Solusi Memori Internal Penuh Padahal Tidak Ada Aplikasi

Solusi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi – Bagi pengguna smartphone tentu pernah mengalami masalah ini dimana aplikasi yang di instal sedikit namun memori internal penuh. Hal ini sangat mengganggu sekali karena aplikasi yang diinstal tidak bisa difungsikan dengan baik begitupun untuk membidik kamera sudah tidak bisa dilakukan lagi karena memori yang sudah penuh. Jika Anda mengalami masalah ini ada beberapa solusi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

 

Solusi Memori Internal Penuh Padahal Tidak Ada Aplikasi

 

Mengatur Penyimpanan Hasil Bidikan Kamera

Mengatur Penyimpanan Hasil Bidikan Kamera

Mengatur Penyimpanan Hasil Bidikan Kamera

 

Jika Anda suka membidik foto dengan kamera smartphone ada baiknya tahu dimana hasil foto tersebut disimpan, hal itu dikarenakan bisa saja hasil foto tersebut pindah ke memori internal. Sebenarnya ini hanya di masalah pengaturan saja namun penting karena untuk memanajemen kapasitas memori yang digunakan. Beberapa pengguna smartphone pun memori internalnya menjadi penuh karena menyepelekan pengaturan kamera ini.

Apalagi saat ini smartphone dibekali dengan resolusi kamera yang besar sehingga bisa menyebabkan satu file foto berukuran jumbo minimal 3MB. Bayangkan jika ada puluhan ratusan bahkan ribuan foto, tentu total file foto tersebut akan sangat banyak dan membuat memori internal cepat penuh. Dengan mengubah maupun memindah penyimpanan diharapkan notifikasi memori internal penuh tersebut bisa hilang.

BACA:   5 Cara Dapat Like Banyak Facebook Dengan Mudah

 

Hilangkan Cache

 

Solusi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi yang kedua hapus cache. Fungsi cache tersebut untuk memudahkan Anda membuka aplikasi di waktu yang berbeda. Nantinya sebagian data yang ditampilkan akan mengambil data dari cache yang sudah disimpan sebelumnya. Sebagai contohnya adalah membuka aplikasi Facebook setelah di instal loading akan terasa lama, namun berbeda saat Anda membuka dan menutup aplikasi tersebut untuk kedua kali dan seterusnya akan lebih cepat dan mudah.

Dari sinilah cache akan berukuran semakin besar. Semakin sering aplikasi tersebut dibuka dan digunakan maka akan semakin besar cache yang dihasilkan. Untuk menghilangkan cache Anda bisa membuka pengaturan pilih aplikasi manager, kemudian buka aplikasi yang akan dihapus cachenya, kemudian pilih clear cache. Meski aplikasi sudah dihapus cache ini akan tetap ada jika tidak dibersihkan, sehingga Anda harus membersihkannya dengan cleaner jika aplikasi itu sudah dihapus.

 

File Offline

Solusi Memori Internal Penuh

Solusi Memori Internal Penuh

 

Ada beberapa aplikasi yang menawarkan penyimpanan file offline yang mana tetap bisa dibuka meski jaringan offline misalnya saja adalah YouTube. Meski saat ini akun channel YouTube profesional sudah menonaktifkan tombol download offline agar jumlah viewers terus bertambah namun masih ada banyak channel yang mengaktifkan tombol download tersebut. Tidak hanya itu saja aplikasi lainnya seperti Webtoon pun menyediakan download chapter dimana semakin banyak chapter yang di download akan membuat memori internal semakin penuh. Cobalah untuk mengurangi video maupun chapter yang tersimpan secara offline agar memori internal tidak menjadi penuh.

BACA:   4 Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi di Akun Apapun

 

Bersihkan File WhatsApp

Bersihkan File WhatsApp

Bersihkan File WhatsApp

 

Banyak yang tidak sadar saking asyiknya bertukar file media di WhatsApp membuat memori internal penuh. Media berupa foto, video, dan lain sebagainya yang Anda kirimkan ke orang lain akan selalu tersimpan. Oleh sebab itu untuk membebaskan ruang internal di smartphone, masuk ke berkas saya atau file saya kemudian pilih telepon, pilih WhatsApp, kemudian pilih media, setelah itu masuk ke WhatsApp images atau video dan lain sebagainya, kemudian kilik folder sent, di sana Anda bisa melihat berapa banyak file yang telah Anda kirimkan. Pilihlah beberapa media yang ingin Anda hapus.

 

Saat ini memori internal 8GB dirasa kurang karena aplikasi akan melakukan update sehingga ukurannya bertambah besar, sehingga untuk menghindari masalah ini tidak terjadi pilihlah smartphone yang memiliki memori internal minimal 16GB. Namun jika sudah mengalami memori internal penuh padahal aplikasi sedikit atau tidak ada aplikasi sama sekali, Anda bisa melakukan solusi yang disebutkan di atas. Jika solusi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi tersebut tidak berhasil lakukan reset ulang dengan membackup data terlebih dahulu.

Add Comment