Cara Translate Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris yang Baik Dan Benar

Menerjemahkan sebuah file atau pun kalimat dibutuhkan yang namanya translator atau penerjemah. Setiap orang memang memiliki kemampuan yang berbeda-beda ada yang dengan lancar berbahasa asing, namun juga karena keterbatasan kemampuan beberapa dari mereka lebih memilih untuk menggunakan bantuan translator.

Jika Anda ingin menggunakan translator untuk menerjemahkan sebuah kalimat, maka yang harus Anda perhatikan adalah pengelolaan kata-kata dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar agar hasil terjemahaanya juga baik. Setiap aplikasi translator memiliki algoritma yang berbeda-beda sehingga mempengaruhi hasil terjemahan itu sendiri.

Seperti contoh Google translator dan Bing translator keduanya merupakan alat untuk menerjemahkan bahasa, namun kedua hasil terjemahaan tersebut berbeda. Karena mereka menggunakan algoritma berbeda. Jadi mana yang baik? Yang baik adalah setidaknya Anda menguasai sedikit bahasa inggris minimal grammar.

Pada artikel ini saya akan membahas sedikit cara translate bahasa indonesia ke bahasa inggris yang baik dan benar menggunakan Google translator dan Bing translator.

 

Cara Translate Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris yang Baik Dan Benar

Cara menerjemahkan sebuah kalimat yang panjang harus bertahap, jangan langsung Anda masukan semuanya karena maknanya akan berubah-rubah. Atau jika Anda ingin menerjemahkan sebuah file, maka jangan langsung upload. Saran saya bertahan agar hasilnya maksimal. Baca Juga: Alternatif Mesin Pencarian Selain Google

BACA:   Cara Daftar Yahoo Mail Baru Dengan Mudah

 

Google translator

Agar hasil terjemahan lebih baik, maka silakan login ke Google terjemahan dengan menggunakan Gmail. Google translator merupakan alat penerjemah yang paling populer di dunia. Dan Google translator diklaim menjadi yang terbaik di dunia karena setiap waktu hasil terjemah semakin baik?

Cara Translate Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris yang Baik Dan Benar

Cara Translate Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris yang Baik Dan Benar

 

Kita bisa lihat pada gambar diatas bahwa terjemahan nya sesuai dengan apa yang kita tulis jika membuat ”Make” maka itu yang diterjemahkan. Tapi ada opsi lain yang paling saya suka yaitu ketika Anda mengklik pada terjemahan bahasa inggris, maka ada perbaikan kata. Lihat pada gambar berikut ini!

Cara menerjemahkan bahasa indonesia ke inggris dengan Google

Cara menerjemahkan bahasa indonesia ke inggris dengan Google

Pada opsi perbaikan ini merupakan fitur yang sudah diperbaiki oleh Google melalui kontributor di seluruh dunia. Jadi setiap kontributor yang menggunakan Google terjemahan ini dan mengirimkan perbaikan, maka dengan sendirinya sistem Google merekam dan memperbaiki kata yang baik dan benar.

Semakin kesini, kualitas terjemahan Google menurut saya semakin baik dan jika dibandingkan dengan terjemahan awal, maka yang baik adalah terjemahan pada fitur perbaikan. Dalam menggunakan Google terjemahan ini kita juga tidak mentah-mentah dan buta tuli dalam bahasa inggris. Misnimal kita memiliki pengetahuan sedikit mengenai bahasa inggris agar kita dapat memperbaiki setiap kata pada kalimat agar lebih baik dan benar.

BACA:   Solusi Memori Internal Penuh Padahal Tidak Ada Aplikasi

 

Cara menerjemahkan bahasa indonesia ke bahasa inggris melalui Google terjemah

Cara menerjemahkan bahasa indonesia ke bahasa inggris melalui Google terjemah

 

Dalam fitur perbaikan Google terjemahan ini membantu sekali kita dalam menganalisa kata-kata baru misalkan tadi membuat ”Make” menjadi  menciptakan ”Create”? Google menerjemahkan sesuai dengan kata-kata baku yang sering orang luar sana gunakan. Anda bisa cari tau sendiri. Dan jika Anda menggunakan Google terjemahan dan kemudian mengalasisanya, maka suatu saat Anda pasti paham dalam penulisan bahasa inggris yang baik dan benar.

 

Bing translator

Bing translator didukung oleh Microsoft dimana algoritma hasil terjemahaanya dibuat oleh Microsoft. Cara translate bahasa indonesia ke bahasa inggris yang baik dan benar bisa juga kita gunakan Bing translator dan hasilnya juga sama baik dengan Google translator, tapi ada beberapa perbedaan pada fitur yang tidak dimiliki oleh bing seperti jika Google translator tadi didungung oleh komunitas dan kontributor, namun untuk bing tidak. Hasil terjemahan bing ini sesuai dengan yang Anda tulis! Coba kita lihat seberapa unik dan mudah menggunakan Bing translator ini?

 

Menerjemahkan sebuah kalimat  dengan bing

Menerjemahkan sebuah kalimat dengan bing

 

Coba kita lihat pada hasil terjemahan diatas. Baha kata-kata nya sangat baku sekali. Sebenarnya ada juga yang benar, tapi ada beberapa kata-kata yang kurang tepat. Jika mengacu pada Google, secara pribadi saya lebih suka menggunakan Google terjemahan karena lebih mudah, efektif dan hasilnya juga bagus.

BACA:   Cara Membuka File SWF di Komputer dan Android

Pada bing translator ini kita harus mengedit manual dan memperbaiki setiap kata secara manual. Itu menurut saya pribadi membuang banyak waktu.

Jika Anda ingin mentranslate bahasa indonesia ke bahasa inggris yang baik dan benar saran saya gunakan saja Google karena itu lebih baik hasil terjemahannya dibandingkan dengan beberapa tool lainnya. Intinya Anda juga harus memahami makna dari kalimat yang akan Anda terjemahkan sehingga dapat memperbaiknya dengan mudah.

Terima kasih sudah mampir, semoga artikel mengenai cara translate bahasa indonesia ke bahasa inggris yang baik dan benar ini dapat membantu Anda untuk menerjemahkan berbagai file dan dokumen atau menerjemahkan kalimat yang panjang.

Add Comment