Perbedaan Kualitas Video MP4, AVI, MKV, FLV, MPEG

Jika Anda cermat, format video ini ada berbagai macam. Format yang sering ditemukan adalah .MPEG, .MP4, .AVI, .MKV, .FLV, dan lain sebagainya.  Tentu banyak yang bertanya-tanya mengapa format video tersebut sangat banyak dan mengapa tidak menggunakan satu format saja selamanya.

Dari beberapa format tersebut sebenarnya masih banyak lagi format video lainnya namun format tersebut sudah punah dan tidak banyak digunakan. Selain itu format tersebut juga tidak bisa compatible dengan perangkat yang ada saat ini. Sebagai contohnya adalah .MOV yang sudah tidak bisa diputar di beberapa perangkat. Agar tidak menjadi penasaran, simak beberapa perbedaan kualitas video MP4, AVI, MKV, FLV, MPEG berikut ini:

 

Perbedaan Kualitas Video MP4, AVI, MKV, FLV, MPEG Paling Menonjol

Perbedaan Kualitas Video MP4, AVI, MKV, FLV, MPEG

Perbedaan Kualitas Video MP4, AVI, MKV, FLV, MPEG

 

MP4

perbedaan kualitas video MP4, AVI, MKV, FLV, MPEG ini sangat penting untuk diketahui. Format pertama yang penting untuk diketahui adalah MP4 dimana format ini masih sering dijumpai sampai saat ini. Bagi Anda yang hobi melakukan download file video dari YouTube pasti tahu bahwa kebanyakan format videonya adalah MP4.

Format ini mulai digunakan sejak YouTube tidak menggunakan format FLV lagi. Hal itu dikarenakan code yang digunakan berganti dari flash kemudian mengaplikasikan bahasa pemrograman HTML5.

Kualitas dari MP4 sebenarnya tidak perlu diragukan lagi karena bisa digunakan untuk berbagai macam media player pendukung seperti VLC, Windows Media Player, Real Player, dan untuk ukuran film bisa sekitar 2 jam dengan resolusi tinggi dan kualitas video yang bagus. Kelemahannya file video ini akan sangat besar sehingga waktu download jadi lama dan pemutaran video tidak bisa cepat.

 

AVI

Kualitas video ini sangat tergantung dengan ukuran file tersebut dan kelebihannya adalah bisa digunakan hampir semua media player. Bahkan AVI ini juga di gadang sebagai format video terbaik dan ukurannya tidak sebesar dengan MP4.   Untuk ukuran film 2 jam dengan kualitas tinggi filenya 1.5GB dan kualitas normal 700MB.

 

MKV

Bagi pemburu video via torrent tentu sudah tidak asing dengan format yang satu ini. Matroska Video atau disebut dengan MKV ini sangat populer karena sangat fleksibel dalam menyimpan berbagai macam format video, audio, gambar, sampai dengan subtitle dalam format video yang sama.

MKV pun sifatnya open source sehingga bisa memungkinkan untuk memodifikasi format maupun konten video sesuai dengan kebutuhan. Kualitas dari MKV ini pun cukup memukau dimana memiliki kualitas gambar yang jernih dan juga kecepatan render yang tinggi ketika digunakan untuk memutar video dengan playback yang ukurannya lebih besar dengan cepat.

 

FLV

FLV merupakan singkatan dari video Flash yang mana sering digunakan di beberapa situs-situs video streaming. Ukuran yang kecil membuat format ini cocok digunakan sebagai format video streaming karena tidak akan menghabiskan kuota internet. Meski begitu kualitas video dari FLV ini tidak sebagus MP4.

Jika Anda memilih menyimpan atau mendownload dengan video ini Anda harus siap dengan gambar di video yang pecah terutama jika dibentangkan dengan layar maksimal. Untuk film dengan durasi 2 jam ukuran filenya hanya 200MB saja.

 

MPEG

Format video ini sering diketemukan dalam VCD hingga DVD bluray dan masih tetap banyak digunakan sampai saat ini meski ketenarannya mulai tenggelam ketika muncul situs-situs video streaming seperti VEVO, YouTube, Crunchyrolls, dan lain sebagainya.

Soal kualitas sebenarnya tidak perlu diragukan lagi karena mendukung video bluray maka MPEG bisa memutar video dengan kualitas yang bagus. Selain itu kualitas gambarnya lebih bagus jika dibandingkan dengan AVI maupun MOV.

Setiap format video memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga penting sekali bagi Anda untuk mendownload video sesuai dengan kebutuhan. Semoga dengan membaca perbedaan kualitas video MP4, AVI, MKV, FLV, MPEG di atas Anda jadi tahu format video seperti apa yang Anda inginkan dan butuhkan.

Add Comment