Penyebab Blue Screen Pada Laptop Dan Cara Memperbaikinya

Blue screen pada laptop adalah dimana saat laptop menampilkan tampilan dengan latar berwarna biru, sedangkan tulisannya berwarna putih. Biasanya blue screen terjadi karena adanya kesalahan pada operasi Windows. Dengan kata lain, blue screen adalah cara sistem untuk mengatasi masalah sehingga harus berhenti beroperasi. Tentunya, kesalahan ini tidak terjadi secara tiba-tiba. Ada beberapa penyebab blue screen pada laptop atau perangkat komputer, seperti berikut ini.

 

Penyebab Blue Screen Pada Laptop Dan Cara Memperbaikinya

 

Adanya kerusakan driver pada laptop

Adanya kerusakan driver pada laptop

Adanya kerusakan driver pada laptop

 

Penyebab bule screen pertama adalah driver yang terinstall di laptop mengalami masalah. Di mana sistem operasi tidak bisa mendeteksi perangkat baru dengan baik. Biasanya ditandai dengan pesan IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL dan kode 0X0000000A. Terkadang, pesannya berupa VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE. Bukan hanya itu saja, biasanya pesan tersebut terjadi karena Anda mengganti sebuah VGA card dengan VGA card yang lainnya.

Namun, Anda menginstall VGA Card terbaru tanpa uninstall terlebih dahulu VGA yang lama. Hal ini yang menyebabkan bentrok atau ketidak cocokan sehingga Blue Screen terjadi. Hal ini juga bisa terjadi karena Anda menggunakan VGA Card terover clock dan melebih batas maksimal dari clock perangkat tersebut.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengintal driver hardware yang sesuai. Kemudian coba lepaskan dan pasang kembali VGA card dan Audio Card. Pastikan juga bahwa telah terpasang dengan sempurna.

 

Adanya file system yang error

Adanya file system yang error

Adanya file system yang error

 

Penyebab blue screen pada laptop yang selanjutnya adalah adanya kesalahan pada file system. Pesannya adalah NTFS_FILE_SYSTEM dengan kode 0X00000024 atau FAT_FILE_SYSTEM dan kode 0X00000023. Biasanya kesalahan ini terjadi pada salah satu part di file sistem yang ada error. Jadi Anda tidak perlu khawatir, karena bukan kesalahan di hardisk Anda.

Solusi untuk mengatasinya adalah coba Anda memeriksa kabel SATA/IDE pada hardisk, apakah sudah terpasang dengan baik atau benar. Bukan hanya itu saja, periksa juga partisi hardisk dengan chdsk. Jadi Anda tidak perlu memformat prtisi hardisk untuk mengatasi blue screen yang satu ini.

 

Adanya komponen yang over-heat atau terlalu panas

Penyebab Blue Screen Pada Laptop Dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Blue Screen Pada Laptop Dan Cara Memperbaikinya

 

Hampir semua perangkat elektronik menggunakan energi listrik untuk bisa bekerja. Semua energi listrik yang mengalir pada elektronik memiliki bahan logam, yakni konduktor panas yang baik. Hal ini memiliki dampak pada komponen elektronik itu sendiri. Di mana biasanya terjadi peningkatan suhu pada komponen tersebut.

Maka dari itu, kebanyakan laptop memiliki cooling pad untuk meredakan suhu panas dan menjaganya tetap stabil. Sebab, laptop yang panas juga akan menyebabkan kinerjanya menurun. Bahkan, sering terjadi “not responding”. Apabila dibiarkan maka kemungkinan blue screen terjadi. Bahkan, salah satu komponen bisa hangus.

Biasanya blue screen karena laptop yang over head ditandai dengan pesan UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP dengan kode 0X0000007F. Bisa juga dengan pesan MACHINE_CHECK_EXCEPTION.

Laptop yang over heat cukup berbahaya untuk beberapa komponen di dalamnya. Salah satunya adalah bagi laptop dengan processor atau VGA card yang terus dipaksa untuk bekerja dan melebih batas maksimalnya. Maka dari itu, komponen over clock harus ditambahkan power tambahan. Namun kembali lagi efek sampingnya adalah komponen lebih cepat panas. Sehingga memang ditambahkan pendingin tambahan untuk mengimbanginya.

