7+ Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot – Apakah laptop Anda sering mengalami crash? Perkembangan di teknologi memang kian berkembang dari tahun ke tahun bahkan dari masa ke masa. Perkembangan ini didukung oleh berbagai perubahan seperti kemunculan berbagai alat atau teknologi canggih yang kian bermunculan. Untuk salah satu bukti dari adanya perubahan yang bisa kalian dapatkan di zaman yang serba canggih ini adalah kehadiran sebuah laptop.

 

Banyaknya Pengguna Laptop Masa Kini

Kini sudah banyak orang yang mulai meninggalkan computer yang mereka miliki dengan berbagai alasan. Bahwa computer memiliki bobot yang cukup berat dibandingkan dengan laptop. Tentunya dengan bobot yang ringan ini siapa saja bisa memindahkan laptop yang mereka miliki dengan mudahnya. Bahkan siapa pun yang menggunakan laptop ini bisa dengan mudahnya untuk mencari banyak informasi karena bisa dibawa kapan saja dan juga di mana saja.

Selain itu, ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan oleh siapa pun khususnya yang menggunakan sebuah laptop. Namun, di balik kelebihan yang disediakan oleh laptop ini, terkadang ada juga beberapa kekurangan atau bahkan kendala yang seringkali dikeluhkan oleh banyak orang. Di mana sebuah kendala yang dialami ialah kendala berupa laptopnya yang lemot.

BACA:   Fungsi Keyboard pada Komputer

 

Mengetahaui 4 Penyebab Laptop Lemot Secara Umum

Penyebab Laptop Lemot

Penyebab Laptop Lemot

 

Ketika kita memiliki barang elektronik baik computer, laptop maupun smartphone, terkadang ada saja yang menyebabkannya lambat, terutama yang sedang kita bahas ini adalah laptop. Baiklah, sebelum kita membahas lebih dalam cara mengatasi laptop lemot, maka yang perlu kalian lakukan ialah mengenali penyebab dari laptop yang suka lemot tersebut. Beberapa hal yang bahkan bisa jadi penyebab laptop crash, hang dan lemot diantaranya sebagai berikut:

 

1. Memiliki Harddisk yang Sudah Lama

Apabila hardisk yang Anda miliki sudah berusia cukup lama, maka siapa pun pengguna laptop ini disarankan untuk mengganti harddisk mereka dengan yang baru. Sebab, harddisk juga memiliki batasan usia tertentu. Untuk usia harddisk yang bisa dibilang cukup tua ini akan berpengaruh terhadap sejumlah performa laptop secara keseluruhan.

 

2. Memiliki Harddisk yang Penuh

Selain usia harddisk yang sudah terbilang cukup lama, untuk ukuran harddisk yang penuh ini juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop yang lemot. Apabila harddisk yang Anda miliki sudah mencapai 95%, maka sudah dipastikan bahwa laptop yang Anda miliki akan mengalami loading yang lambat atau lemot.

 

3. Menjalankan Banyak Aplikasi

Menjalankan Banyak Aplikasi

Menjalankan Banyak Aplikasi

 

Terkadang laptop yang lemot juga disebabkan karena oleh penggunannya sendiri yang membuka begitu banyak aplikasi dalam 1 waktu secara bersamaan. Hal ini yang pastinya juga menjadi salah satu penyebab fatal yang membuat laptop yang kalian miliki ini menjadi lemot. Anda juga harus mengetahui berapa RAM yang dimiliki oleh lamptop Anda,  karena RAM ini sangat berpengaruh dalam pengelolaan data. Jika RAM laptop Anda kecil, maka jangan membuka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan, terutama browser dan aplikasi editing. RAM disini adalah Memory yang membantu mengelola data, semakin besar RAM/ Memory yang laptop Anda miliki, maka akan semakin cepat juga.

BACA:   Perbedaan Snapdragon dan Mediatek Untuk Game Mana yang Bagus?

 

Cara untuk Mengatasi Laptop Lemot

Setelah kita mengetahui apa saja yang menjadi penyebab laptop lemot, maka selanjutnya kita akan membahas tentang cara mengatasi laptop lemot. Apakah Anda penasaran? Silakan simak dan praktekan tips berikut ini!

 

Unistall Aplikasi yang Tidak Penting

Mulailah untuk uninstall aplikasi yang dikira kurang penting atau jarang digunakan. Aplikasi ini sangat mempengaruhi laptop Anda yang suka lemot. Solusinya adalah gunakan aplikasi atau software portable yang lebih ringan. Sekarang ini kita sudah terkoneksi dengan internet, jadi ketika butuh saja baru mendowload dan menginstall aplikasi berat.

 

Menggunakan Anti Virus

Selain itu, tersedianya virus yang ada dalam sebuah perangkat elektronik ini juga bisa menjadi salah satu penyebab yang membuat laptop yang dimiliki menjadi cukup lemot atau bahkan lambat. Jadi, untuk memberikan keamanan ketika Anda menggunakan sebuah laptop, maka usahakan juga agar Anda menginstall sebuah aplikasi anti virus.

 

Membersihkan Desktop

Ketika Anda meletakkan begitu banyak aplikasi pada bagian desktop juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop yang akan menjadi lemot. Bahkan ketika laptop akan digunakan untuk merespon sebuah perintah, usahakan untuk tidak banyak aplikasi yang berjalan atau aplikasi yang akan digunakan nantinya.

 

Membersihkan Cache History Chrome dan Aktifitas Anda Selama Menggunakan Laptop

Membersihkan Cache History Chrome

Membersihkan Cache History Chrome

 

BACA:   Pengertian Hardware, Jenis, dan Fungsinya

Jika Anda menggunakan browser Google Chrome, maka jangan heran laptop bisa lemot dan not responding. Google Chrome, mengkonsumsi banyak memory dan itu dapat menyebabkan laptop bisa lambat. Oleh sebab itu cara mengatasi laptop yang suka not responding atau lemot dapat membersihkan cache history pada browser. Anda juga dapat menggunakan Ccleaner sebagai opsi untuk membersihkan semua history pada laptop Anda.

 

Menambah Kapasitas RAM

Cara terakhir yang nantinya bisa kalian lakukan untuk menghindari laptop yang lemot adalah menambah kapasitas RAM yang ada pada laptop yang dimiliki. Akan tetapi, kalian wajib mengingat bahwa penambahan kapasitas RAM ini juga harus sesuai dengan laptop yang Anda miliki dan juga batas kemampuan dari laptop yang kalian punya.

Itulah sebagian tips yang nantinya bisa kalian lakukan khususnya tentang bagaimana cara mengatasi laptop lemot. Masih ada banyak cara lain yang nantinya bisa kalian lakukan agar terhindar dari laptop lemot yang akan digunakan seperti menentukan laptop dengan merek yang terbaik. Perawatan yang kalian lakukan juga ikut menjadi salah satu hal penting untuk menjaga agar laptop yang Anda miliki ini tidak berjalan lambat atau lemot.

Add Comment