6 Situs Untuk Belajar Bahasa Pemrograman, Bikin Kamu Jadi Programer

Belajar bahasa pemrograman sangat penting bagi kamu anak muda, karena dengan memiliki skill programing dan coding, maka kamu akan dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Untuk mendapatkan pekerjaan pun lebih mudah jika kamu telah menguasai ilmu pemerograman.

Tak heran, jika sekarang ini banyak banyak sekali kawula muda meraih keuntungan dengan keterampilan menjalankan program komputer.

Jika ingin menjadi seorang programer yang handal dan profesional, kamu tentu saja harus lebih memahami dengan betul apa syarat dan langkah yang mesti kamu lakukan. Belajar! Ya belajar merupakan langkah utama yang mesti kamu dalami agar bisa menjadi seorang programer hebat dan diakui.

Ada banyak alternatif yang bisa kamu manfaatkan untuk sumber belajar pemrograman, salah satunya ialah dari situs-situs atau web khusus yang memberikan tutorial mengenai pengkodingan seperti html, php, css dan lain sebagainya.

 

Situs Atau Web Untuk Belajar Pemrograman

Situs Atau Web Untuk Belajar Pemrograman

Situs Atau Web Untuk Belajar Pemrograman – image

 

Kita hidup di zaman serba mudah, bahkan untuk memperoleh informasi pun bisa kita dapatkan dengan sangat mudah. Telah hadir perangkat dari berbagai situs maupun dengan segala yang kita butuhkan di dalam. Pun halnya dengan situs untuk belajar bahasa pemrograman, bisa kamu temukan di situs dengan cepat dan mudah serta kapan dan dimana saja kamu berada, asalkan perangkat kamu seperti gadget terhubung dengan koneksi internet. Berikut setidaknya ada 5 situs berkualitas yang menyajikan cara belajar bahasa pemrograman dan bisa kamu praktekkan di rumah.

 

1.Coursera

Situs Coursera.org merupakan sebuah wadah ataupun platform yang menyediakan berbagai kebutuhan berupa informasi mengenai cara mempelajari bahasa pemrograman. Hampir setara dengan mata kuliah yang bisa kamu peroleh dari lembaga pendidikan seperti kampus. Situs yang satu ini menghadirkan tanda kelulusan berupa sertifikat sebagai bukti bahwa kamu telah menguasai bahasa yang digunakan dalam proses programming.

Keunikan dari web ini adalah pemberian tutorial yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Cara belajarnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu membuat akun dan menentukan kelas mana yang akan kamu ikuti nantinya. Selanjutnya kamu akan dibimbing sampai kamu benar-benar dianggap mampu untuk menjalankan sebuah program.

 

2.Github

Bagi kamu yang suka dengan buku, maka situs Github merupakan pilihan tepat buatmu. Github bisa menghadirkan berbagai referensi serta mampu mencukup kehausan kamu akan pengetahuan mengenai bahasa pemrograman. Hampir mirip dengan kaskusnya coding, web ini dapat membuat kamu bangga dengan menampilkan hasil coding yang telah kamu lakukan. Kamu dapat memanfaatkan akun pada situs Github untuk bisa jadi seorang programer handal profesional.

 

3.Codecademy

Cukup sayang rasanya jika kamu tidak mencoba belajar bahasa pemrograman di situs Codecademy. Karena pada web ini kamu dapat belajar proses pengkodean bersama dengan lebih dari 24 juta pengguna secara gratis. Ada banyak yang bisa kamu pelajari, seperti bahasa CSS, HTML, hingga Javascropt dan masih banyak lainnya yang akan mengasah ketajaman otak kamu.

Tidak hanya itu, pasalnya situs resmi ini terbukti efektif dan sangat efisien untuk kamu gunakan. Kamu akan diajarkan dan dibimbing secara bertahap sampai kamu benar-benar memahami bahasa pemrograman. Selain itu, situs Codecademy akan menyimpan semua hasil yang telah kamu lakukan. Yang sewaktu-waktu bisa kamu lihat kembali sebagai kenangan berharga. Codeacademy adalah tempat yang bagus untuk belajar pemerograman khususnya bagi kamu pemula.

 

4.Ucademy

Media online menawarkan banyak kemudahan bagi anda untuk belajar bahasa pemrograman. Sebagai media penyedia layanan ilmu online, situs Ucademy sangat cocok digunakan bagi kamu yang memang telah paham betul bahasa pemrograman. Sehingga kamu bisa meningkatkan kualitas serta kecakapan dalam menyajikan program-program berkelas dan berguna bagi masyarakat luas. Disini kamu harus mengeluarkan sejumlah biaya supaya bisa bergabung di kelas bersama ahli programmer profesional lainnya. Hal ini tentu saja dengan mentor dan tutorial bermutu sesuai bayaran anda. Meskipun demikian, tersedia juga video bahkan kelas yang ditawarkan secara gratis dengan tutorial bermutu pula.

 

5.Situs edX

Dikembang oleh universitas ternama yakni Universitas Harvard, menjadikan situs edX sebagai sara belajar online berkualitas dengan sajian materi berkelas. Tidak hanya itu, setidaknya ada sekitar 60 lebih sekolah telah dirangkul dan berada di bawah naungan situs edX. Uniknya, situs tempat belajar pemerograman yang satu ini akan memberikan sensasi belajar yang sangat seru dan tidak membosankan, yakni dengan metode tradisional namun bergaya kekinian.

 

6.Khan Academy

Khan Academy sudah tersedia dalam versi indonesia dan situs ini memiliki titik fokus pada penggunaan teknologi, ilmu matematika serta ilmu komputer yang bisa kamu akses secara gratis. Kamu bisa mendapatkan tutorial belajar bahasa pemrograman secara mudah dari video-video yang ditawarkan demi kepentingan wawasan kamu. Situs yang telah dikunjungi jutaan pengguna dijamin bakal membuat kamu seorang programmer hebat.

Dari sekian banyak situs untuk belajar bahasa pemrograman, tentu ada diantaranya yang akan menjadi pilihan kamu. Mana pun situs yang akan kamu jadikan sebagai tempat belajar, yang perlu kamu lakukan ketekunan dan keuletan dalam belajar. Sehingga akan membuat kamu menjadi seorang programmer seperti yang kamu harapkan.

Add Comment