Pengertian Operating System Lengkap dengan Sejarah dan Macamnya

Mungkin saat ini anda sering mendengar istilah operating system tapi belum tahu benar apa pengertian operating system itu sendiri. Operating System atau biasa disebut OS, atau sistem operasi saat ini sudah tidak hanya terdapat pada komputer saja. Perkembangan yang dialami secara pesat memicu banyaknya pertumbuhan operating system baru demi memenuhi kebutuhan perangkat pengguna.

Namun tahukah anda, ada sejarah panjang di balik semua kemajuan operating system yang saat ini sangat beragam macamnya. Artikel ini akan mengupas satu persatu semua hal yang berhubungan dengan operating system dimulai dari pengertian operating system, sejarah perkembangannya, hingga daftar sistem operasi yang banyak digunakan saat ini.

 

Pengertian Operating System Secara Singkat

Pengertian Operating System

Pengertian Operating System –  Image

 

Sistem operasi bisa dipahami sebagai sebuah sistem perangkat lunak (software) yang bertugas mengatur dan memanajemen semua perangkat keras yang menjadi komponen utama pada komputer. Operating System juga akan mengatur bagaimana sebuah aplikasi bisa berjalan dengan baik dan bekerja selaras dengan hardware yang terpasang.

Ibarat sebuah portal, operating system akan membantu pengguna untuk menjalankan perintah-perintah ke software yang kemudian bisa dikenali oleh hardware untuk selanjutnya dilakukan pemrosesan data masukan.

Mengapa dibutuhkan manajemen dalam pengaturan aplikasi-aplikasi komputer? Operating system bertugas supaya kebutuhan masing-masing aplikasi akan CPU, RAM, dan lain-lain bisa tetap terpenuhi meskipun semuanya berjalan bersamaan. Dengan demikian, aplikasi mendapatkan porsinya masing-masing tanpa khawatir terjadi crash yang menyebabkan komputer menjadi malfungsi.

Selanjutnya setelah pengertian operating system adalah sejarah perkembangannya.

 

Sejarah Perkembangan Operating System

Untuk menjadi sebuah seperti sekarang, ternyata operating system telah melalui perjalanan yang sangat panjang. Ada empat periode utama yang bisa menandakan kemajuan dari operating system. Berikut adalah rinciannya.

 

1.Generasi Pertama (1955-1965)

Pada generasi pertama ini, hadirlah sebuah sistem yang dinamakan Batch Processing System, yaitu perintah yang diberikan oleh pengguna akan dikerjakan dalam satu rangkaian sistematis yang sudah dikonfigurasikan sebelumnya. Sistem tersebut menjadi cikal bakal operating system saat ini karena sudah memiliki fungsi dasar dari sebuah operating system yaitu FMS dan IBSYS.

 

2.Generasi Kedua (1965-1980)

Perkembangan yang paling menonjol pada generasi ini adalah adanya kemampuan komputer untuk menghubungkan beberapa pengguna sekaligus (multi-user). Selain itu, operating system juga sudah menyediakan fitur multi-programming yang bisa melayani berjalannya satu program secara bersamaan dengan berdasarkan Batch Processing System tadi.

 

3.Generasi Ketiga (1980-2000-an)

Bisa dibilang jika generasi ini merupakan generasi kemajuan bidang operating system yang paling signifikan. Pada generasi ini, mulai dikenalkan Graphic User Interface (GUI) yang menyajikan tampilan antar-muka komputer yang nyaman dan mudah digunakan. Sistem komputasi tersebar (terdistribusi) merupakan langkah besar lain dari generasi ini.

 

4.Generasi Lanjutan

Generasi ini ditandai dengan ditemukannya operating system yang berada pada perangkat-perangkat bergerak (mobile) seperti pada PDA, laptop, notebook, dan lain-lain. Generasi ini juga memperkenalkan adanya virtualization di mana sebuah sistem operasi bisa di kloning dari sebuah komputer ke komputer lain tanpa harus diinstal.

Ada juga fitur multiboot system yang memungkinkan pengguna menginstal lebih dari satu sistem operasi di komputernya. Tren mobile computing (komputasi perangkat bergerak) juga mulai marak pada generasi ini yang kemudian menjadi cikal bakal dari pertumbuhan Android, iOS, Blackberry OS, Windows Phone, Windows Mobile, hingga Symbian.

Setelah mengetahui pengertian operating system dan sejarah perkembangannya, maka di bawah ini adalah daftar sistem operasi yang banyak digunakan di dunia saat ini disertai dengan tahapan singkat masing-masing perkembangannya.

Sistem Operasi yang Banyak Digunakan Saat Ini.

  1. Windows

Sistem operasi pertama yang paling banyak digunakan di dunia saat ini adalah Windows. Banyak alasan mengapa Windows dipilih sebagai operating system favorit selain tampilannya yang sederhana dan kemudahan dalam pengoperasian. Untuk menjadi seperti sekarang, Windows juga telah melalui banyak perkembangan dari versi-versi sebelumnya. Berikut adalah versi Windows yang pernah diluncurkan.

  • Windows 1.0

Sistem operasi ini diciptakan oleh Bill Gates dan Paul Allen dan dirilis pada November 1985. Menggunakan basis MS/DOS, Windows 1.0 hanya mampu menjalankan satu tugas saja dalam satu waktu, sementara aplikasi aktif lainnya akan berhenti.

  • Windows 2.0

Fitur “Minimize” dan “Maximize” mulai diperkenalkan.

  • Windows 2.1

Harddisk diperkenalkan.

  • Windows 3.0

Fitur ikon aplikasi dan kemampuan membaca kartu grafis SVGA dan XGA diluncurkan.

  • Windows 9.5

Pengenalan fitur TCP/IP dan fitur Plug and Play.

  • Windows 9.8

Peningkatan Multitasking dan pengenalan sistem penyimpanan fat32.

  • Windows 2000

Opsi sistem operasi bervariasi tergantung dengan kebutuhan pengguna seperti professional, server, advanced server, dan lain-lain.

  • Windows Millenium Edition (ME)

Pengenalan System Restore

  • Windows XP

Peningkatan GUI.

  • Windows Vista

Peningkatan stabilitas, tampilan, dan fitur lainnya.

  • Windows 7
  • Windows 8

Pengenalan model menu Metro/Millenium.

  • Windows 10

Penyempurnaan semua kekurangan di Windows sebelumnya.

  1. LINUX

Diciptakan oleh Linus Trovalds, LINUX kini menjadi sistem operasi gratis yang paling banyak digunakan. Selain gratis, kompatibilitas yang beragam juga membuatnya digandrungi oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Pengguna bisa dengan bebas menyalin dan memodifikasi kode sumber dari sistem operasi yang satu ini. Sedangkan perkembangannya bisa dilihat dalam rincian sebagai berikut.

  • Sistem Operasi UNIX dirilis pada 1971.
  • UNIX diubah menjadi bahasa C pada tahun 1973.
  • GNU Project diciptakan pada tahun 1983.
  • MINIX dirilis pada tahun 1987
  • Linus Trovalds membangun kernel LINUX pada tahun 1991.
  • LINUX berkembang menjadi beberapa turunan OS seperti Debian, Ubuntu, dll.
  • Unix Operating System
  • Linux Kernel

Demikianlah artikel mengenai pengertian operating system lengkap dengan sejarah perkembangannya dan juga daftar yang banyak digunakan di dunia. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk pembelajaran kamu.

Add Comment