Pengertian VRRP Pada Mikrotik dan Fungsinya

Pengertian VRRP pada mikrotik dan fungsinyaVRRP adalah kepanjangan dari Virtual Router Redundancy Protocol. Perangkat ini dalam praktiknya berhubungan dengan mikrotik komputer dan jaringan internet. Seperti yang kita tau, internet saat ini telah menjadi bagian penting dalam kehidupan. Fungsinya tidak hanya untuk fungsi mendapatkan informasi, tetapi untuk sarana komunikasi, bisnis dan hiburan. Lalu, apa pengertian VRRP pada mikrotik dan fungsinya?

 

 Pengertian VRRP Pada Mikrotik dan Fungsinya

VRRP merupakan alat yang bisa kita manfaatkan sebagai gateway yang berasal dari jaringan local dengan segmen yang sama. Cara interaksi beberapa router tersebut adalah dengan memanfaatkan virtual router ID. Sedangkan untuk interface VRRP-nya, akan di pasang IP Address yang digunakan untuk gateway dari jaringan local yang tersedia.

Pengertian VRRP Pada Mikrotik dan Fungsinya

Pengertian VRRP Pada Mikrotik dan Fungsinya

 

Praktiknya, akan ada  beberapa router yang dimanfaatkan untuk gateway. Untuk itu, Anda bisa pilih salah satu router sebagai gateway utama dan yang lain sebagai pendukung. Adapun tujuan dari pemanfaatan gateway pendukung ini adalah, jika satu saat gateway utama tidak berfungsi dengan baik maka Anda bisa memanfaatkan gateway pendukung.  Biasanya, kerusakan tersebut terjadi sebagian dan bahkan total.

Anda bisa segera mengalihkan fungsi dari gateway utama ke gateway pendukung agar fungsi internet bisa berjalan kembali sebagaimana mestinya. Untuk melakukan pemindahan peran gateway, kita tidak perlu melakukan konfigurasi ulang.

Catatan:   

Untuk melakukan konfigurasi interface VRRP yang di lakukan pada masing-masing router yang di pasang, Anda harus menyamakan Virtual Router ID-nya. Setelah itu, untuk gateway utama yang menjadi prioritas, setting nilai Virtual ID lebih tinggi dari pada gateway pendukung. Tambahkan single IP addres yang menggunakan prefix/ 32 pada gateway pendukung. Ini berfungsi saat terjadinya kegagalan gateway yang berasal dari klien di masing-masing jaringan local.

 

Pengertian Mikrotik

Lalu, apa itu mikrotik? Mikrotik adalah software yang siap di pasang pada komputer sehingga memiliki fungsi sebagai jaringan router yang canggih. Fitur yang ada di dalamnya adalah wireless dan IP network yang fungsinya tidak lain adalah untuk provider hotspot, warnet dan ISP. Saat ini, Mikrotik banyak digunakan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia untuk memaksimalkan koneksi internet baik untuk kepentingan ke-lembaga-an, bisnis, maupun pribadi.

Pengertian VRRP pada mikrotik dan fungsinya tidak lepas dari fungsi router. Beberapa fungsi router antara lain adalah:

  • Fungsi router adalah sebagai penghubung antara jaringan satu dengan jaringan yang lainnya. Selain sebagai penghubung, jaringan ini juga dimanfaatkan untuk menghubungkan data dari satu jaringan ke jaringan yang lain.
  • Router seringkali dimanfaatkan untuk jaringan dengan basis TCP maupun IP. Router jenis ini disebut dengan IP Router. IP Router banyak dimanfaatkan untuk jaringan internet.
  • Router dimanfaatkan untuk menghubungkan antara jaringan yang lebih kecil dengan yang lebih besar. Atau, biasa disebut dengan internetwork. Perangkat ini juga berfungsi untuk membagi jaringan yang besar menjadi jaringan yang lebih kecil sehingga kinerja jaringannya semakin meningkat dan pengaturannya pun lebih mudah.
  • Router bisa dipakai untuk menghubungkan jaringan yang memanfaatkan dua media yang berbeda.  Seperti saat satu media memakai wireless dan media yang lain memanfaatkan radio.
  • Beberapa jenis router memiliki fungsi untuk melakukan penapisan paket atau yang biasa disebut dengan fungsi firewall. Penapisan tersebut dilakukan berdasarkan alamat yang dituju dan sumber alamat aslinya. Jenis router ini biasa disebut packet filtering router. Router tersebut dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya lalu lintas data yang terpancar secara bersamaan dimana dampak dari pancaran tersebut adalah memperlambat kinerja dari jaringan internet yang tersedia.

Ada cukup banyak manfaat dari mikrotik, diantaranya adalah jaringan yang kita pakai akan jauh lebih stabil dibandingkan sebelumnya. Saat ini, mikrotik banyak dimanfaatkan oleh mereka yang bergelut dalam bisnis internet. Mayoritas menyatakan puas setelah menggunakan mikrotik.

Keunggulan Mikrotik ini hampir bisa dikata tidak masuk akal. Cakupan keunggulannya cukup luas mulai dari pengaturan bandwidth, data pengguna, dan bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan dua line speedy sekaligus ke dalam satu router.

Ini berarti jaminan koneksi yang lebih cepat lagi akan Anda dapatkan. Anda pun akan mendapatkan web login yang bisa dikata mengagumkan.

Pengertian VRRP pada mikrotik dan fungsinya tidak lepas dari dunia jaringan internet, dan computer. Anda yang ingin memaksimalkan koneksi internet seperti untuk kepentingan bisnis sangat disarankan untuk memasang perangkat VRRP pada mikrotik yang secara garis besar berfungsi untuk menghubungkan beberapa router dan menjadikan salah satunya sebagai router prioritas dan yang lain sebagai pendukung.

Saat ini, cukup banyak pengusaha internet yang memanfaatkan mikrotik sebab dari segi keuntungan cukup banyak, mulai dari kemampuannya dalam menghubungkan beberapa router sekaligus, menghubungkan dua line speedy, dan masih banyak lagi.

Add Comment