Microsoft Access daripada MySQL. Namun keduanya memiliki kesamaan yaitu digunakan untuk mengelola database. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah pengertian MySQL. Pembahasan mengenai MySQL juga sedikit banyak membantu anda untuk mengenal bagaimana cara mengaktifkan local host xampp.

 

Pengertian MySQL

Pengertian MySQL disertai Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian MySQL disertai Kelebihan dan Kekurangan –  Image via medium

 

Untuk mengerti apa itu MySQL, anda harus mengerti dahulu apa itu SQL. SQL atau Structured Query Language adalah bahasa khusus yang digunakan untuk mengakses suatu database yang terhubung dan terstruktur. Dari poin ini mungkin sedikit lebih jelas bahwa MySQL adalah tools yang menggunakan SQL (bahasa query) untuk bisa mengelola, memanajemen, dan mengakses database yang dimiliki.

Pada dasarnya, bentuk database yang dikelola oleh MySQL tidak jauh dengan database yang dikelola oleh Microsoft Access. Data yang dikelola berupa tabel-tabel yang mengandung informasi tertentu. MySQL datang dalam bentuk program atau software yang open source dan mempunyai lisensi GPL atau General Public License. Biasanya, software yang datang dengan lisensi GPL akan memiliki banyak pengguna karena pengguna bisa mengembangkan sendiri proyek GNU mereka.

Setelah mengetahui pengertian MySQL, selanjutnya akan dibahas lebih lanjut mengenai fungsi dari MySQL itu sendiri.

Baca Juga: Pengertian HTML Dan Fungsi HTML Lengkap dengan Contohnya

 

Fungsi MySQL

Seperti sudah disinggung sebelumnya, fungsi dasar MySQL ini adalah untuk mengelola sebuah database secara otomatis dan terstruktur dengan menggunakan bahasa khusus bernama SQL. Fungsi MySQL secara spesifik bisa seperti ini, MySQL memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk mengelola data yang berisi informasi secara string (text based) dan dapat diakses secara umum maupun hanya diakses secara pribadi.

Fasilitas MySQL sudah banyak disediakan oleh berbagai host atau penyedia server web bagi para pengembang web yang menginginkan pengelolaan database dalam websitenya. Sebagai pengelola database website, MySQL memiliki hubungan yang erat dengan bahasa PHP terutama dalam hal pengelolaan web. Contoh sederhana penerapan MySQL bisa anda jumpai pada Worpress, Joomla, dan lain-lain.

Lalu dengan banyaknya pilihan software pengelola database, lalu mengapa harus menggunakan MySQL? Berikut adalah kelebihan yang dimiliki MySQL.

 

Kelebihan MySQL

Saat ini, MySQL tercatat sebagai software pengelola yang paling banyak digunakan di dunia. Kelebihan yang dimiliki tentunya menjadi alasan mengapa pengguna menjatuhkan pilihan pada MySQL. Salah satu kelebihan yang paling dicari oleh para pengguna adalah kemampuan multi-platform dan lisensi GPL yang diusung MySQL. Kemampuan tersebut membuat MySQL bisa diakses melalui komputer manapun yang pengguna inginkan dan tentunya gratis.

Kinerja dari MySQL sendiri terhitung sangat bisa diandalkan untuk memproses query-query yang ada pada database meski hanya dibatasi pada jumlah tertentu. Kelebihan lain yang dimiliki MySQL adalah tersedianya berbagai tipe data yang bisa dikelola seperti float, double, chart, date, dan lain-lain. selain itu, MySQL juga menyediakan dukungan penggunaan field sebagai index dan menyertakan tingkat keamanan yang bisa dikatakan cukup bagus dengan menyediakan subnetmask, nama host, serta password yang terenkripsi.

Namun seperti softaware-software lainnya, MySQL tidak luput dari adanya kekurangan. Berikut adalah kekurangan yang dimiliki oleh MySQL.

 

Kekurangan MySQL

Sejalan dengan kecepatan menangani query yang dimiliki MySQl, software ini sangat lemah terhadap pengelolaan database skala besar. Beberapa komentar di forum-forum MySQL menyatakan bahwa MySQl cenderung “kurang bisa diandalkan” untuk mengelola data-data besar. Adanya lisensi GPL yang berjalan di MySQL juga membuat update software yang satu ini sangat sulit untuk di dapatkan. Namun untuk mengatasi kurangnya kemampuan pengelolaan data yang ada di MySQl, pihak Oracle juga menyediakan fitur premium supaya pengguna bisa lebih maksimal dalam mengelola databasenya.

Selanjutnya, sebelum mulai menggunakan MySQL, anda juga harus mengetahui beberapa hal berikut ini.

Sebelum Memulai MySQL

Sebagai permulaan, perlu anda ketahui bahwa MySQL adalah sebuah aplikasi yang bersifat Client-Server, di mana aplikasi terdiri beberapa aplikasi yang saling bergantung satu sama lain. beberapa bagian MySQL berupa aplikasi Client yang berbentuk aplikasi yang mempunyai tampilan antarmuka. Pengguna bisa memasukkan perintah secara langsung kepada MySQL Client tersebut. Sedangkan untuk bagian MySQL server akan berjalan di belakang layar komputer sesuai dengan perintah yang didapat dari Client.

Ada dua jenis Client MySQL yaitu Command Line User Interface (CLI), yaitu saat pengguna menjalankan aplikasi dengan memasukkan perintah berupa teks, dan Graphic User Interface (GUI) di mana pengguna mengakses MySQL dengan menggunakan tombol perintah yang sudah disediakan seperti aplikasi pada umumnya.

Ada beberapa aplikasi client yang banyak digunakan untuk mengakses server MySQL. Di antaranya adalah SQLYog, PHPMyAdmin, MySQL GUI Tools, Maatkit, dan berbagai aplikasi client MySQL lainnya. Namun yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah SQLYog.

Nah, demikianlah paparan mengenai pengertian MySQL, kelebihan dan kekurangan, serta hal-hal dasar yang perlu diketahui untuk mulai menggunakan MySQL.

Add Comment