Pengertian Struktur Data Dalam Ilmu Komputer

Ketika kita membahas ilmu komputer, kita akan menemukan istilah struktur data. Apa itu sebenarnya struktur data?  Bagi orang awam tentu istilah ini cukup membingungkan. Baiklah pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai pengertian struktur data dan apa saja jenis struktur data tersebut?

 

Pengertian Struktur Data Dalam Ilmu Komputer

 

Apa Pengertian Struktur Data?

Dalam ilmu komputer, struktur data bisa diartikan sebagai cara penyimpanan, pengaturan dan penyusunan data yang ada di dalam program komputer sehingga data tersebut bisa digunakan dengan cepat dan lebih efisien. Struktur data memiliki persyaratan dasar yakni interface dan implementasi.

  • Interface

Struktur data memiliki interface atau antarmuka. Antarmuka ini berfungsi untuk mendukung struktur data dan hanya menyediakan daftar operasi dan jenis parameter yang didukung oleh struktur data sehingga dapat menerima kembali jenis operasi tersebut.

  • Implementasi

Implementasi merupakan perwakilan internal struktur data. Definisi dari setiap algoritma yang digunakan dalam operasi struktur data disediakan oleh implementasi ini.

Struktur Data Dalam Ilmu Komputer

Struktur Data Dalam Ilmu Komputer

 

 

Karakteristik Struktur Data

Struktur data memiliki karakteristik correctness, time complexity dan space complexity. Karakteristik correctness artinya implementasi struktur data harus bisa mengimplementasikan antarmuka (interface) dengan benar. Karakteristik time complexity artinya struktur data harus bisa dijalankan dalam waktu eksekusi sesingkat mungkin agar lebih efisien dan menghindari penumpukan data. Sedangkan space complexity artinya kompleksitas ruang kerja struktur data harus diminimalisir.

 

Kegunaan Struktur Data

Dengan karakteristik di atas, struktur data memiliki beberapa manfaat. Kegunaan struktur data yang pertama adalah memudahkan dalam memecahkan permasalahan yang ada pada algoritma, meningkatkan efisiensi memori komputer pada saat program komputer berjalan serta melakukan proses reservasi memori. Struktur data juga memungkinkan data yang ada di komputer bisa tersimpan lebih terurut dan bisa diambil kembali dalam waktu singkat.

Struktur Data

Struktur Data

 

Jenis Struktur Data

Secara umum struktur data terbagi menjadi dua jenis yakni struktur data majemuk dan struktur data sederhana. Struktur data majemuk terbagi lagi menjadi linear dan nonlinear. Sedangkan struktur data sederhana terbagi menjadi array dan record.

  1. Struktur Data Majemuk
  • Linear

Struktur data linear terbagi menjadi queue (antrian), stack (tumpukan) serta list dan multi-list (daftar). Queue merupakan list linear yang memiliki elemen pertama berupa head dan elemen  terakhir berupa tail. Pada struktur data ini, arus data disisipkan setelah elemen terakhir dimana aturan penghapusan hanya dilakukan pada elemen pertama. Untuk bisa mengakses elemen satu dengan lainnya, queue menggunakan informasi next.

List linear stack (tumpukan) memiliki elemen puncak (top) dengan aturan penyisipan selalu dilakukan di atas top. Sedangkan untuk aturan penghapusannya dilakukan pada top. Jadi, elemen terakhir yang ditambahkan, itulah yang hendak dihapus. Itu sebabnya elemen stack menggunakan aturan penyusunan data LIFO (Last In First Out).

Sementara itu, list dan multi-list merupakan sekumpulan list linear yang memiliki tipe elemen sama serta urutan tertentu. Setiap elemen pada list dan multilist ini memiliki dua bagian.

Struktur Data Majemuk

Struktur Data Majemuk

 

  • Non linear

Untuk struktur data non linear terbagi menjadi dua yakni binary tree dan graph. Binary tree (pohon biner) merupakan himpunan terbatas yang bisa berupa sebuah simpul atau akar dan dua buah himpunan lain atau berupa himpunan kosong. Himpunan terbatas dengan dua buah himpunan lain yang disjoint ini sering disebut sebagai sub pohon kiri dan subpohon kanan. Pohon biner ini memiliki karakteristik hanya memiliki dua buah anak atau tidak memiliki anak. Sedangkan graph (graf) merupakan struktur data yang paling umum ditemukan. Struktur data ini memungkinkan keterhubungan tak terbatas yang bisa muncul di antara entitas-entitas data.

  1. Struktur Data Sederhana

Struktur data sederhana berupa array atau larik merupakan struktur data statik yang menyimpan beberapa elemen data bertipe sama seperti tipe terstruktur, tipe sederhana dan tipe lainnya. Setiap elemen yang ada di array bisa diakses langsung melalui indeks larik. Indeks larik ini berupa tipe data yang berurutan dan bisa dieksekusi dengan mengetahui jumlah elemen larik terlebih dahulu. Sedangkan record (catatan) adalah kumpulan data yang terdiri dari berbagai macam tipe data dan beberapa isian (field).

 

Mengapa Membutuhkan Struktur Data?

Struktur data sangat diperlukan untuk membantu mengenal organisasi penyimpanan data dan pengoperasiannya dalam program komputer. Struktur data juga membantu pengguna komputer untuk bisa menilai kualitas suatu informasi. Informasi yang bernilai seharusnya akurat, tepat waktu, relevan dan memberikan manfaat lebih besar daripada biaya untuk memperoleh informasi tersebut.

Struktur data juga mengurangi adanya duplikasi data (data redundancy). Duplikasi data sangat merugikan jika terjadi dalam proses penyimpanan informasi krusial seperti informasi pemerintahan maupun data karyawan. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi penggunaan penyimpanan luar serta meningkatkan hubungan antar data dengan menggunakan struktur data.

Dengan mengetahui pengertian struktur data, jenis-jenisnya serta manfaatnya, Anda bisa menciptakan algoritma pemrograman yang lebih sederhana, lebih jelas dan lebih tepat. Dengan begitu, program yang Anda ciptakan pun bisa berukuran lebih kecil dan tidak berat ketika dijalankan di komputer.

 

Add Comment