Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis-Jenisnya – RAM sering ditemukan dalam perangkat komputer, laptop maupun HP. Tidak jarang orang sering menganggap RAM dan ROM adalah perangkat yang sama. Namun ternyata, kedua perangkat ini memiliki pengertian, fungsi dan jenis yang berbeda. RAM atau Random Acces Memory adalah salah satu jenis perangkat keras yang memiliki fungsi untuk menyimpan data yang akan dan telah diproses oleh prosesor. Memori penyimpanan pada RAM tidak bersifat permanen. Pada komputer, RAM hanya berjalan saat perangkat komputer tengah digunakan dan akan kembali kosong saat komputer tidak digunakan atau dimatikan. Misalnya, ketika Anda sedang mengetik sebuah dokumen pada Microsoft Word dan komputer Anda tiba-tiba mati saat Anda belum sempat menyimpan dokumen tersebut, maka Anda dapat membuka kembali dokumen tersebut pada histori Microsoft Word.

RAM sering disebut sebagai memori utama, memori internal, main memori atau memori, meski memiliki jenis berbeda yang dipasang pada perangkat. RAM memiliki bagian utama, yaitu PCB (Printed Circuit Board) dan Contact Point. PCB berbentuk papan yang terdiri dari beberapa layer yang disusun. Setiap lapisan layer berfungsi sebagai jalur mengalirkan data atau listrik. Sedangkan Contact Point merupakan bagian dari RAM yang berfungsi sebagai penghubung ke Motherboard. Contact Point terdiri dari beberapa titik yang dibatasi oleh NOTCH yang berbentuk satu atau dua lekukan. Sebagai salah satu perangkat dalam komputer, laptop maupun HP, RAM berfungsi untuk membantu mempercepat pemrosesan data. Kecepatan pemrosesan data regantung dari besar RAM yang digunakan. Semakin besar RAM, maka semakin cepat pula komputer memproses data dan sebaliknya.

BACA:   Cara Membedakan Micro SD Vgen Asli dan Palsu

 

Fungsi RAM

Fungsi lain dari RAM adalah sebagai media penyimpanan data pada komputer atau laptop saat sedang digunakan atau dalam keadaan hidup. Jika Anda menggunakan RAM dengan kapasitas besar, maka dapat membantu Anda untuk menyimpan lebih banyak data. RAM dengan ukuran besar juga membantu mencegah terjadinya lag atau lemot pada komputer, laptop maupun HP Anda saat digunakan. RAM memiliki beberapa jenis yang dapat Anda gunakan pada perangkat komputer Anda. Baca Juga: Perbedaan Micro SD Vgen Dengan Sandisk

 

Fungsi RAM

Fungsi RAM

 

 

Jenis-jenis RAM

 

RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

Jenis-jenis RAM

Jenis-jenis RAM

 

RAM jenis ini pertama kali digunakan pada perangkat komputer dengan prosesor Pentium 4. RDRAM merupakan RAM yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi, yaitu mencapai 800 MHz. RDRAM membutuhkan 184 pin per slotnya. Bentuk dari RAM jenis ini adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM).

 

DRAM (Dynamic Random Access Memory)

DRAM

DRAM

 

DRAM merupakan jenis RAM yang membutuhkan konduktor sebagai tumpuan untuk menyegarkan data yang tersimpan di dalamnya. Sebagai jenis memori semi konduktor, RAM ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan EDO RAM, namun memiliki kecepatan yang lebih rendah jika dibandingkan denganĀ  SRAM. Struktur RAM ini menggunakan satu transitor dan kapasitor per bit. RAM ini memiliki kepadatan yang tinggi dengan frekuensi kerja antara 4,7 MHz hingga 40 MHz.

BACA:   6 Penyebab Blue Screen Pada Windows dan Cara Mengatasinya

 

SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)

SDRAM RAM

 

SDRAM ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis RAM lainnya. Kecepatan RAM ini mulai dari 100 MHz hingga 133 MHz. RAM jenis ini merupakan turunan dari DRAM yang banyak digunakan sekitaran tahun 1996 hingga tahun 2003. SDRAM merupakan jenis RAM yang memiliki 168 pin saluran untuk mentransfer data. Salah satu ciri dari RAM ini adalah memiliki celah yang terdapat pada bagian kakinya. RAM ini mampu untuk menampung memori dengan kapasitas 16MB hingga 1GB yang diletakkan pada DIMM/SDRAM pada Motherboard.

 

SO- DIMM (Small Outline Dual in-Line Memory Module)

SO- DIMM

SO- DIMM

 

Jenis RAM ini biasanya ditemukan pada perangkat notebook dengan ukuran setengah lebih kecil dari ukuran DDR RAM. Dengan ukuran yang cukup kecil, memori ini tidak membutuhkan ruang yang besar. Dalam perkembangannya, RAM jenis ini mengikuti perkembangan RAM untuk desktop. Baca: Pengertian Micro SD dan Class nya

 

DDR RAM (Doubel Date Rate Sychronous Dynamic Random Access Memory)

 

DDR RAM bisa dikatakan sebagai jenis RAM yang paling banyak digunakan saat ini. Salah satu keunggulan dari RAM ini adalah memiliki kecepatan yang sangat tinggi diantara jenis RAM yang ada. DDR RAM juga mampu untuk menjalankan dua perintah sekaligus dalam satu waktu. Memiliki 184 pin, memori ini memakan daya yang tidak terlalu besar. RAM ini hadir dalam beberapa jenis, mulai dari DDR2 RAM hingga DDR3 RAM. Saat ini DDR RAM banyak digunakan untuk perangkat komputer karena hemat daya dan memiliki kecepatan yang cukup tinggi. Selain itu, kapasitas RAM ini cukup besar, mencapai 4GB per chipnya.

BACA:   3 Tips Mudah Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop

 

Flash RAM

Flash RAM

Flash RAM

 

Flash RAM adalah Jenis memori yang biasa digunakan pada perangkat elektronik seperti TV, VCR hingga ponsel lama. Memori ini memiliki kapasitas yang rendah dan dapat dipasang pada perangkat yang membutuhkan daya yang rendah.

Itulah pengertian RAM dan jenisnya yang bisa Anda temukan pada berbagai perangkat elektronik. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam kehiduap kita masing-masing…

Add Comment