Pengertian Wifi, Fungsi Wifi Dan Cara Kerja Wifi [Lengkap]

Pengertian Wifi sangatlah penting untuk dipahami masyarakat masa kini, terlebih yang mengaku diri sebagai manusia milenia. Sebab, meskipun setiap hari menggunakan wifi, bahkan selalu mengunjungi tempat-tempat dengan layanan Wifi ini, ternyata tidak banyak masyarakat yang mengetahui makna sebenarnya dari istilah tersebut. Nah, agar Anda tidak dicap ketinggalan jaman, berikut ini pengertian dari Wifi sekaligus fungsi dan cara kerjanya yang perlu diketahui.

 

Pengertian Wifi, Fungsi Wifi Dan Cara Kerja Wifi [Lengkap]

Pengertian Wifi, Fungsi Wifi Dan Cara Kerja Wifi

Pengertian Wifi, Fungsi Wifi Dan Cara Kerja Wifi

 

Pengertian Wifi

Secara sederhana, Wifi adalah kepanjangan (Wireless Fidelity) yaitu sebuah teknologi yang digunakan untuk tukar-menukar data dengan menggunakan beberapa perangkat elektronik dan memanfaatkan gelombang radio (nirkabel). Beberapa perangkat elektronik yang digunakan tersebut antara lain smartphone, komputer, laptop, tablet, dan yang lainnya. Agar dapat terhubung dengan Wifi, perangkat elektronik ini harus tersambung dengan jaringan internet atau sebuah titik akses (hotspot). Sedangkan, gelombang radio yang digunakan biasanya mempunyai frekuensi antara 2,4 GHz sampai dengan 5 GHz. Baca Juga: Cara mengetahui passwod wifi

 

Sejarah Berkembangnya Wifi

Pada awal kemunculan Wifi, orang masih menempatkan sebagai kebutuhan tersier. Tidak banyak masyarakat yang menggunakannya. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, keberadaan Wifi menjadi semakin penting. Terlebih saat ini, di mana setiap orang mempunyai gadget yang hampir semuanya support dengan sambungan internet. Tak heran jika saat ini Wifi sudah termasuk dalam kebutuhan primer hampir seluruh masyarakat dunia. Berikut ini sejarah kemunculan Wifi dari awal hingga saat ini:

  1. Pada tahun 1997, IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) membuat sebuah jaringan wireless pertama bernama 802.11.
  2. Pada tahun 1999, muncullah wireless B. Meskipun sudah mempunyai kecepatan transfer data hingga 11 Mbps saat itu, namun frekuensi operasinya masih terbatas pada 2,4 GHz, frekuensi yang biasa digunakan untuk peralatan rumah tangga, sehingga sinyalnya mudah terganggu.
  3. Pada tahun 2003, mulai muncul wireless G. Wireless ini masih menggunakan frekuensi 2,4 GHz, namun kecepatan transfer datanya sudah meningkat menjadi 54 Mbps.
  4. Pada tahun 2009, muncul wireless N. Kecepatan transfer data untuk wireless 300 Mbps untuk yang dua antena dan 450 Mbps untuk yang tiga antena. Jangkauan sinyalnya pun lebih luas dibanding generasi sebelumnya.
  5. Pada tahun 2014, muncul wireless AC. Lebih tinggi lagi, wireless ini mempunyai kecepatan transfer data mulai dari 500 Mbps hingga 1 GBps. Bahkan, frekuensinya pun mencapai 5 GHz. Baca Juga: Cara ganti password wifi
sejarah kemunculan Wifi

sejarah kemunculan Wifi

 

Fungsi Wifi

Dari definisi Wifi di atas, maka dapat disimpulkan, bahwa fungsi dari Wifi pada dasarnya adalah menjadi penghubung antara suatu perangkat dengan jaringan yang ada, baik lokal maupun internet. Selain itu, Wifi juga mempunyai bermacam-macam fungsi. Berikut ini lebih lengkapnya fungsi dari Wifi tersebut: Baca Juga: Aplikasi bobol wifi

 

  1. Penghubung Perangkat dengan Jaringan

Karena tidak menggunakan kabel LAN, maka Wifi dapat digunakan oleh banyak komputer tanpa harus repot menambah atau mengkonfigurasikan sejumlah kabel. Dengan kata lain, dengan Wifi akan banyak pengguna yang bisa terhubung dalam jaringan

  1. Memudahkan dalam Mentransfer Data

Saat Anda ingin memindahkan data yang ada di satu perangkat ke perangkat lain, Anda tidak membutuhkan lagi kabel data. Sebab, dengan wifi, transfer data dapat dilakukan lebih mudah, praktis, dan pastinya efisien.

  1. Bisa Berfungsi sebagai Modem Smartphone

Pada saat di sekitar Anda terdapat layanan Wifi, Anda tidak perlu mempunyai paket daya berbayar untuk bisa mengakses internet. Lalu, bagaimana jika di sekitar Anda tidak tersedia layanan Wifi? Anda bisa menggunakan smartphone Anda sebagai modem dengan menggunakan sinyal Wifi saat akan mengakses internet di perangkat lain, seperti laptop. Dengan syarat, smartphone Anda mempunyai cukup paket data.

  1. Mempercepat Akses Internet

Mengakses internet melalui jaringan seluler sangat tergantung dari sinyal provider yang Anda gunakan. Jika sinyalnya sedang melemah, maka akses internet juga akan melambat. Hal ini tidak akan terjadi jika menggunakan Wifi. Sebab, pada umumnya, kecepatan akses internet lebih cepat dan stabil. Hal ini bisa Anda lihat jika melakukan streaming video yang tidak akan terputus-putus. Baca Juga: Cara memperluas jaringan wifi

 

Cara Kerja Wifi

Secara sederhana, Wifi bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Berikut ini lebih lengkapnya tentang cara kerja Wifi:

  1. Berbagai data yang dikirim maupun diminta komputer akan melesat ke udara dan ditangkap oleh gelombang radio berupa sinyal. Namun, agar data tersebut dapat ditangkap oleh gelombang radio, komputer harus dilengkapi dengan adaptor wireless.
  2. Gelombang radio yang masih berupa sinyal ini lalu dikirim ke router untuk diterjemahkan.
  3. Data yang sudah diterjemahkan tersebut kemudian dikirim ke jaringan internet dengan menggunakan koneksi internet.

Cara kerja di atas juga berlaku sebaliknya, sebab jaringan Wifi bekerja dua arah sekaligus. Jadi, pada saat sebuah data diterima melalui internet, data tersebut akan melewati router untuk dijadikan kode. Kode ini kemudian dikirimkan ke adaptor komputer dalam bentuk sinyal radio, sehingga pengguna komputer mendapatkan apa yang ia cari dengan memanfaatkan Wifi tersebut. Itulah uraian lengkap tentang pengertian Wifi sekaligus fungsi dan cara kerjanya.

Add Comment