Pengertian Overcloking Komputer & Fungsinya [Lengkap]

Perkembangan komputer dari zaman ke zaman semakin canggih saja. Jika kita melihat ke belakang bentuk komputer hampir sama menyerupai tv dan ukurannya sangat besar, namun berkat ilmuan, kita bisa menikmati komputer dalam bentuk yang lebih praktis.

Bicara mengenai komputer, tidak ada salahnya kita memahami pengertian overclocking komputer dan fungsinya. Tehnik Overcloking ini sangat cocok bagi Anda penggila game dan overcloking ini juga kerap digunakan untuk aktivitas mining bitcoin karena dengan melakukan overcloking, maka komputer Anda akan lebih lancar dan cepat.

Sebetulnya, apa sih overclocking komputer dan seberapa besar kegunaannya untuk komputer Anda? Yuk, simak penjelasannya.

 

Pengertian Overcloking Komputer & Fungsinya [Lengkap]

Pengertian Overcloking Komputer & Fungsinya [Lengkap]

Pengertian Overcloking Komputer & Fungsinya [Lengkap]

Mengenal Overclocking

Pada dasarnya, sebuah komponen komputer bisa ditingkatkan clock rate-nya agar proses kinerja perangkat komputer jadi lebih cepat dari biasanya. Untuk meningkatkan performa inilah, biasanya pada suatu komputer dilakukan proses overclocking. Dalam melakukan prosesnya, tentu yang bisa dilakukan clocking rate ini adalah bagian CPU pada komputer.

 

Pengertian Overclocking

Setiap CPU komputer dirancang sesuai dengan kecepatan performa tertentu. Ada beberapa komputer yang menggunakan kecepatan minimal, sehingga bisa dilakukan peningkatan. Namun ada juga yang memang tidak bisa dilakukan overclocking sebab sudah mencapai batas clock rate maksimal. Untuk itu, sebelum menjalani atau melakukan overclocking, pastikan bahwa komponen komputer Anda memang bisa dilakukan proses tersebut.

Jika dilihat lebih dekat, maka kata ‘overclocking’ atau ‘overclock’ adalah pengambilan sebuah frasa dari kata ‘over‘ dan ‘clock‘  yang mana clock ini adalah singkatan dari clockspeed yang merupakan sebutan umum untuk kecepatan sebuah komponen PC.

 

Fungsi OverClocking

Setelah Anda mengetahui bahwa overclocking ini adalah suatu proses untuk meningkatkan performa kecepatan komputer, lalu Anda akan bertanya, untuk apa proses tersebut dilakukan? Pada umumnya, sesuai dengan pengertian dari overclocking sendiri, fungsi utamanya adalah untuk memacu sebuah processor VGA dan CPU agar lebih cepat sehingga meningkatkan kecepatan performa komputer tersebut.

Fungsi OverClocking Untuk bermain game

Fungsi OverClocking Untuk bermain game

 

Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, proses overclocking ini sering digunakan oleh para gaming yang ingin meningkatkan kualitas bermainnya pada sebuah perangkat komputer. Dengan harga prosesor yang lebih murah, tapi jika dilakukan overclocking, maka akan setara dengan jenis prosesor yang harganya cukup mahal yang biasanya sangat gahar untuk bermain game.

 

Apakah Semua Perangkat bisa di-overclocking?

Umumnya, tidak semua komputer bisa dilakukan proses ini. Dan pada prosesnya pun perlu disiapkan berbagai komponen penunjang dan perlu perawatan yang khusus sebab akan terjadi overheating atau pemanasan pada komputer Anda. Tak hanya itu,  untuk beberapa komputer yang memiliki memori, mainboard dan heatsink terbatas, tidak akan bisa melakukan proses ini.

Jadi untuk melakukan teknik ini, tentunya tergantung pada motherboard yang Anda gunakan. Namun kebanyakan motherboard Intel CPU dipasarkan dengan locked multiplier, hal ini lah yang biasanya mencegah user untuk melakukan pengubahan nilai dan overclocking.  Meskipun begitu, ada juga prosesor atau motherboard Intel CPU yang disediakan khusus untuk overclocking, seperti Extreme Edition dengan CPU unlocked multiplier misalnya.

 

Lalu, Bagaimana Cara melakukan Overclocking?

Setelah Anda mengetahui bagaimana pengertian overclocking komputer dan fungsinya, selanjutnya Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk mengoperasikan hal tersebut. Apalagi jika Anda ingin performa komputer Anda lebih cepat yang bisa mendukung segala aktivitas multitasking. Tentu langkah overclocking sangat perlu untuk Anda ketahui.

  • Siapkan Sistem Pendingin

Sebelum Anda melakukan overclocking, sebaiknya Anda harus memiliki sistem pendingin. Biasanya, komputer CPU yang Anda miliki akan disertai pendingin standar yang merupakan bawaan pabriknya, namun jika Anda melakukan overclocking maka pendingin tersebut tidak akan bekerja maksimal. Hal ii dikarenakan ketika kecepatan CPU ditambah, otomatis panasnya pun akan bertambah.

Anda bisa menggunakan Water Cooling System, atau melakukan penambahan kipas CPU. Meskipun Anda juga memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkannya. Namun kedua hal ini bisa mengusir panas yang ada dalam komputer CPU. Seperti water cooling tadi, dengan basis air yang dipompa, maka radiator akan mengusir udara panas sehingga komputer bebas dari overheating.

  • Overclock BIOS

Jika Anda ingin melakukan overclocking, selain Anda mengganti intel yang ada pada CPU komputer, Anda juga bisa masuk ke BIOS komputer kemudian meningkatkan clock rate CPU atau voltage-nya. Melakukannya harus bertahap, sebab peningkatan ini dilakukan sedikit demi sedikit dan di-booting ke komputer Anda. Anda juga harus pastikan bahwa setting BIOS berada pada tingkat stabil sebab hal ini lebih efektif daripada mengaturnya langsung pada jumlah besar.

 

Kelebihan dan Kekurangan Overclocking

Pada dasarnya overclocking ini memang efektif untuk meningkatkan kecepatan CPU pada perangkat komputer Anda, apalagi jika prosesnya dilakukan dengan tepat dan stabil. Pun disertai dengan pendingin yang setara sehingga proses dan performa komputer akan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Namun dibalik kelebihan akan kecepatan, tentunya proses overclocking ini juga bisa berdampak buruk pada komponen komputer Anda. Pada beberapa kasus, banyak kesalahan terjadi bagi pemula karena salah dalam perhitungan dan tidak mengetahui kemampuan serta batasan dari hardware. Sehingga bukannya komputer lebih cepat, malah mengalami kerusakan.

Jadi sebelum melakukan teknik tersebut, pandai-pandailah dalam memilih dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan tepat agar semuanya berjalan lebih lancar. Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian overclocking komputer dan fungsinya.

Add Comment