Pengertian VGA Card, Fungsi Dan Jenis-jenis VGA Card

Pengertian VGA Card, Fungsi Dan Jenis-jenis VGA Card – Cukup banyak nama lain dari Virtual Graphics Array Card atau VGA Card. Ada yang menyebut Video Card atau Video Adapter, ada juga yang menyebutnya dengan Graphics Card, Display Adapter dan Display Card.

Terlepas apapun sebutannya, VGA Card memiliki fungsi utama mengolah data kemudian menerjemahkan PC output ke layar monitor. Sampai disini jelas bahwa jika layar monitor komputer tidak keluar tampilan apapun setelah CPU dinyalakan, kemungkinan besar penyebabnya VGA Card rusak atau mungkin tidak tepat dalam pemasangan slotnya.

Ada beragam jenis, spesifikasi, dan merek VGA Card atau kartu grafis ini. Jika pengguna menyukai game 3D atau game-game berat lainnya maka butuh komputer dengan VGA Card berspesifikasi tinggi. Secara umum kartu grafis yang sering digunakan gamer yaitu jenis VGA ATI dan NVIDIA. Lebih lanjut mari kita bahas pengertian VGA Card dan fungsinya secara lengkap berikut ini.

 

Pengertian VGA Card Secara Singkat

Pengertian VGA Card Secara Singkat

Pengertian VGA Card Secara Singkat

 

Secara umum pengertian VGA Card yaitu sebuah hardware atau perangkat keras komputer yang bertugas mengolah serta menerjemahkan semua data grafis komputer kemudian ditampilkan pada layar monitor. Dalam VGA Card sendiri juga terdapat GPU (Graphics Processing Unit) yang berfungsi sebagai prosesor.

Keberadaan VGA Card pada perangkat komputer sering dianggap penting namun bagi sebagian orang justru dianggap tidak penting. Mengapa bisa demikian?

VGA Card dikatakan sangat penting apabila komputer digunakan untuk kebutuhan gaming atau graphics design yang memerlukan tampilan grafis yang baik. Untuk kebutuhan tersebut VGA Card model ATI atau Nvidia sudah masuk dalam kriteria kartu grafis berspesifikasi tinggi.

Sebaliknya fungsi VGA Card dianggap tidak penting karena hardware ini bersifat VGA Card on-board, artinya sudah dibenamkan langsung dalam Motherboard. Jadi jika komputer hanya digunakan untuk aktivitas seperti browsing, pengoperasian Microsoft Office, atau aktivitas multitasking ringan lainnya maka tidak membutuhkan VGA Card spesifikasi tinggi.

Baca Juga: Memahami Perbedaan SSD, SSHD, dan HDD Secara Singkat

 

Jenis-jenis VGA Card Berdasarkan memori yang Digunakan

Ada beberapa jenis VGA Card yang dibedakan menurut memori yang digunakan seperti berikut ini.

 

DRAM (Dynamic RAM)

DRAM atau Dynamic RAM merupakan jenis VGA Card yang digunakan pada PC atau laptop dengan spesifikasi standar atau umum. Artinya device tidak begitu mementingkan speed atau pilihan warna yang detail. DRAM sendiri biasanya ditanam pada VGA Card 8 bit sampai 32 bit dengan kecepatan 80ns atau 70ns.

 

EDO RAM

EDO RAM merupakan tipe VGA Card yang biasa digunakan pada komputer yang memiliki graphics card 64 bit. Hardware ini sering ditanam pada jenis VGA Card  winfast s280/2600 3D, ATi Mach 64, dan Diamond Stealth 2000 3D. Kecepatan EDO RAM sendiri adalah 60ns – 35ns.

 

SG-RAM (VRAM)

Synchronous Graphics RAM atau SG-RAM merupakan jenis VGA Card yang biasa digunakan komputer dengan graphics card kelas tinggi. Contohnya komputer untuk kebutuhan 3D accelerator. Kecepatan dari SG-RAM sendiri di bawah 10ns. Umumnya VGA Card jenis ini terdapat pada beberapa brand seperti Matrox MGA Millenium, TAI Rage II 3D Pro, Matrox Mysticque 3D, ASUS 3D Explorer, Diamond Stealth II s220, dan Diamond Viper.

 

RAM-BUS

RAMBUS merupakan memori untuk VGA Card yang biasa digunakan mesin-mesin game, misalnya Sega atau Nintendo. Dibanding dengan memori VGA lain,  penggunaan memori RAMBUS terbilang masih sedikit. Sejauh ini baru ada Creative Labs dengan beberapa produknya seperti Graphics Blaster xXtreme, MA-302 dan MA-332 Graphic Blaster 3D yang menggunakan memori VGA ini.

Jenis-jenis VGA Card

Jenis-jenis VGA Card

 

 

Jenis Slot pada VGA Card

Agar bisa menambahkan VGA Card pada rangkaian perangkat komputer maka dibutuhkan slot expansion yang terdapat pada Motherboard. Slot VGA Card sendiri bervariasi, tergantung dari jenis VGA Card yang digunakan. Karena itulah pada Motherboard sudah disediakan slot lebih dari satu macam. Biasanya ada 2 jenis slot yang tersedia, satu slot versi lama dan satunya lagi slot VGA Card model baru.

Setidaknya ada 4 jenis slot VGA Card pada Motherboard yaitu ISA, PCI, AGP, dan PCIe (PCI Express)

 

ISA (Industry Standard Architecture)

ISA merupakan standar slot VGA Card yang diperkenalkan pada akhir tahun 80-an. Hanya saja slot VGA jenis ini sudah tidak lagi digunakan pada Motherboard, bahkan sudah menghilang dari pasaran. ISA sendiri konon mampu mentransfer data dengan kecepatan 2-3mbps.

 

PCI (Peripheral Component Interconnect)

PCI merupakan generasi pengganti slot ISA yang dirilis awal tahun 90-an. Sebagai standar slot VGA Card, PCI dirancang dengan teknologi baru supaya GPU bisa langsung memproses data dari memori tanpa melalui CPU. Dengan begitu kinerja CPU menjadi lebih longgar dan bisa dimanfaatkan untuk mengolah data lain. Dibanding ISA ada peningkatan kinerja yang sangat signifikan dimana PCI mampu memtransfer data dengan kecepatan hingga 132mbps.

 

AGP (Accelerated Graphic Port)

Slot VGA Card ini diluncurkan pada tahun 1996 dengan berbagai pembaruan didalamnya. Berdasarkan kecepetannya, AGP dibedakan menjadi 4 versi  yaitu AGP 1X, AGP 2X, AGP 4X, dan AGP 8X. AGP 8X memiliki speed tertinggi dengan kecepatan transfer data hingga 2,1gbps.

 

PCIe (PCI Express)

Ini merupakan slot VGA Card paling baru yang diluncurkan pertama kali tahun 2004. Dari namanya sudah jelas bahwa PCI Express ini merupakan pembaruan dari PCI versi lama. Adapun peningkatan yang paling mencolok yaitu kemampuannya dalam mentransfer data. Satu contoh versi PCI Express X16, slot VGA Card ini mampu mengirim data dengan kecepatan hingga 4gbps.

Demikian sekilas tentang pengertian VGA Card dan fungsinya. Pastikan Anda memilih VGA Card yang tepat sesuai kebutuhan. Anda suka game DOTA II? Itu artinya Anda butuh VGA Card berspesifikasi tinggi. Namun jika Anda hanya butuh komputer untuk aktivitas multitasking, VGA Card spesifikasi standar tentunya sudah lebih dari cukup.

Add Comment