Pengertian Server, Fungsi dan Cara Kerja Server

Bagi Anda yang berkecipung di dunia IT, tentu saja tidak asing langi dengan yang namanya server. Di dalam sebuah komputer terdapat banyak data penting dan data-data tersebut disimpan langsung ke dalam sebuah tempat yang disebut sebagai server. Lalu, apa pengertian server dan apa saja fungsinya? Berikut ulasannya.

Pengertian Server, Fungsi dan Cara Kerja Server

Pengertian Server, Fungsi dan Cara Kerja Server

Pengertian Server, Fungsi dan Cara Kerja Server

 

Apa Itu Server?

Dalam sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer biasanya terdapat komputer klien dan server. Kedua hal ini saling berhubungan dimana server berperan sebagai penyedia berbagai macam data, dokumen maupun layanan (service) tertentu yang dibutuhkan oleh klien dalam sebuah jaringan komputer. Sedangkan klien merupakan perangkat yang membutuhkan server untuk bisa terhubung ke jaringan agar bisa meminta data yang ada di server.

Server umumnya berupa sistem komputer yang didukung dengan memori RAM berukuran besar, processor scalable serta sistem operasi jaringan untuk bisa melayani beberapa komputer klien. Server tak hanya menyediakan data saja, tapi juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengendalikan semua akses dan sumber daya yang ada di dalam jaringan. Jadi, perangkat seperti printer bisa dikendalikan melalui server ini.

 

Server Menurut Fungsinya

Komputer server sengaja didesain memiliki spesifikasi lebih tinggi daripada komputer desktop biasa agar bisa memenuhi fungsinya melayani beberapa komputer dalam jaringan. Berdasarkan fungsinya tersebut, server bisa dibagi menjadi beberapa jenis seperti server aplikasi (application server), server database (database server), server proxy (proxy server) dan lainnya.

Server Menurut Fungsinya

Server Menurut Fungsinya

 

  • Server Aplikasi

Server aplikasi merupakan server yang dipakai untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang bisa dipakai oleh klien. Server ini juga mengelola perintah dari klien dan menghubungkannya dengan database yang ada di server. Server aplikasi juga sering dipakai untuk menjalankan perangkat lunak khusus untuk aplikasi tertentu seperti program yang menjalankan fungsi akunting, penjualan dan lainnya.

  • Server Database

Server ini berfungsi untuk menyimpan berbagai data yang bisa diakses oleh klien menggunakan bantuan aplikasi yang ada di server. Data yang tersimpan di server ini bisa berupa data yang sudah diolah menjadi informasi maupun data yang belum diolah menjadi informasi. Server database ini biasanya menggunakan port 3306 (Mysql) dan 5432 (PqSQL).

  • Server Proxy

Server proxy merupakan server yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas di jaringan dengan menggunakan pengaturan proxy. Server proxy ini lebih dikenal sebagai server yang menghubungkan komputer klien ke internet. Bisa dikatakan server proxy berperan sebagai mediator antara server dan klien di luar jaringan untuk meningkatkan kinerja koneksi dan menyaring permintaan data.

  • Server DNS

Server DNS atau Domain Name System merupakan server yang berfungsi untuk menerjemahkan nama host atau domain menjadi suatu alamat IP. Server DNS ini memiliki fungsi layaknya buku telepon. Anda baru bisa menghubungi seseorang melalui telepon dengan mencari nama orang tersebut dan nomor teleponnya di buku telepon. Demikian juga dengan server DNS, ia akan menerima permintaan klien untuk mengetahui alamat IP suatu domain menggunakan nama domainnya.

  • Server Web

Server web berfungsi untuk memberikan layanan berbasis data dan menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS dari browser klien. Server ini akan merespon permintaan klien dengan mengirimkan kembali hasil permintaan browser tersebut dalam bentuk halaman website atau dokumen HTML.

 

Fungsi Server

Meskipun terdapat beberapa jenis server, secara umum server memiliki fungsi yang sama. Server berfungsi untuk menyediakan berbagai resources yang bisa dipakai oleh semua komputer klien di dalam jaringan. Selain itu, server juga berfungsi untuk mengatur lalu lintas data, melayani permintaan data klien, menyimpan berbagai data yang bisa diakses bersama-sama oleh komputer di dalam jaringan, menyediakan aplikasi untuk klien, mengatur hak akses dalam sebuah jaringan serta memberikan perlindungan pada komputer klien.

 

Bagaimana Cara Kerja Server?

Bagaimana Cara Kerja Server

 

Secara sederhana, cara kerja server adalah merespon permintaan sebuah komputer klien. Sebagai contoh pada server web, ketika Anda menggunakan komputer klien dan mengetikkan alamat website di browser, itu artinya komputer Anda sedang meminta informasi pada server web. Sebagai jawaban, server web kemudian akan mengirimkan isi website ke komputer Anda sehingga Anda bisa mengaksesnya.

 

Manfaat Server Bagi Dunia Digital

Menggunakan komputer server ternyata memberikan beberapa manfaat. Komputer server membuat berbagai kegiatan yang berhubungan dengan komputer bisa dilakukan dengan proses yang lebih ekonomis dan efisien. Dengan begitu, Anda pun bisa menghemat waktu dan biaya lebih banyak daripada menggunakan komputer desktop biasa. Sebagai contoh, sebuah perusahaan yang menggunakan komputer server yang terhubung dengan semua komputer klien di perusahaan tersebut bisa membagikan data atau informasi kepada sesama klien di perusahaan secara bersamaan.

Jika ada komputer klien yang hendak mencetak sebuah file, maka bisa mengakses komputer server dan hanya menggunakan satu printer saja. Hal ini tentu menghemat pengeluaran perusahaan sehingga tak perlu memasang printer di tiap komputer klien. Dengan mengetahui pengertian server, fungsinya serta manfaat server tersebut, Anda bisa mempertimbangkan apakah komputer server benar-benar dibutuhkan di dalam bisnis Anda demi menghemat biaya operasional perusahaan.

Add Comment