Pengertian Topologi Jaringan Komputer dan Macamnya Secara Lengkap

Sejarah internet tidak bisa dipisahkan dari pengertian topologi jaringan komputer itu sendiri. jika dilacak ke belakang di mana internet pertama kali ditemukan, kemunculan internet diilhami dari keinginan mentransfer data dari satu komputer ke komputer lainnya. Untuk melakukan itu, maka diperlukan sambungan yang menghubungkan dua komputer yang akan saling bertukar data.

Dari sinilah muncul istilah topologi sebagai sebuah konsep atau cara menghubungkan dua komputer atau lebih untuk keperluan saling bertukar informasi dan data. Saat ini sudah terdapat macam-macam topologi jaringan komputer yang digunakan di seluruh dunia.

Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tergantung dengan aspek kecepatan pengiriman data, biaya pembuatan, hingga biaya perawatannya. Tentang macam-macam tipe topologi akan dibahas lebih detail nanti. Untuk selanjutnya, anda akan diberikan pengertian topologi jaringan komputer secara lebih mendetail.

 

Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Secara singkat, topologi jaringan komputer adalah sebutan bagi hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun sebuah jaringan komputer seperti link, node, dan station. Sedangkan dalam penerapannya, topologi jaringan komputer bisa dipahami sebagai sebuah konsep untuk menghubungkan dua komputer atau lebih yang kemudian membentuk sebuah jaringan yang terhubung dengan keperluan saling bertukar informasi atau data.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, topologi merupakan konsep yang mendasari kemunculan internet itu sendiri. Hanya saja, topologi berada pada jangkauan yang lebih sempit daripada internet. Sedangkan macam-macam rekayasa topologi jaringan komputer muncul demi memenuhi kebutuhan pengguna itu sendiri.

Topologi jaringan sering kali dijumpai pada tempat-tempat yang membutuhkan akses jaringan yang instan dari satu komputer ke komputer lainnya seperti sekolah, warnet, hingga perkantoran.

Setelah mengetahui pengertian topologi jaringan komputer, lalu apa saja macam atau jenis dari topologi jaringan komputer? Berikut adalah daftarnya lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

 

Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya

 

1.Topologi Ring

Topologi Ring

Topologi Ring

 

Sesuai dengan namanya, topologi ini memiliki pola melingkar yang menghubungkan antar komputer. Komputer pertama akan tersambung dengan komputer kedua, ketiga, dan seterusnya hingga jaringan bertemu lagi di komputer pertama. Layaknya membentuk sebuah lingkaran cincin, dari sinilah nama itu berasal. Untuk mentransmisikan data, topologi ring menggunakan data token yang juga berfungsi sebagai kontrol atas hak akses masing-masing komputer dalam menerima data.

Jadi semisal komputer pertama ingin mentransfer data ke komputer empat, maka data tersebut akan melewati komputer kedua dan ketiga terlebih dahulu. Dalam setiap komputer yang dilewati, data token akan melakukan verifikasi supaya komputer tersebut bisa meneruskan informasi yang dikirimkan dari komputer satu. Kelebihan dari topologi ring adalah kemudahan pemasangan, dan biaya instalasi yang cenderung murah.

Konfigurasi setiap perangkat baru pun terbilang mudah dalam topologi ini. Sedangkan kekurangannya, kinerja topologi ini masih tergantung dengan jumlah node (dalam hal ini komputer) yang dilewatinya. Semakin banyak komputer yang terhubung, maka kinerja transfer data juga semakin berkurang. Kekurangan lainnya adalah jika satu komputer mengalami putus koneksi, maka seluruh jaringan pun akan putus.

 

2.Topologi Bus

Topologi Bus

Topologi Bus

 

Jenis kedua dari pengertian topologi jaringan komputer adalah topologi bus. Ide dasar dari topologi jenis ini adalah membentuk suatu antrean data supaya data bisa terdistribusi dengan baik ke masing-masing komputer yang terhubung. Umumnya, topologi bus akan menggunakan sebuah kabel coaxial sebagai intinya. Kemudian, masing-masing komputer akan menggunakan konektor BNC untuk terhubung ke kabel tersebut. Pada ujung kabel coaxial topologi bus terdapat sebuah terminator untuk mengatur arus lalu lintas data.

Kelebihan dari topologi jenis ini adalah konsepnya yang sederhana, ringkas, dan mudah digunakan. Topologi jenis ini juga hanya membutuhkan kabel yang sedikit sehingga bisa menekan biaya instalasi. Sedangkan kekurangannya, yaitu kinerja transfer data yang sangat lambat mengingat semua lalu lintas data hanya terjadi di kabel coaxial. Gangguan jaringan yang terjadi pada topologi bus juga sangat sulit untuk dideteksi.

 

3.Topologi Bintang

Topologi Bintang

Topologi Bintang

 

Topologi jaringan ini menggunakan sebuah HUB atau Switch di tengah sebagai pusat dari semua komputer yang terhubung. Kabel UTP digunakan untuk menghubungkan masing-masing komputer ke HUB atau Switch tersebut. Bisa dikatakan bahwa HUB atau Switch pada topologi jaringan bintang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data utama atau sebagai pusat jaringan data yang akan di transfer.

Kelebihan yang dimiliki topologi jaringan bintang adalah sifatnya yang fleksibel sehingga ketika ada salah satu komputer yang mengalami masalah, maka komputer lainnya tidak akan terkena dampak. Masalah yang terjadi juga menjadi lebih mudah untuk segera di deteksi dan tingkat keamanan data juga lebih tinggi dibandingkan dengan jenis topologi jaringan lainnya.

Sedangkan untuk kekurangannya, topologi bintang terbilang mahal untuk biaya instalasi karena membutuhkan banyak kabel untuk menghubungkan masing-masing komputer ke HUB. Kekurangan lainnya yaitu ketika Hud mengalami masalah, maka seluruh jaringan juga akan ikut lumpuh.

 

4.Topologi Jala (Mesh)

Topologi Jala (Mesh)

Topologi Jala (Mesh)

 

Jenis terakhir dari pengertian topologi jaringan komputer adalah topologi jala. Jenis topologi ini membuat setiap komputer terhubung langsung dengan komputer lainnya. Konsep seperti ini akan membuat pengiriman data menjadi lebih efektif karena data tidak harus melewati komputer lain atau HUB lagi. Kelebihan dari topologi ini adalah kemudahan untuk mendeteksi jaringan yang bermasalah pada setiap komputer.

Kecepatan transfer data juga menjadi andalan dari tipe topologi jaringan ini. Sedangkan untuk kelemahan, biaya pemasangan yang sangat besar menjadi alasan utama. Proses instalasi yang sulit dan membutuhkan banyak port I/O juga menjadi kekurangan lainnya.

Demikianlah pengertian topologi jaringan komputer yang bisa anda ketahui. Masih ada banyak lagi jenis topologi yang sudah di aplikasikan di dunia ini, namun daftar di atas adalah yang paling jamak di gunakan.

Add Comment