5 Perbedaan Photoshop CC dan CS yang Anda Harus Tahu

Perbedaan Photoshop CC dan CS – Bagi Anda yang sudah lama terjun di dunia desain grafis pasti tau donk yang bernama Photoshop? Photoshop ini biasa digunakan untuk keperluan desain dan edit foto. Photoshop Bisa dibilang sebagai salah satu software yang wajib ada di komputer para desainer grafis. Orang-orang awam mungkin hanya tahu program ini dengan nama Photoshop, tapi nyatanya Photoshop ini bisa dibedakan lagi menjadi dua versi yaitu CC dan CS. Nah apa sih perbedaan antara photoshop CC dan CS? Mari kita bahas lebih jauh.

 

Inilah 5 Perbedaan Adobe Photoshop CC dan CS

Photoshop terdiri dari versi CC dan CS. CC sendiri adalah singkatan dari Creative Cloud sedangkan CS adalah kependekan dari Creative Suite. Tapi apakah yang membedakan keduanya? Jadi ada perbedaan Photoshop CC dan CS di beberapa sisi, diantaranya:

Perbedaan Photoshop CC dan CS

Perbedaan Photoshop CC dan CS

 

1. Lisensi

Perbedaan dari Photoshop CC dan CS yang pertama adalah dari lisensinya. Anda akan melihat adanya perbedaan lisensi antara keduanya ketika Anda membeli software ini secara resmi. Jadi perbedaan lisensi antara CS dan CC ini adalah Photoshop versi CS memberikan lisensi seumur hidup (Lifetime). Lisensi seumur hidup ini berarti Anda hanya perlu membeli lisensinya satu kali dan akan berlaku selamanya tanpa ada batasan waktu. Selain itu sekali Anda membeli lisensi dari Photoshop CS ini bahkan Anda bisa menggunakannya pada dua komputer bersamaan.

BACA:   Mengetahui Ukuran foto 2r dalam cm, mm, inch dan pixel Sesuai Standar

Sementara itu untuk Photoshop CC Anda akan mendapatkan lisensi dengan batasan waktu ketika membelinya. Berapa lama batas waktu lisensi yang diberikan ini tergantung pada jenis program yang dibeli, apakah versi pendidikan, desain atau bisnis. Ketika lisensi sudah melebihi batas waktu tadi maka Anda harus melakukan perpanjangan kembali atau bisa juga disebut repurchase.Re-purchase ini memerlukan pembayaran sejumlah tertentu.

 

2. Fitur yang ada

Masing-masing versi Photoshop ini dilengkapi dengan banyak fitur untuk mendukung kegiatan editing Anda. Tapi fitur yang melekat di kedua program ini tidaklah sama. Kedua program ini sama-sama memiliki fungsi utama untuk melakukan editing photo akan tetapi kelengkapan fitur antar keduanya tidak sama. Photoshop CC dilengkapi dengan fitur yang lebih banyak dan lengkap dibandingkan dengan Photoshop versi CS.

Fitur-fitur pada versi CC bisa ditemukan di panel editing yang ada di bagian shape. Ada beberapa fitur di versi CC yang tidak ada pada versi CS.

 

3. Penyimpanan data

Ada pula perbedaan yang cukup mendasar pada penyimpanan data antara Photoshop CC dan CS. Penyimpanan data-data pada Photoshop CS dilakukan pada harddisk. Semua data-data yang dibuat dengan program CS ini akan tersimpan di dalam memori internal komputer ada laptop yang digunakan sehingga keberadaan data sangat bergantung pada kondisi memori internal itu sendiri.

BACA:   5 Situs Untuk Desain Poster Online Gratis dan Berbayar

Sementara itu pada versi CC penyimpanan data dilakukan dengan sistem cloud yang sangat bergantung pada keberadaan jaringan internet. Data-data pada Photoshop versi CC ini akan tersimpan di udara sehingga dapat diakses dengan mudah dari mana saja bahkan bukan dari satu komputer saja. Anda bisa memberikan akses data kepada siapa saja yang dikehendaki. Ruang penyimpanan data dengan sistem cloud ini pun cukup besar yaitu mencapai 20 GB sehingga bisa menampung cukup banyak file-file hasil editing Anda.

 

4. Pemasangan atau Instalasi

Pemasangan kedua program ini juga sedikit berbeda. Pada photoshop CS pemasangan dilakukan pada harddisk. Instalasi program pada harddisk ini sudah lazim dilakukan seperti yang biasa Anda lakukan pada program-program komputer lainnya. Oleh karena sistemnya yang dipasang pada harddisk maka spesifikasi dari komputer yang digunakan harus bisa memenuhi untuk dapat menjalankan program CS ini.

Berbeda dengan instalasi CS yang masih bergantung pada komputer, instalasi program Photoshop CC ini tidak bergantung pada komputer yang Anda pergunakan. Setelah memiliki lisensi dari program ini Anda bisa langsung masuk ke website Adobe Creative Cloud dan langsung menggunakan program ini secara online. Anda juga bisa mengatur dan membatasi orang-orang yang dapat mengakses program ini lengkap dengan data yang ada di dalamnya.

 

5. Harga yang harus dibayarkan

Ketika membeli lisensi program ini tentu Anda diharuskan membayar sejumlah tertentu sesuai dengan kriteria program yang Anda inginkan. Pada Photoshop CS Anda mesti membayar dengan nominal yang lebih besar yakni mencapai jutaan rupiah. Meskipun harga lisensinya mahal Anda dapat menggunakan program ini seumur hidup tanpa batasan. Jadi sekali bayar untuk selamanya. Sementara pada Photoshop CC harga yang harus dibayarkan lebih murah namun harus di re-purchase setiap beberapa waktu sekali.

BACA:   Ukuran Kertas Seri A yang Sering Digunakan

Jadi itulah 5 perbedaan Photoshop CC dan CS. Keduanya sama-sama memiliki fungsi yang penting di dunia editing foto. Apapun program yang dipilih usahakan memang sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga harga yang dikeluarkan sebanding dengan fitur yang didapatkan.

Add Comment