Pengertian TTL Pada Ping dan Penggunaannya Dengan CMD

Pengertian TTL pada Ping mungkin bagi kebanyakan orang, akan sedikit asing dengan apa itu TTL atau pun ping. Bahkan bisa saja mengartikan Ping sebagai kata sapaan di salah satu media chatting medsos. Atau TTL sebagai singkatan dari tempat, tanggal lahir. Tentu saja bukan! Ping dan TTL ini adalah sebuah aplikasi yang sengaja disediakan oleh Windows yang biasanya berkaitan dengan jaringan. Nah, jika Anda ingin tahu lebih jelas apa itu TTL pada Ping, simak penjelasan lengkap berikut ini!

 

Pengertian TTL Pada Ping dan Penggunaannya

Jika Anda ingin mengetahui TTL (Time to Live), maka Anda harus lebih tahu dulu di mana Anda akan menemukan hal tersebut. Tentu juga sebelumnya Anda harus mengetahui apa itu Ping. Ping ini merupakan singkatan dari Packet Internet Groper, di mana ini adalah sebuah aplikasi utilitas yang resmi disediakan oleh microsoft windows. Adapun fungsi dari aplikasi ini sebagai pemeriksa koneksi jaringan dengan berbasis Transmission Control Protocol/Internet Protocol(TCP/IP) pada suatu perangkat komputer.

Pengertian TTL Pada Ping dan Penggunaannya

 

 

Kapan Ping Digunakan?

Pada dasarnya, Ping akan dioperasikan oleh user ketika ingin mengetahui apakah komputer terhubung dalam satu jaringan atau tidak dengan komputer lain dengan cara mengirimkan sejumlah paket data menuju komputer lain tersebut. Dan saat mengirimkan paket data inilah Anda akan menemukan sejumlah TTL atau Time to Live. Ping juga kerap kali digunakan untuk mengetahui kualitas jaringan internet kita, apakah stabil atau tidak? Biasanya akan ada tulisan request timed out , jika jaringan gagal menerima sambungan internet dan akan terhubung kembali jika sudah ada tulisan reply from yang disertai alamat IP address. Selanjutnya jika tidak ada sama sekali koneksi internet, maka akan ada tulisan general failure, yaitu kesalahan umum pada jaringan internet.

 

Bagaimana Cara Menggunaan Perintah Ping?

Sebab Ping ini adalah bawaan aplikasi utilitas windows, maka jika Anda pengguna komputer dengan sistem operasi Windows akan sangat mudah menggunakan ping ini. Kebanyakan, untuk mencobanya dengan mengakses CMD atau Command Prompt. Anda bisa jalankan aplikasi sebagai administrator, lalu buka aplikasi dan pada bar tersedia tinggal ketikkan “ping” diikuti website atau alamat IP dari komputer tujuan. Selanjutnya akan ada reply berbentuk keterangan coding yang harus Anda deskripsikan. Contoh nya Ping -t Google.com. Anda akan melihat proses ping dan apakah jaringan internet Anda stabil?

Cara menggunakan Ping di CMD

Cara menggunakan Ping di CMD

 

 

Pengertian TTL

Selanjutnya beralih kepada TTL, jika Anda sudah mengetahui apa itu ping  yang intinya berkaitan dengan koneksi jaringan maka Anda akan mengetahui apa pengertian TTL pada Ping. Saat Anda mengirimkan paket data ke komputer yang jadi tujuan checking Anda, maka akan ada reply keterangan TTL bersamaan dengan angka-angka tertentu. Hal ini disebabkan TTL adalah nilai waktu yang termasuk dalam paket yang dikirim melalui TCP / IP berbasis jaringan. Paket ini akan memberitahu Anda berapa lama waktu untuk  menggunakan data yang dimasukkan sebelum waktunya habis.

TTL atau Time To Live ini merupakan sebuah mekanisme yang membatasi umur data dalam sebuah jaringan pada komputer yang memang terpasang dalam data. TTL ini berfungsi untuk mencegah paket data yang beredar secara terus menerus dalam aplikasi komputasi, tak hanya itu, TTL ini juga seringkali digunakan untuk meningkatkan kinerja chaching  atau untuk meningkatkan privasi PC.

 

Lalu bagaimana mengartikan reply dari proses ping tersebut?

Seperti yang sudah diketahui bahwa TTL merupakan singkatan dari Time To Live, di mana hal ini merupakan waktu maksimum dari komputer pada saat membalas paket ICMP atau latency/delay  yang Anda kirimkan. Biasanya, TTL pada windows dibatasi secara default yaitu 64 dan maksimumnya 255 (8bits). Dalam setiap proses Ping, nilainya akan berkurang 1 pada setiap paket data yang melewati router (layer 3), sebelum forwarded decision.

Adapun pembatasan dan pengurangan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya circular routing pada jaringan.  Adapun keterangan terpenting yang harus Anda ketahui dari proses ping ini, di mana jika hasil nilai time dan paket loss nya semakin kecil, maka koneksi jaringan yang dipakai oleh Anda akan semakin baik.

 

Kegunaan Ping dan TTL pada Ping

Proses ping pada perangkat komputer memang diperlukan dan cukup penting untuk Anda ketahui. Apalagi jika tiba-jaringan internet pada komputer Anda mengalamai masalah, Anda bisa mengetahui status up maupun down-nya sebuah komputer dalam jaringan dengan proses ping ini. Jika komputer Anda memberikan respons terhadap perintah ping yang Anda berikan, maka dapat dikatakan bahwa komputer atau jaringan yang Anda cek tersebut masih up atau hidup.

Tak hanya itu, proses ping ini juga bisa membantu Anda untuk melakukan monitoring availability status komputer dalam sebuah jaringan. Hal ini dimaksudkan sebab availabilitas sebuah komputer adalah salah satu indikator yang menentukan kualitas jaringan, sehingga dengan proses ini secara periodik Anda akan tahu bagaimana skalanya, apakah baik atau buruk.

Jika Anda adalah seseorang yang sering berkomunikasi dalam komputer dan jaringannya, maka Anda harus memastikan bahwa komputer Anda dengan jaringan komputer yang Anda tuju itu memiliki komunikasi yang responsif. Nah dengan melakukan PING, Anda akan mengetahui seberapa responsifnya data atau jaringan komputer Anda dengan melihat TTL yang dihasilkannya. Jika semakin besar nilainya, maka semakin lambat, jika semakin kecil nilainya, maka kualitas jaringan akan semakin baik. Itulah mengapa Anda harus mengetahui pengertian TTL pada Ping.

Add Comment