Pengertian Python, Fungsi, Manfaat & Cara Belajar Python [Lengkap]

Pengertian python berikut ini sangat penting diketahui untuk anda yang ingin mengetahui lebih jauh lagi mengenai bahasa pemrograman python.

Python merupakan bahasa pemrograman interpretatif multiguna yang berfokus kepada tingkat keterbacaan kode. Bahkan, python juga diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kemampuan, kapabilitas, dengan sintaksis kode yang begitu jelas, serta dilengkapi juga dengan fungsionalitas pustaka standar dan komprehensif.

Python mendukung multi paradigma pemrograman, namun tidak dibatasi pada pemrograman imperatif, pemrograman fungsional, dan pemrograman berorientasi objek.

 

Pengertian Python, Fungsi, Manfaat & Cara Belajar Python [Lengkap]

Pengertian Python, Fungsi, Manfaat & Cara Belajar Python

Pengertian Python, Fungsi, Manfaat & Cara Belajar Python

 

Salah satu fitur yang terdapat pada python merupakan bahasa pemrograman yang dinamis yang dilengkapi manajemen memori otomatis. Umumnya, python digunakan sebagai bahasa skrip, walaupun pada praktiknya penggunaan bahasa ini mencakup konteks pemanfaatan yang pada umumnya tidak dilakukan menggunakan bahasa skrip. Python bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam pengembangan perangkat lunak serta bisa berjalan di berbagai platform pada sistem operasi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Windows
  • Linux/Unix
  • OS/2
  • Mac OS X
  • Amiga
  • Palm
  • Symbian
  • Java Virtual Machine

 

Sejarah Python

Python sendiri dikembangkan pada tahun 1990 oleh Guido van Rossum di Stichting Mathematisch Centrum (CWI). Versi terakhir yang dikeluarkan oleh CWI adalah 1.2. Pada tahun 1995, Guido van Rossum pindah ke CNRI di Virginias sambil melanjutkan pengembangan python. Dan versi terakhir yang dikeluarkan adalah versi 1.6. kemudian pada tahun 2000, Guido van Rossum dan para pengembang inti python kembali pindah ke BeOpen.com. BeOpen.com adalah sebuah perusahaan komersial yang membentuk BeOpen PythonLabs, yang kemudian python 2.0 dikeluarkan oleh BeOpen.

Hingga kini pengembangan dari python terus dilakukan oleh sejumlah pemrogram yang dikoordinir oleh Guido serta Python Software Foundation, yang merupakan sebuah organisasi nirlaba sebagai pemegang dari hak cipta intelektual python sejak adanya versi 2.1. Sehingga, mencegah python untuk dimiliki oleh perusahaan komersial.

Hingga saat ini python telah mencapai versi 3.7.1. Nama python sendiri dipilih oleh Guido van Rossum sebagai nama bahasa ciptaannya. Hal ini dikarenakan Guido van Rossum sangat menyukai acara televisi yang berjudul Monty Python’s Flying Circus.

 

Beberapa Fitur Dari Python

Setelah anda mengetahui pengertian python dan sejarahnya, maka saatnya anda mengetahui beberapa fitur yang ditawarkan oleh python. Di bawah ini akan dijabarkan beberapa fitur dari python.

  • Sederhana

Python adalah bahasa pemrograman yang minimalis dan sederhana. Membaca program python hampir sama seperti membaca bahasa inggris. Hal yang satu ini adalah kekuatan terbesar yang ditawarkan python.

  • Sangat mudah dipelajari

Selain sederhana, python juga memiliki syntax yang tentunya sangat mudah anda jadikan sebagai permulaan dalam mempelajari bahasa pemrograman.

  • Free dan open source

Python merupakan contoh dari FLOSS, yang dalam penjelasan pendeknya anda bisa secara bebas untuk mendistribusikan salinan dari software ini, merubah, membaca kode sumber, hingga menggunakan setiap bagiannya pada sebuah program free yang baru. Selain itu, FLOSS berdasar kepada konsep komunitas yang sangat senang untuk berbagai pengetahuan. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa bahasa pemrograman python sangat bagus.

  • Bahasa pemrograman tingkat tinggi

Ketika menulis program ke dalam bahasa pemrograman python, maka anda tidak perlu sudah-susah untuk memikirkan secara detail tingkat rendah seperti me-manage memory yang nantinya dipakai oleh program yang anda tulis.

 

Aplikasi Penggunaan Python

Pyton sendiri digunakan pada berbagai bidang pengembangan. Di bawah ini ada beberapa aplikasi penggunaan python paling populer.

  • Penelitian ilmiah dan numerik

Python bisa digunakan  untuk melakukan riset ilmiah guna mempermudah perhitungan numerik. Seperti penerapan algoritma KNN, Decision Tree, Naive Bayes, dan sebagainya.

  • Internet dan website

Bahasa pemrograman python bisa digunakan sebagai server side yang dapat diintegrasikan dengan berbagai internet protokol, seperti JSON, FTP, IMAP, Email Processing, dan HTML. Bukan hanya itu saja, python juga memiliki library untuk pengembangan internet.

  • Big data dan data science

Python juga memungkinkan melakukan analisis data pada database big data.

  • Graphical User Interface (GUI)

Python bisa digunakan untuk membangun interface pada sebuah aplikasi. Terdapat library untuk membuat Graphical User Interface (GUI) menggunakan python. Seperti GTK+, win32extension, dan Qt.

  • Media pembelajaran pemrograman

Python bisa digunakan sebagai media belajar di universitas. Hal ini dikarenakan python sangat hemat dan mudah untuk dipelajari jika dibandingkan dengan bahasa lainnya seperti C#, C++, dan MATLAB.

  • Aplikasi bisnis

Untuk anda yang menginginkan membuat sistem informasi yang baik untuk instansi dan bisnis, maka anda bisa menggunakan bahasa pemrograman python ini.

Semoga bermanfaat! Demikianlah berbagai ulasan singkat mengenai aplikasi penggunaan python, fitur, sejarah, hingga pengertian python.

Add Comment