Perbedaan Jaringan CDMA dan GSM Pada Kartu Perdana (LENGKAP)

Saat ini ada 2 jenis jaringan yang dapat digunakan pada perangkat telepon seluler yaitu jaringan GSM dan CDMA. Keduanya adalah 2 jenis teknologi yang berbeda dan digunakan untuk mendukung fungsi perangkat telepon seluler sebagai alat untuk komunikasi.

Bagi masyarakat awam, perbedaan jaringan CDMA dan GSM biasanya belum begitu dipahami. Dan kebanyakan mungkin bingung apa saja perbedaan antara jaringan CDMA dan GSAM apa kelebihan dari masing-masing jaringan tersebut? Untuk itu, berikut ini adalah ulasan secara rinci perbedaan antara GSM dan CDMA secara lengkap dan terperinci.

 

Perbedaan Jaringan CDMA dan GSM Pada Kartu Perdana

 

Teknologi yang digunakan Pada Jaringan CDMA dan GSM

GSM (Global System for Mobile Communication) merupakan teknologi komunikasi yang menggunakan gelombang mikro pada proses pengiriman sinyal. Umumnya sinyal yang dikirimkan ke receiver dari sender pada teknologi GSM dibagi berdasarkan waktu.

Jaringan GSM adalah standar global pada komunikasi seluler dan menjadi teknologi jaringan terbanyak yang digunakan di dunia. Sejumlah provider di Indonesia yang menggunakan teknologi GSM di antaranya adalah Indosat, Telkomsel, Three, XL, dan Axis

Sementara itu CDMA (Code Division Multiple Access) merupakan teknologi komunikasi digital yang menggunakan kode-kode tertentu yang dapat digunakan untuk akses channel yang sudah ada di dalam sistem secara teknis. Awalnya teknologi CDMA hanya digunakan untuk sistem komunikasi radio militer AS.

Namun teknologi digital ini kemudian dipatenkan oleh Qualcomm sehingga dapat menjadi standar seluler digital hingga saat ini di AS. Di Indonesia juga sudah terdapat beberapa provider yang menggunakan jaringan CDMA seperti Smartfren, Flexi, dan CDMA

Perbedaan Jaringan CDMA dan GSM Pada Kartu Perdana

Perbedaan Jaringan CDMA dan GSM Pada Kartu Perdana

 

 

Luas Cakupan BTS Antara Jaringan CDMA dan GSM

BTS (Base Transreceiver Station) merupakan infrastruktur yang menyediakan komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dengan jaringan milik operator. BTS biasanya dikenal oleh masyarakat awam sebagai tower sinyal. Padahal sebenarnya sebutan ini kurang tepat jika dilihat dari aspek teknis. Luas Perbedaan jaringan CDMA dan GSM selanjutnya dapat dilihat dari luas cakupan BTS. Teknologi GSM memiliki luas cakupan BTS yang lebih dominan daripada teknologi CDMA. Alasan utama luas cakupan BTS GSM lebih mendominasi adalah karena popularitas penggunaaan GSM yang lebih tinggi.

 

Kemampuan Roaming Pada Jaringan CDMA dan GSM

Roaming merupakan istilah yang menyatakan perbedaan wilayah antara pihak penyedia layanan asal dengan penyedia layanan yang dihubungi. Contohnya ketika Anda berada di Jakarta dan ingin menghubungi kerabat di Papua, Anda secara langsung sudah menggunakan layanan roaming.

Dengan teknis tersebut, dapat dilihat dengan jelas bahwa GSM mempunyai kemampuan roaming yang dapat digunakan untuk menghubungi para pengguna lain di berbagai daerah. Sementara itu CDMA tidak memiliki kemampuan roaming. Jika ingin menggunakan layanan roaming, pengguna CDMA akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan ketentuan provider

 

Jumlah Pengguna Kartu CDMA dan GSM

Saat ini pengguna GSM jauh lebih banyak dibandingkan pengguna CDMA. Jumlah pengguna GSM di Indonesia sendiri jika ditotal sudah mencapai 250 juta orang sedangkan pengguna CDMA berkisar hanya 32 juta orang. Dan semakin hari jumlah penggua pasti akan selalu meningkat.

 

Tingkat Keamanan

Walaupun CDMA kalah dari segi popularitas dan jumlah, CDMA ternyata memiliki keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan GSM. Hal ini karena sistem kerja GSM hanya mengandalkan timeslot sedangkan CDMA menggunakan kode-kode unik untuk mengirim setiap data. Dengan keamanan CDMA yang lebih baik dan sulit untuk dibobol, beberapa pengguna komunikasi yang memerlukan keamanan tinggi seperti telepon pribadi, transaksi keuangan, dan militer biasanya memilih menggunakan teknologi CDMA daripada GSM.

 

Biaya Investasi Antara CDMA dan GSM

Biaya investasi untuk implementasi teknologi CDMA tidak memerlukan perangkat yang serumit GSM. Jadi biaya investasi yang diperlukan untuk menggunakan teknologi CDMA lebih murah daripada investasi untuk teknologi GSM. Karena hal ini pula ketika Anda melakukan komunikasi dengan CDMA biaya atau pulsa yang dikeluarkan lebih sedikit daripada saat berkomunikasi dengan kartu GSM.

 

Harga Perangkat & Layanan Sistem dari Kartu CDMA dan GSM

Perangkat ponsel GSM ditawarkan dengan harga yang lebih mahal daripada ponsel CDMA. Harga ponsel CDMA yang lebih murah ini salah satunya adalah karena dipengaruhi oleh biaya investasi keduanya. Selain harga perangkat ponsel, biaya langganan dan biaya lainnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan jaringan CDMA juga akan lebih murah daripada GSM

Demikian beberapa perbedaan jaringan CDMA dan GSM dilihat dari beberapa aspek. Dengan mengetahui perbedaan-perbedaan tersebut, kini Anda dapat memahami masing-masing jaringan tersebut.  Walaupun kedua jenis jaringan seluler tersebut mempunyai banyak perbedaan, tetapi keduanya ternyata mempunyai fungsi sama.

Baik jaringan GSM maupun CDMA sama-sama mampu melakukan akses data, suara, dan teks. Ini berarti para pengguna yang ingin melakukan akses internet juga dapat menggunakan jaringan seluler CDMA maupun GSM karena keduanya memang sudah sama-sama mendukung

Dengan mengetahui beberapa hal di atas, para pengguna tentu dapat lebih bijak dalam memilih perangkat dengan jaringan seluler yang sesuai dengan kebutuhan. Apalagi setiap jenis jaringan tersebut juga memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tetapi untuk di Indonesia sendiri tidak dapat dipungkiri bahwa jaringan GSM menjadi jaringan yang merajai hampir di seluruh wilayah tanah air.

Add Comment