Perbedaan Linux dan Windows Mana yang Bagus Untuk OS Komputer

Apa perbedaan antara linux dan windows? dan mana jenis OS yang bagus Linux atau Windows? Windows dan Linux merupakan sistem operasi atau OS yang paling populer. Windows sendiri pertama kali dirilis pada tahun 1985 sebagai bagian dari DOS atau disk operating system. Perbedaan linux dan windows dilihat dari sejarahnya adalah Linux yang baru muncul untuk keperluan umum sekitar tahun 1991. Namun masing-masing OS ini menorehkan prestasi terbesar mereka dengan keunggulannya. Seperti windows yang dikenal sebagai OS paling mudah dimengerti atau user friendly dan sangat fleksibel untuk dioperasikan di berbagai jenis perangkat komputer. Sementara Linux dikenal dengan pencapaiannya sebagai OS dengan keamanan dan stabilitas yang lebih baik dari windows. Namun masing banyak perbedaan yang menjadi keunggulan dari masing-masing OS ini.

 

Apa Perbedaan Antara Operating System Linux dan Windows

Perbedaan Linux dan Windows Mana yang Bagus Untuk OS Komputer – Image via hackr.io

 

 

1. Aplikasi multimedia

Linux dan windows sama-sama menyediakan aplikasi multimedia, gaming, dan produktivitas yang sangat kaya. Perbedaannya adalah OS linux memiliki aplikasi multimedia yang sebagian besar dapat digunakan secara gratis. Sedangkan aplikasi pada windows seringkali harus dibeli, walaupun versi free tersedia. Selain itu, aplikasi pada salinan windows dari CD-ROM tidak bisa didapatkan selain yang aplikasi dari Microsoft. Untuk komputer baru yang menginstal windows hanya mendapatkan aplikasi yang memang sudah ditentukan oleh setiap merek PC melalui kerjasamanya dengan Microsoft. Berbeda dengan linux, bentuk salinan CD-ROM dari OS ini biasanya memiliki banyak software gratis.  Namun distribusi Linux dihadirkan dalam beberapa versi, untuk versi yang paling mahal memiliki lebih banyak perangkat lunak dibandingkan versi yang murah.

BACA:   Pengertian Operating System Lengkap dengan Sejarah dan Macamnya

 

2. Masalah dari Linux dan Windows

Perbedaan linux dan windows juga bisa dilihat dari ancaman atau masalah yang bisa muncul pada OS tersebut. Windows memang awalnya dirancang untuk memudahkan user menggunakan PC tanpa koneksi jaringan maupun fitur keamanan.  Microsoft selaku pemilik windows ini kemudian merilis patch keamanan yang biasanya bisa diperoleh melalui layanan pembaruan. Windows merupakan operating system yang paling banyak digunakan. OS ini juga yang sering menjadi target spammer atau pembobolan oleh hacker.

Masalah yang sering dialami pengguna windows adalah blue screen atau layar biru. Error berupa layar biru ini sering membuat kesal karena pengguna bisa kehilangan data penting yang tersimpan di PC. Permasalahan blue screen ini tidak ditemui pada komputer berbasis linux. Komputer dengan OS Linux jarang sekali memerlukan restart seperti yang ada pada windows. OS linux dikembangkan oleh orang-orang atau pengembang dari berbagai negara. Hal tersebut membuat linux lebih stabil dan aman dibanding windows. Apabila ada permasalahan yang muncul di OS Linux, maka bisa diatasi dengan cepat bahkan hanya dalam beberapa jam. Linux menggunakan desain UNIX untuk OS multi user sehingga lebih aman dari windows yang dirancang untuk pengguna tunggal.

 

3. Perbedaan biaya

Windows merupakan OS pengguna tunggal, sehingga setiap merek atau perusahaan PC harus membeli salinan lisensi windows untuk bisa menggunakannya pada perangkat komputer mereka. Hal tersebut membuat windows jauh lebih mahal, walaupun untuk beberapa negara diizinkan menggunakan lisensi secara gratis dari Microsoft. Umumnya lisensi gratis ini adalah untuk negara-negara berkembang atau negara yang kondisi pemerintahannya penuh tekanan. Aturan lisensi ini cukup berbeda dengan OS Linux. Penggunaan operating system Linux hanya membutuhkan satu salinan dan selanjutnya dapat didistribusikan secara bebas.

BACA:   3 Cara Mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing

 

4. Minat Pasar

Kebanyakan pengguna OS windows adalah pc rumahan atau untuk keperluan biasa. Sedangkan Linux lebih menarik bagi pengguna serius seperti aplikasi server atau perusahaan server. Pengguna windows di dunia jauh lebih banyak dibandingkan pengguna Linux. Perbedaan linux dan windows dari jumlah pengguna yang selisihnya begitu besar adalah karena GUI dari Linux yang dirasa terlalu sulit untuk orang biasa. Windows hadi lebih awal sehingga memiliki popularitas yang lebih banyak di pasar pc, walaupun sekarang beberapa perusahaan pc sudah mulai menggunakan Linux sebagai OS terinstal. Hal tersebut dilakukan untuk memotong biaya sistem pada produk pc mereka.

 

5. Tampilan

Perbedaan linux dan windows selanjutnya adalah pada tampilan masing-masing OS ini. Tampilan OS windows bisa dikatakan lebih bervariasi dan pengguna juga dapat mengubah tampilan tersebut sesuka hati. Berbeda dengan OS Linux yang terkesan lebih monoton.

 

6. Dukungan hardware

Linux dan Windows memiliki perbedaan dari segi dukungan hardware. Untuk Linux yang memiliki pengguna cukup sedikit bisa dikatakan masing kurang mendukung pada banyak hardware. Hal tersebut disebabkan karena banyak produsen hardware yang memang hanya berfokus pada windows. Walaupun demikian, sekarang sudah mulai banyak hardware yang support pada komputer dengan OS Linux. Hal ini sangat berbeda dengan Windows yang memang penggunanya paling banyak. Banyak produsen hardware yang mendukung OS windows.

BACA:   5 Browser Linux Terbaik, Ringan Dan Super Cepat

Itulah beberapa perbedaan linux dan windows sebagai operating system pada perangkat komputer. Setiap sistem operasi ini tentu memiliki keunggulan masing-masing yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Add Comment