Perbedaan Sistem Operasi Windows 32 bit dan 64 bit

Perbedaan sistem operasi Windows 32 bit dan 64 bit – Windows menjadi salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh masyarakat dikarenakan mudah dalam pengoperasiannya. Sayangnya sistem operasi ini memiliki kelemahan yaitu sistem keamanannya tidak kuat berbeda dengan Linux. Bagi yang sering melakukan instal ulang atau sering gonta-ganti sistem operasi mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya sistem 32 bit dan 64 bit. Mengetahui sistem operasi ini penting dikarenakan saat melakukan penginstalan aplikasi Anda harus melihat apakah support dengan 32 atau 64 bit dan masih ada banyak lagi alasan-alasan lainnya.

 

Pengertian 32 bit dan 64 bit

Sebelum tahu perbedaan sistem operasi Windows 32 bit dan 64 bit ini ada baiknya jika Anda tahu pengertian 32 bit atau 64 bit terlebih dahulu. Bit merupakan satuan data sedangkan komputer 32 bit adalah yang bisa memproses 232 data dalam satu waktu, sedangkan yang 64 bit ini merupakan komputer yang bisa melakukan pemrosesan 264 data di dalam satu waktu. Bisa dikatakan bahwa 64 bit ini jauh lebih hebat jika dibandingkan dengan yang 32 bit.

Perkembangan satuan bit pada komputer sendiri mulai dari 4 bit, 8 bit, dan kemudian 32 bit. Sejak akhir 2008 komputer yang digunakan secara personal ini tipenya sudah 64 bit dan semakin meningkat. Istilah 32 bit ini sering ditulis dengan x86 dan yang 64 bit ditulis dengan x64.

Perbedaan Sistem Operasi Windows 32 bit dan 64 bit

Perbedaan Sistem Operasi Windows 32 bit dan 64 bit

 

Perbedaan Sistem Operasi Windows 32 bit dan 64 bit

Ada beberapa perbedaan sistem operasi Windows 32 bit dan 64 bit ini. Perbedaan yang pertama adalah jumlah RAM yang bisa digunakan. Setiap basis sistem ini memiliki batasan yang berbeda. Untuk Windows dengan basis 32 bit batasan RAM lebih kecil dibandingkan dengan 64 bit. Windows 32 bit batas maksimal penggunaan RAM kurang dari 4GB atau maksimal 3,2GB dan akan bekerja maksimal jika penggunaannya hanya 1GB atau 2GB saja, lebih dari itu akan menyebabkan performanya menjadi menurun bahkan lemot.

Untuk 64 bit bisa membaca lebih dari 4GB RAM dan jika 32 bit dipasangkan dengan RAM sebesar 4GB maka yang akan terbaca hanya 3GB saja penyebabnya adalah arsitektur prosesor 32 bit dan 64 bit yang berbeda.

Kedua adalah performa. Jika dilihat dari teknologi prosessornya 64 bit ini lebih baru dibandingkan dengan yang 32 bit oleh sebab itu yang 32 bit ini kemampuan prosessornya di bawah 64 bit. Kombinasi Windows dan prosesor 32 bit hanya cocok untuk pekerjaan ringan dan membuka aplikasi yang terlalu berat. Bagi yang memiliki pekerjaan berat seperti desain grafis maupun desain yang lainnya, video editing dan lain sebagainya sistem operasi 64 bit ini lebih cocok digunakan dibandingkan dengan yang 32 bit.

Selanjutnya adalah perbedaan dalam segi kemampuan pemrosesan data. Perbedaan arsitektur prosesor 32 bit dan 64 bit ini tentu berpengaruh terhadap performa komputer itu sendiri. Angka 32 bit dan 64 bit mewakili jumlah data yang bisa diproses dalam satu kali putaran sehingga 64 bit ini akan bisa memproses data lebih cepat dan juga maksimal.

Yang terakhir adalah kompatibilitas software yang bisa diinstal dan digunakan. Windows 32 bit tidak akan bisa menjalankan software 64 bit sedangkan 64 bit ini lebih leluasa karena bisa menjalankan software 32 bit maupun 64 bit.

Dengan membaca pengertian dan perbedaan sistem operasi Windows 32 bit dan 64 bit yang ada di atas bisa disimpulkan bahwa 64 bit ini lebih unggul dibandingkan dengan 32 bit, namun jika Anda menginstal Windows 32 bit maupun 64 bit sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi laptop maupun perangkat yang akan dilakukan penginstalan dimana PC lawas tidak bisa diinstal dengan Windows 64 bit ini.

Add Comment