Pengertian Software, Fungsi, dan Jenisnya

Softaware pertama kali digunakan oleh Anthony A. Oettinger pada tahun 1965 untuk menggambarkan suatu rekayasa program komputer yang bertugas mengolah data. Dalam perkembangannya, software sudah memiliki 3 periode perkembangan yaitu Era Pioneer di mana software masih berbentuk kabel-kabel yang menghubungkan antar komponen komputer, Era Stabil, yaitu saat program hasil rekayasa sudah bisa bekerja secara bersamaan, Era Mikro, di mana software sudah bisa diklasifikasikan menurut kegunaannya, dan Era Modern, saat software bukan hanya terdapat di komputer melainkan di smartphone dan lain-lain. Untuk lebih memperkuat pemahaman anda seputar software, di bawah ini adalah pengertian software yang dilanjutkan dengan fungsi, dan jenis-jenis software.

 

Pengertian Software

Software bisa di pahami sebagai sekumpulan program komputer yang menjembatani interaksi antara pengguna dengan perangkat keras komputer. Pengertian lain software adalah sebuah aplikasi yang tersusun dari kode-kode pemrograman yang digunakan untuk menjalankan perintah masukan dari pengguna ke komputer. Ada juga yang memberikan pengertian jika software adalah kumpulan data yang sudah diprogram secara khusus dan tersimpan di dalam komputer namun tidak berwujud, melainkan berbentuk digital saja.

Pengertian Software, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian Software, Fungsi, dan Jenisnya

 

Software sendiri dibangun oleh seorang programmer dengan menyatukan beberapa kode yang sesuai dengan tujuan software tersebut, menjadi program yang dapat dikenali oleh hardware. Tanpa adanya software, memberikan perintah kepada mesin (hardware) akan menjadi sulit dan memakan waktu yang sangat lama. Maka dari itu, keberadaan software selain menjembatani hubungan antara pengguna dengan mesin juga nantinya akan menampilkan output (keluaran) sesuai dengan perintah yang sudah diberikan. Dengan demikian, urusan menghitung, membuat dokumen, mengolah gambar, dan lain-lain akan menjadi jauh lebih mudah.

Setelah mengetahui pengertian software, lalu apa saja fungsinya?

 

Fungsi Software

Ada beberapa fungsi utama software sesuai dengan tujuan diciptakannya. Misalkan Anda anda mengguhakan laptop untuk kebutuhan multitasking atau multimedia, intinya disesuaikan dengan apa yang Anda butuhkan sekarang ini. Berikut adalah fungsi-fungsi software.

 

Mengatur Kerja Perangkat Keras

Sebuah komputer terdiri dari beberapa hardware yang bisa membuatnya beroperasi dengan benar. Hardware-hardware tersebut membutuhkan sebuah “kontrol” yang mengatur bagaimana arus data dan informasi nantinya akan diolah dan ditampilkan ke pengguna. Keselarasan antar hardware sangat dibutuhkan untuk kerja komputer yang optimal. Nah, di sinilah kehadiran software menjadi sangat penting. Software berfungsi sebagai pemberi komando yang diteruskan dari pengguna ke setiap bagian-bagian hardware. Nantinya, hardware akan memproses informasi dari software dan mengembalikannya sebagai hasil kepada pengguna.

 

Menjadi Penghubung antara Aplikasi dengan Hardware

Fungsi selanjutnya adalah sebagai penghubung antar aplikasi dengan hardware. Bisa dikatakan, fungsi software di sini adalah sebagai wadah yang menampung semua aplikasi-aplikasi lain supaya bisa dikenali oleh hardware. Sebuah aplikasi tidak bisa langsung menyentuh dan dikenali oleh hardware. Maka dibutuhkan software untuk bisa melanjutkan proses yang dibawa oleh aplikasi.

 

Menjadi Penerjemah Bahasa Mesin

Setiap input data yang dimasukkan dari pengguna ke aplikasi tidak bisa langsung diproses oleh mesin. Maka tugas software adalah sebagai penerjemah dari bahasa input ke bahasa mesin supaya bisa dipahami oleh mesin. Setelah diproses, data tersebut akan di terjemahkan kembali ke bahasa aplikasi dan disajikan ke pengguna. Begitu seterusnya.

Itulah beberapa fungsi inti dari software. Lalu apa saja jenis software yang ada pada saat ini?

 

Jenis-jenis Software

Setelah melalui masa perkembangan yang panjang semenjak pertama kali kemunculannya, software saat ini terbagi menjadi beberapa kategori besar menurut fungsi yang dibawanya. Berikut adalah jenisnya.

Jenis-jenis Software

Jenis-jenis Software –  image

 

Sistem Operasi

Ibarat sebuah ruh, sistem operasi seolah menjadi bagian paling penting dari sebuah komputer. Tanpa adanya sistem operasi, maka komputer tidak bisa menjalankan fungsi-fungsi aplikasi di komputer dengan memanfaatkan perangkat keras yang dimilikinya. Komputer hanya sanggup melakukan booting saja tanpa bisa mengerjakan perintah-perintah yang diberikan. Sistem operasi merupakan software yang memiliki fungsi untuk mengatur seluruh hardware di komputer dan reintegrasi dengan otak utama komputer CPU. Sistem operasi inilah yang akan memberikan perintah ke CPU sebagai lanjutan dari perintah yang diberikan oleh pengguna.

Selain memberikan perintah, sistem operasi juga bertugas untuk melakukan manajemen antar aplikasi supaya tidak terjadi crash antar aplikasi tersebut meskipun semuanya berjalan bersamaan. Ada beberapa sistem operasi komputer yang saat ini paling banyak digunakan di dunia di antaranya adalah Windows dengan kelebihan tampilan yang mudah dan juga banyaknya driver yang mendukung, UNIX/LINUX yang sangat portabel, dan Mac OS yang mempunyai tampilan sangat keren dengan keamanan tingkat tinggi.

 

Software Pengolah Kata

Seperti nama yang disandang, software pengolah kata memungkinkan pengguna untuk menulis, menata tata letak kalimat, menyalin dan menempel teks, dan berbagai fitur dasar yang dibutuhkan untuk mengolah kata lainnya. Ada berapa pilihan software pengolah kata yang saat ini tersedia dan bisa anda jadikan referensi, di antaranya adalah Lotus Word Pro, OpenOffice Writer yang gratis, Star Office Writer yang multi-platform, Corel Word Perfect, dan tentu saja Microsoft Word.

 

Software Pengolah Angka

Software tersebut biasanya digunakan untuk mengerjakan semua hal yang berhubungan dengan angka, rumus, dan tabel. Beberapa software yang cukup populer sebagai pengolah angka adalah Kspread, Star Office Calc, OpenOffice Calc, Lotus 123, dan Microsoft Excel.

 

Software Antivirus

Jenis software terakhir adalah software antivirus. Software ini biasanya dibekali kemampuan untuk mendeteksi sebuah virus yang menginfeksi komputer, membersihkan virus, hingga memberikan keamanan ekstra pada komputer. Beberapa software yang banyak digunakan sebagai antivirus adalah AVG, Avira, BitDefender, Norton, Smadav, dan lain lain.

Masih banyak jenis software saat ini yang menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna seperti software pengolah grafis, pemutar media, dan lain-lain.

Demikianlah pengertian software dilengkapi dengan fungsi hingga jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.

Add Comment