Perbedaan Antara Mhz dan Ghz Secara Lengkap

Sebelum kita menuju pada pengertian dan juga perbedaan antara Mhz dan Ghz ada baiknya kita mengerti kepanjangan dari Mhz dan Ghz, hz adalah singkatan dari Hertz jadi kalau Mhz adalah Megaherts dan Ghz adalah Gigahertz. Hertz sendiri adalah sebuah istilah yang sering digunakan dalam komunikasi nirkabel yang biasanya mengacu pada jumlah dari siklus per detik.

Biasanya hertz ini juga dikenal dengan frekuensi, di zaman modern dan canggih seperti sekarang ini semua teknologi komunikasi dan komputasi pasti berkaitan dengan Mhz maupun Ghz sebagai patokan kecepatan, pemrosesan dan transmisi sebuah jaringan komputer dan juga alat telekomunikasi lainnya.

 

Pengertian Dan Perbedaan Antara Mhz dan Ghz

Pengertian Dan Perbedaan Antara Mhz dan Ghz

Pengertian Dan Perbedaan Antara Mhz dan Ghz

 

Pengertian Mhz

Mhz adalah kepanjangan dari Megahertz, untuk arti dari Mega sendiri adalah satu juta jadi bisa dikatakan bahwa Mhz adalah satu juta hertz atau siklus per detik. Mhz ini biasanya di aplikasikan pada getaran-getaran yang bersifat fisik. Mhz juga dapat menunjukkan ukuran kecepatan pada CPU yang nantinya akan berpacu pada jumlah instruksi yang sedang di proses dan juga data yang akan dihitung. Nah jumlah instruksi yang sedang di proses ini diukur menggunakan kecepatan yang disebut clock maka pada komputer Mhz mengacu pada kecepatan dari clock itu sendiri di area komputer.

 

Pengertian Ghz

Ghz adalah kepanjangan dari gigahertz, nah Giga itu sendiri menjelaskan 10^ 9 atau lebih mudahnya satu miliar yang ada dalam sistem pengukuran SI. Jadi satu bisa dikatakan sebagai satu miliar hertz per detik. Maka dari itu Ghz bisa dikategorikan sebagai satuan frekuensi. Ghz sendiri biasanya digunakan untuk menghitung frekuensi pada suara, radio dan juga prosesor pada komputer yang mempunyai frekuensi lebih tinggi.

Pada sistem komputer Ghz ini mengacu pada penghitungan clock yang berada di pusat unti pemrosesan. Jadi jika semakin cepat clock CPU yang digunakan maka semakin cepat juga instruksi dan data yang diolah. Nah kecepatan komputer saat ini telah bertambah dari yang dulu 1 Ghz bertambah menjadi 4 Ghz.

Ghz juga tidak hanya digunakan pada komputer tapi juga bisa digunakan pada radio yang dapat berfungsi untuk menentukan perbedaan pita spektrum elektromagnetik.

Itulah pengertian dari Mhz dan Ghz jadi sekarang Anda bisa mengetahui apa itu pengertian Ghz dan Mhz maka sesuai topik kita yaitu pengertian dan juga perbedaan antara Mhz dan Ghz maka selanjutnya kita akan membahas tentang perbedaan dari Mhz dan Ghz.

Perbedaan Mhz dan Ghz

  1. Jika 1 Mhz adalah satu juta hertz dan 1 Ghz adalah satu miliar hertz maka bisa kita lihat bahwa perbedaanya adalah dari segi jumlah Ghz lebih besar daripada Mhz.
  2. Perbedaan yang ke dua adalah dari segi kegunaannya kalau Mhz kegunaannya hanya akan terbatas pada studi dalam bidang getaran – getaran yang bersifat fisik saja dan juga dalam penghitungan kecepatan clock pada CPU. Tapi jika Ghz kegunaannya lebih luas yaitu untuk mempelajari dalam bidang spektrum elektromagnetik dan juga dapat digunakan untuk transmisi komputer dan radio.

Nah itulah perbedaan secara garis besar dari Mhz dan Ghz jadi karena sekarang kita sudah mengerti secara garis besar pengertian dan juga perbedaan maka sekarang saya akan memberikan sedikit ringkasan dari apa yang sudah kita bahas di atas.

Kesimpulan Dari Perbedaan Antara Mhz dan Ghz

  1. Sebab kemunculan dari Mhz dan Ghz ini pastinya tidak akan terlepas dari kemajuan dan juga pengembangan dari  teknologi semikonduktor
  2. Hertz adalah satuan yang biasa digunakan untuk menunjukkan siklus per detiknya. Atau lebih gampangnya hertz adalah jumlah getaran per detik dari suatu getaran.
  3. Perangkat yang mempunyai atau berada dalam suatu gelombang yang berada dalam kisaran Ghz biasanya akan saling mengganggu satu sama lain, misalnya seperti adanya gelombang mikro yang berada dalam satu gelombang bisa mengganggu sistem kerja pada router wi-fi jika keduanya dalam satu area.
  4. Biasanya untuk mengukur kecepatan dari sebuah bus dan juga interface yang selain mikroprosesor biasanya akan menggunakan Mhz untuk mengukurnya.
  5. Jika menggunakannya untuk sebuah proses maka semakin besar hertz yang digunakan maka akan semakin cepat prosesor tersebut tapi tentu saja masih ditambah juga dengan penunjang yang lainnya untuk bisa mendapatkan sebuah hasil yang maksimal.

Nah itualah pemaparan secara singkat tentang pengertian dan juga perbedaan antara Mhz dan Ghz, pastinya bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia teknologi akan lebih mengerti tentang apa itu Mhz dan Ghz tapi untuk Anda yang masih awam dan belum terlalu mengenal tentang dunia seperti ini maka semoga dengan penjelasan dan sedikit ringkasan di atas dapat menambah pengetahuan Anda seputar Mhz dan Ghz. Semoga bermanfaat.

Add Comment