Pengertian SMS Gateway, Fungsi Dan Cara Kerja SMS Gateway

Kemungkinan besar belum banyak orang yang mengetahui apa itu yang dimaksud dengan SMS Gateway, mendengarnya pun bahkan baru pertama kali ini. Selama ini yang mereka tahu adalah SMS (Short Message Service). Yang biasa mereka lakukan adalah menerima atau mengirim SMS. Karena belum mengetahui maksud dari SMS Gateway, akan diuraikan di pembahasan berikut ini.

Pengertian SMS Gateway sebenarnya adalah sebuah sistem aplikasi yang berguna sebagai media atau jembatan untuk mengirim atau menerima SMS. Yang sering menggunakan SMS Gateway ini adalah aplikasi untuk bisnis, yang digunakan untuk beberapa kepentingan, antara lain penyebaran produk atau jasa, servis informasi terhadap pengguna dan promosi broadcast.

Manfaat dari adanya SMS Gateway ini banyak sekali, di antaranya di aplikasi tersebut SMS yang kita kirim dan kita terima bisa diatur, digunakan untuk berbagai hal, seperti untuk notifikasi, konfirmasi dan reminder.

Pengertian SMS Gateway, Fungsi Dan Cara Kerja SMS Gateway

Pengertian SMS Gateway, Fungsi Dan Cara Kerja SMS Gateway

Pengertian SMS Gateway, Fungsi Dan Cara Kerja SMS Gateway

 

 

Dua Cara Yang Dipakai Untuk Membuat SMS Gateway

Untuk bisa membangun sebuah SMS Gateway dibutuhkan dua macam cara, yakni sebagai berikut :

  • Harus tersedia perangkat tambahan, dalam hal ini modem. Ditambah dengan satu aplikasi pendukungnya, salah satu contohnya adalah Gammu. Selama menggunakan SMS, modemnya harus kita tancapkan terus, non stop (selama 24 jam). SMS yang masuk maupun yang keluar bisa kita atur, semuanya tergantung dari kita.
  • Layanan berbayar dari pihak ketiga harus digunakan di sini. Prosesnya adalah SMS kita kirimkan ke server milik pihak ketiga tersebut dengan cara programmatically. Selanjutnya SMS dikirimkan ke penerima lewat sistem dan perangkat yang dimiliki oleh pihak ketiga. Cara yang kedua ini mempunyai banyak sekali kekurangan. Kalau dibandingkan dengan harga SMS reguler, jauh lebih mahal untuk harga per SMSnya. Meskipun yang dipilih adalah paket SMS yang paling murah, paket ini tidak bisa dipakai untuk menerima SMS, yang bisa dilakukan adalah mengirim SMS. Nomor yang dipakai jumlahnya terbatas, sifatnya acak. Kalau ingin menggunakan nomor premium sebenarnya tidak masalah namun resikonya harus membayar lebih mahal.

 

Alternatif Membangun SMS Gateway Dengan Biaya Yang Murah

Banyak yang mengira bahwa menggunakan aplikasi SMS Gateway ini nantinya akan boros sekali, biayanya sangatlah mahal. Hal ini disebabkan karena harus menyediakan beberapa perangkat tambahan supaya bisa dilakukan prosesnya dengan baik.

Namun janganlah khawatir, untuk saat ini ada cara atau alternatif lain yang bisa digunakan agar kita dengan  gampang dan dengan biaya yang murah SMS Gateway bisa kita bangun, sesuai dengan yang kita inginkan.

 

Tentang SMSGateway.me

Tadi di atas sudah disebutkan bahwa ada alternatif pengganti yang bisa kita gunakan untuk bisa membangun suatu SMS Gateway dengan proses yang mudah dan dengan biaya yang terjangkau. Alternatif yang dimaksud adalah dengan memakai SMSGateway.me.

Kita bisa mengandalkan smartphone android yang kita miliki sebagai perangkat untuk bisa membangun SMSGateway.me. Nantinya SMSGateway.me ini akan memberikan beberapa kemudahan kepada kita, dari aplikasi dengan cara programmatically bisa membuat kita tidak hanya mengirim SMS melainkan juga menerimanya.

Layanan SMS Gateway

Layanan SMS Gateway

 

Beberapa Syarat Yang Diperlukan Untuk Pemakaian SMSGateway.me

Untuk bisa memakai SMSGateway.me yang sudah diuraikan di atas tadi, diperlukan beberapa syarat, yakni :

  • Melakukan penginstalan pada aplikasi SMSGateway.me, tentu saja di smartphone android yang kita punya.
  • Sebelumnya kita harus memeriksa terlebih dahulu apakah pulsa untuk mengirimkan SMS ada atau tidak, harus dipastikan cukup.
  • Yang perlu diingat di sini, pada saat tengah dipakai, smartphone android kita harus selalu berada dalam posisi menyala.

 

Beberapa Alur Kerja Untuk Mengirim Dan Menerima SMS

Alur untuk mengirim  SMS :

  • Server dari SMSGateway.me akan menerima aplikasi SMS yang dikirim dengan cara programmatically.
  • Server akan menerima data-data yang masuk.
  • Supaya bisa memperoleh antrian SMS, server miliki SMSGateway.me harus dicek lebih dulu oleh aplikasi.
  • Melalui smartphone android miliki kita akan dikirim SMS oleh aplikasi apabila terdapat antrian.

Alur untuk menerima SMS :

  • Server miliki SMSGateway.me akan menerima permintaan dari aplikasi.
  • Aplikasi SMSGateway.me yang ada di dalam smartphone android kita akan meneruskan permintaan di atas tersebut.
  • SMS yang masuk akan langsung dikirimkan ke server milik SMSGateway.me.
  • Akan dibalas (dikembalikan) oleh server Gateway.me dalam bentuk data-data SMS yang sudah masuk selama ini.

Tambahan Info Untuk SMS Gateway

Di atas tadi sudah diuraikan dengan panjang lebar tentang aplikasi yang bernama SMSGateway.me. Ada beberapa tambahan info lagi mengenai SMS Gateway yang bisa dijadikan pelengkap. Pada umumnya aplikasi SMS Gateway akan memberikan support atau dukungannya pada beberapa hal.

Support dari SMS Gateway akan diberikan untuk pesan-pesan dalam bentuk smart messaging, antara lain berupa logo operator, ringtone dan picture message. Pesan-pesannya juga dalam bentuk unicode character dan teks.

Add Comment