6 Plugin Terbaik Yang Wajib Kamu Install Di Website WordPress

Wordress adalah salah satu CMS paling populer yang digunakan untuk membuat website. WordPress ini sangat simple, mudah digunakan, responsive dan dapat dikembangkan. Itulah sebabnya kenapa banyak para Blogger yang menggunaan wordpress dari pada CMS lainnya. Bagi Anda pemula dan ingin sekali buat web, menurut saya wordpress ini wajib dicoba.

Selain dapat digunakan dengan mudah, yang paling menonjol dari CMS wordpress ini adalah banyaknya pilihan theme dan plugin yang dapat kita gunakan sesuai kebutuhan.

Baiklah pada artikel kali ini saya akan membahas beberapa rekomendasi plugin terbaik yang wajib kamu install. Apa sajakah plugin tersebut? Silakan simak artikel ini hingga akhir!

Rekomendasi Plugin Terbaik Yang Wajib Kamu Install Di Website WordPress

 

1. Yoast SEO

 Yoast SEO

Yoast SEO

 

Plugin terbaik yang wajib kamu install pertama adalah Yoast SEO. Situs wordpress Anda akan lebih optimal terutama dalam segi SEO jika menggunakan Yoast SEO. Plugin ini juga dapat membantu Anda dalam mengetahui score seo on page, sehingga Anda dapat mengoreksi, apa saja yang belum benar pada postingan Anda tersebut. Secara pribadi saya juga menggunakan plugin Yoast SEO ini, karena lebih mudah dan responsive untuk saya pribadi.

 

2. Akismet

Akismet

Akismet

 

Situs wordpress terkadang rentan akan serangan spam bot dan salah satu untuk menangkal spam bot tersebut adalah dengan menginstall plugin Akismet. Anda dapat menggunakan Akismet secara gratis dan juga berbayar. Secara pribadi saya menggunakan plugin ini juga karena memang ampun dan bagus untuk menghindari serangan spam dan juga dapat menambah kecepatan loading webist kita, karena komentar jahat dapat terhapus dari database wordpress kita.

 

3. W3 Total Cache

W3 Total Cache

W3 Total Cache

 

Setelah membandingkan beberapa plugin cache, saya memutuskan untuk menggunakan plugin W3 Total Cache. Karena menurut penglaman saya pribadi W3 Total Cache memiliki bebeapa fitur yang bagus untuk mempercepat website kita. Jadi, jika Anda ingin mempercepat loading situs wordpress, maka salah satunya adalah dengan menginstall plugin cache, namun disini plugin yang cukup handal dan bagus menurut pengalaman pribadi saya adalah W3 Total Cache dengan kombinasi cloudflare.

 

4. Sucuri Security

Sucuri Security

Sucuri Security

 

Banyak orang yang mengatakan bahwa situs berbasis wordpress itu sangat rentan dengan yang namanya dihack? Apakah benar? Ya, kita tau bahwa wordpress adalah open source, yang artinya sangat mudah dikembangkan oleh siapa pun. Salah satu cara untuk memproteksi keamanan situs Anda adalah dengan menggunakan plugin security.

Sejatinya ada banyak rekomendasi plugin security ini, namun Anda harus mencoba Sucuri Security. Plugin Sucuri Security ini sangat bagus untuk mengamankan situs wordpress Anda, karena plugin ini memiliki beberapa fitur unggulan seperti Security Activity Auditing, File Integrity Monitoring, DDoS protection, Effective Security Hardening dan masih banyak lagi.

 

5. Contact Form 7

Contact Form 7

 

Bagi Anda yang bingung tentang bagaimana cara membuat contact form di wordpress, maka plugin Contact Form 7 adalah solusinya. Tidak perlu keahlian khusus untuk membuat form di situs wordpress Anda, karena dengan sekali install dan menambahkan sort code di widget atau post, maka Anda sudah dapat membuat laman contact form. Plugin Contact Form 7 sangat bagus sekali dan sudah ada jutaan orang yang menggunakan plugin ini untuk menambah laman hubugi kami.

 

6. Jetpack

Jetpack

Jetpack

 

Jetpack adalah plugin all in one yang banyak digunakan oleh para penggua wordpress ini. Kenapa saya bilang plugin ini all ini one? Karena ada banyak sekali fitur yang bagus untuk situs wordpress Anda, misalkan saja fitur monitoring traffic, security, share button, downtime monitoring, backup, image performance dan masih banyak lagi. Secara pribadi saya menginstall plugin ini hampir di semua situs wrodpress saya dan ini adalah salah satu rekomendasi plugin trbaik yang wajib Anda install.

Itulah tadi beberapa rekomendasi plugin terbaik yang wajib kamu install di situs wordpress dan sedikit tambahan sebelum memutuskan membuat blog, hal yang paling penting dan basic untuk kamu perhatikan adalah pemilihan hosting atau server.

Pilihlah provider hosting yang sudah tepercaya dan berkualitas, jangan mudah untuk terpengaruh dengan penyedia hosting abal-abal yang biasanya beredar di forum online. Pilih juga hosting yang menyediakan badwith unlimited karena dengan begitu traffic yang masuk ke website Anda bisa lebih maksimal. Mungkin itu saja dari saya, jika ada bertanyaan silakan tanyakan di kolom komentar ya!

Add Comment