Perbedaan Snapdragon dan Mediatek Untuk Game Mana yang Bagus?

Perkembangan di dunia smartphone saat ini sudah semakin pesat. Beragam smartphone dengan berbagai fitur baru telah diluncurkan di pasaran. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih smaprtphone, khususnya dari segi spesifikasi. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah spesifikasi chipset. Chipset yang digunakan para perangkat smartphone dapat berpengaruh terhadap performa smartphone yang dibeli

Saat ini ada 2 perusahaan kenamaan pembuat chipset yang telah melahirkan beragam produk chipset untuk smartphone pintar. Perusahaan yang dimaksud adalah Mediatek dan Qualcomm. Keduanya telah menghadirkan produk chipset masing-masing misalnya Qualcomm dengan Snapdragon dan Mediatek dengan beragam chipset yang dimiliki.

Bagi yang belum terlalu mengenal produk tersebut, Anda tentu ingin mengetahui perbedaan snapdragon dan mediatek. Agar lebih jelas, berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

 

Perbedaan Snapdragon dan Mediatek Untuk Game Mana yang Bagus?

Perbedaan Snapdragon dan Mediatek Untuk Game Mana yang Bagus

Perbedaan Snapdragon dan Mediatek Untuk Game Mana yang Bagus – Youtube

 

 

Kekuatan GPU Pada Mediatek dan Qualcomm

GPU (Graphics Processing Unit) adalah chip yang berperan sebagai pengolah grafis utama pada perangkat smartphone. Chipset GPU pada smartphone juga berfungsi sebagai VGA pada laptop atau komputer. Chipset Mediatek cenderung lebih lemah jika dibandingkan dengan Snapdragon tetapi menggunakan RAM yang lebih sedikit.

Di sisi lain Snapdragon mampu merender grafis lebih baik dan memerlukan alokasi RAM yang lebih besar. Jika Anda memerlukan smartphone dengan kemampuan grafis yang bagus, Snapdragon dapat menjadi pilihan yang tepat.

 

Ketersediaan VRAM

Pada sejumlah produk yang dipasarkan, chipset dari Mediatek sudah dilengkapi dengan dedicated VRAM sedangkan GPU bawaan Snapdragon Adreno masih menggunakan RAM inti dari ponsel pintar tersebut. Ini berarti chip Mediatek mempunyai memori khusus untuk melakukan proses instruksi-instruksi dan pengolahan grafis sedangkan Snapdragon dengan Adreno belum dilengkapi dedicated VRAM sehingga RAM inti prosesor digunakan untuk rendering grafis. Tetapi faktanya tidak semua produk Snapdragon dan Mediatek seperti itu.

 

Source Code Prosesor

Perbedaan Snapdragon dan Mediatek selanjutnya terletak pada sektor dapur pacu. Prosesor Snapdragon diakui lebih unggul dibandingkan Mediatek. Namun persaingan keduanya tidak dapat dipukul rata dengan melihat satu prosesor saja. Namun di antara Snapdragon dan Mediatek dari segi prosesor umumnya banyak yang dapat menggunakan prosesor Snapdragon secara lebih optimal karena source kode dari Snapdragon yang umumnya dibuka untuk publik atau open source. Jika Anda ingin mengakses kode Qualcomm, Anda dapat mengakses situs GitHub atau semacamnya. Jika Anda tidak dapat mengaksesnya, maka coba akses dengan mengubah DNS.

 

Ragam Produk

Hingga saat ini sudah ada banyak produk dari kedua vendor kenamaan tersebut yang terus bersaing. Sebagai contoh, Mediatek terus berupaya mengembangkan prosesor berinti banyak seperti MT6797 Helio X20 yang menggunakan CPU 10 Inti di mana salah satunya digunakan pada smartphone Meizu MX6. Namun core yang semakin banyak juga berarti semakin banyak daya yang dibutuhkan untuk menjalankan prosesor tersebut.

Di sisi lain, Qualcomm justru lebih banyak fokus pada produk prosesor yang menawarkan clock speed tinggi tetapi juga tetap mempertahankan jumlah core supaya tidak terlalu ketinggalan seperti yang digunakan pada produk smartphone uSamsung Galaxy S7 yang mengusung Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 berinti 4 yang dibangun dengan arsitektur Arm Kryo.

 

Teknologi Kamera dan Rekaman Video

Teknologi kamera dan perekaman video yang didukung dari tiap-tiap chipset yang dibuat oleh Qualcomm dan Mediatek juga memiliki perbedaan. Qualcomm lebih banyak menyempurnakan fitur-fitur baru untuk chipset yang dirilis misalnya menggunakan jaringan 4G atau LTE, sensor kamera, dan video recording yang lebih besar. Untuk itu, smartphone dengan chip Qualcomm dan prosesor Snapdragon menawarkan kualitas multimedia yang tinggi dan dapat digunakan untuk beragam kebutuhan.

 

Harga Kedua Prosesor

Mediatek tidak menggunakan sudut pandang yang agresif seperti yang dilakukan oleh Qualcomm melalui Snapdragonnya. Produk chipset Mediatek lebih konservatif karena tidak selalu menghadirkan fitur-fitur terbaru atau canggih di setiap ponsel yang dibuat. Jadi harga chipset Mediatek memang lebih murah daripada prosesor Snapdragon ketika dibandingkan di level yang sama. Namun antara Snapdragon maupun Mediatek tidak memiliki banyak perbedaan pada user interface selama sistem operasi yang digunakan sama.

Pada dasarnya perbedaan Snapdragon dan Mediatek dari segi harga tidak terlalu banyak. Perbedaan harganya akhir – akhir ini mungkin akan terlihat kurang jelas karena permainan vendor smartphone yang memadukan beragam teknologi dan lainnya ke dalam smartphone yang dimiliki. Jadi smartphone dengan prosesor Mediatek tertentu kadang dibanderol dengan harga yang sama dengan smartphone yang menggunakan prosesor Snapdragon dengan harga yang lebih tinggi tetapi harga smartphone tersebut sama.

Mediatek selama ini cenderung lebih senang untuk bermain di segmen low end atau menengah ke bawah. Jadi harganya bisa lebih murah ketika dibandingkan secara langsung dengan Qualcomm Snapdragon. Karena alasan tersebut, prosesor Mediatek banyak menjadi pilihan untuk vendor di segmen low end.

 

Kesimpulan Dari Snapdragon dan Mediatek

Memnurut saya pribadi masing-masing chipset atau prosesor memiliki masing-masing keunggulan, akan tetapi yang paling populer dan terkenal saat ini memang dipegang oleh Snapdragon. Secara pribadi saya menggunakan smartphone sony dengan chipset Mediatek MT6755 Helio P10. Yang saya rasakan saat bermain game cukup baik, tapi terkadang suka crash dan mati sendiri. Tapi saya tidak tau apakah itu memang hp saya atau chipset nya?

Perbedaan Snapdragon dan Mediatek Untuk Game Mana yang Bagus? Kalau saya pribadi lebih suka Snapdragon karena saat ini memang Snapdragon yang paling populer di pasaran. Untuk bermian game di Xiaomi cukup lancar walau tidak semua game bisa dimainkan dengan kualitas tinggi tapi itu juga tergantung pada RAM. Pastikan kamu menggunakan RAM minimal 4GB dengan chipset terbaru.

Jika kalian ada pendapat lain, silakan dengan senang hati untuk berkomentar dan memberi masukan untuk sharing agar kita bisa sama-sama mendapatkan pengalaman dalam menggunakan chipset Snapdragon dan Mediatek.

Add Comment