6 Penyebab Blue Screen Pada Windows dan Cara Mengatasinya

Penyebab Blue Screen Pada Windows dan Cara Mengatasinya – Komputer kini menjadi salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan. Berbagai keperluan sering mengandalkan komputer. Namun perangkat ini tidak akan berguna, jika terkena eror atau masalah seperti blue screen. Penyebab blue screen dapat dari dalam sistem maupun malware. Sebenarnya cara mengatasi blue screen tidak begitu sulit, hanya saja beberapa orang masih belum mengerti bagaimana mengatasi error tersebut. Masalah blue screen yang seringkali membuat kesal ini, dapat terjadi karena sebab tertentu. Penyebab inilah yang harus dihentikan sehingga komputer kembali normal. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

 

Blue Screen Pada Windows dan Cara Mengatasinya

Penyebab Blue Screen Pada Windows dan Cara Mengatasinya

Penyebab Blue Screen Pada Windows dan Cara Mengatasinya

 

1. Pengertian blue screen

Sebelum membahas masalah blue screen dan cara mengatasinya, ada baiknya Anda ketahui dulu apa sebenarnya blue screen itu. Sebenarnya istilah ini adalah untuk kondisi komputer yang bermasalah dan biasanya membuat tampilan monitor menjadi berwarna biru. Blue screen of death atau BSOD menjadi istilah yang digunakan saat komputer bermasalah. Blue screen of death atau yang blue screen ini cukup populer saat pemilik Windows yakni Bill Gates mempresentasikan Windows 98. Kesalahan sistem pada hardware atau software membuat komputer mengalami error dan muncul blue screen.

BACA:   Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

 

2. Blue screen karena sistem file yang bermasalah

Penyebab blue screen dapat terjadi karena adanya permasalahan pada sistem internal windows. Masalah tersebut dapat diatasi dengan cara restart komputer. Melakukan restart komputer sering menjadi solusi dari berbagai error atau masalah yang muncul pada pc windows. Untuk restart, Anda perlu tunggu booting pada komputer selesai. Apabila kerusakannya tidak parah, biasanya windows akan mengulang sistem hingga komputer bisa kembali digunakan. Namun untuk kondisi komputer yang rusaknya cukup parah, maka perlu penanganan lebih lanjut. Langkah untuk melakukan restart tidak sulit, pilih ikon power yang ada dan kemudian klik. Pilih restart yang berada di posisi paling bawah. Tunggu sampai komputer selesai melakukan restart dan Anda bisa kembali menggunakannya.

 

3. Blue screen karena update driver yang belum selesai

Update driver perlu dilakukan agar komputer bisa beroperasi dengan baik. Apabila update tidak selesai atau belum sesuai, komputer mudah mengalami layar biru. Cara mengatasinya adalah dengan menginstal atau update driver. Download driver paling terbaru dari windows. Langkah-langkah selanjutnya tidak jauh berbeda dengan cara melakukan restart komputer. Driver komputer Anda pun akan menjadi baru dan update. Cara yang paling ampuh lainnya untuk mengembalikan komputer error karena blue screen adalah instal windows. Menginstal ulang sistem windows yang digunakan pada komputer. Cara ini bisa dilakukan apabila restart atau restore tidak bisa mengembalikan komputer yang mengalami layar biru. Walaupun Anda harus siap kehilangan aplikasi atau data yang ada di komputer. Semua dibangun ulang dengan windows yang baru dipasang pada komputer.

BACA:   Perbedaan Antara SSD, SSHD, dan HDD Secara Singkat

 

4. Blue screen karena pc mengalami over heat

Penyebab blue screen yang satu ini mungkin sering disepelekan. PC atau komputer yang digunakan terus menerus dapat mengalami peningkatan suhu. Saat blue screen muncul, sebaiknya jangan paksa komputer untuk terus bekerja karena bisa saja memicu masalah yang lebih parah seperti komponen terbakar. Apabila komputer mengalami blue screen, lakukan restore atau restart. Tekan tombol power hingga diikuti suara mesin yang mati. Biarkan beberapa menit untuk mendinginkan komputer sebelum dinyalakan kembali. Permasalahan blue screen karena over heat ini sebenarnya bisa diatasi dengan pemasangan cooling pad atau kipas pendingin. Cooling pad dapat membantu menjaga suhu komputer atau laptop windows agar tetap stabil.

 

5. Blue screen karena hardware tidak cocok dengan driver

Dalam penggunaan komputer biasanya disertai dengan beberapa hardware tambahan yang dimasukkan melalui port USB atau tempat sambungan lain. Apabila hardware yang dipasang tidak sesuai dengan driver yang terpasang, maka sistem operasi akan mengenalinya sebagai error atau kesalahan. Cara mengatasinya adalah dengan melepas hardware tersebut, terutama yang tidak diperlukan. Apabila tidak kunjung normal berarti kerusakannya memang ada pada hardware, dan Anda harus membawa komputer ke tempat servis. Mungkin ada bagian-bagian dalam komputer yang harus diganti. Hard disk yang sudah tidak baik atau rusak dapat menyebabkan layar biru. Penggantian hard diskĀ  dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

BACA:   Penyebab Blue Screen Pada Laptop Dan Cara Memperbaikinya

 

6. Blue screen karena malware

Penyebab blue screen pada laptop yang selanjutnya adalah karena virus atau malware. Jika disebabkan karena malware, maka cara mengatasinya adalah dengan cara membersihkan malware tersebut. Langkah-langkahnya mudah melalui software scanning. Cara kerjanya adalah dengan melakukan scanning untuk komputer dan juga sistemnya atau yang biasa disebut full scanning. Scanning pada komputer memang sebaiknya dilakukan secara berkala. Komputer membutuhkan perlindungan dari bahaya malware yang mungkin menyebabkan blue screen.

Itulah beberapa penyebab blue screen dan cara mengatasinya. Jangan langsung panik saat terjadi blue screen. Jika penyebabnya ringan, Anda mungkin hanya perlu menyalakan ulang atau restart. Apabila tidak berhasil, Anda bisa membawa komputer ke tempat servis untuk memperbaiki masalah blue screen.

Add Comment