Solusi untuk laptop yang over heat adalah dengan mematikan laptop terlebih dahulu. Kemudian, lakukan pengecekan pada sistem pendingin atau kipas, apakah bekerja dengan baik. Jangan lupa tambahkan pendingin portable jika diperlukan. Jika tips yang Anda lakukan tidak berahsil, mungkin Anda dapat mencari tau lebih lanjut di support msdn.

 

Adanya kerusakan memory atau slot RAM di Motherboard

Adanya kerusakan memory atau slot RAM di Motherboard

Adanya kerusakan memory atau slot RAM di Motherboard

 

Penyebab blue screen pada laptop yang berikunya adalah adanya kerusakan pada memory atau slot RAM di motherboard Anda. Biasanya kerusakan ini ditandai dengan pesan DATA_BUS_ERROR atau PEN_LIST_CORRUPT. Kebanyakan kerusakan pada hardware memang cukup banyak mengakibatkan blue screen pada sistem operasi Windows Anda.

Pasalnya, dikarenakan memang fungsi utama akan sistem operasi adalah menghubungkan antara software, hardware dan brainware. Maka tidak heran, apabila sistem operasi tidak akan menjalankan proses, jika kerusakan terjadi. Terlebih lagi, kerusakan yang terjadi adalah pada hardware, salah satunya pada RAM laptop.

Solusinya adalah dengan mengganti RAM yang baru. Namun sebelum itu, Anda bisa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

 

Adanya kerusakan pada memory video card

Blue screen karena kerusakan ini, ditandai dengan pesan PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA. Memory video card adalah kapasitas memori yang digunakan untuk kebutuhan grafik atau output monitor. Biasanya blue screen terjadi karena memory video card dipaksakan bekerja melebihi kapasitas yang diberikan.

Biasanya pesan ini dikarenakan setelah pemasangan perangkat keras yang salah, misalkan Anda menambah RAM dan ternyata tidak sesuai dengan merek laptop. Atau ada juga sebab karena RAM rusak, baik memory utama, Cache L2 RAM. Jika Anda menambah RAM atau perangkat keras, silakan copot terlebih dahulu dan coba nyalakan apakah masih terjadi error yang sama? Kemudian masukan lagi perangkat keras tersebut ke laptop Anda dan lihat apakah sudah normal? Jika Anda bingung, silakan hubungi support.

 

Adanya kesalahan pada Boot Drive

Penyebab blue screen pada laptop yang terakhir adalah kesalah pada Boot Drive. Blue screen yang terjadi ditandai dengan INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE. Biasanya hal ini disebabkan karena virus yang merusanya atau memang hardisk yang mengalami kerusakan. Sehingga file yang dibutuhkan untuk booting Windows mengalami masalah.

Solusinya adalah dengan memeriksa kondisi dari kabel IDE. Selain itu, Anda bisa membersihkan virus pada file boot windows. Jangan lupa untuk mengatur kembali jumper di hardisk Anda. Untuk update driver online Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi dan yang pernah saya gunakan adalah driver booster dan drivereasy. Menurut pengalman pribadi saya, setelah menupdate driver, sistem blue screen juga teratasi.

 

Solusi Terakhir Install Ulang Laptop

Ini adalah solusi terakhir, jika laptop kamu masih saja mengalami kerusakan blue screen. Install ualng laptop akan memberikan fresh pada laptop kamu dan semua sistem akan mulai dari awal. Sebelum install ulang, pastikan kamu backup semua data penting, karena jika tidak dibackup data yang kamu simpan akan hilang.

Saran saya lakukan install ulang di tempat service komputer karena mereka lebih berpengalaman dan jangan lupa untuk meminta backup data agar tidak lupa.

Tidak banyak yang bisa saya sampaikan, semoga dengan membaca artikel penyebab Blue screen pada laptop dan cara memperbaikinya diatas dapat memberikan Anda solusi sehingga laptop yang Anda gunakan tidak bermasalah lagi.

Add Comment