Ukuran Foto 12R dalam Cm, Mm, Inch dan Pixel Sesuai Standar

Ukuran foto 12R dalam cm, mm, inch dan pixel – Hiasan dinding beragam jenisnya dan yang paling populer adalah pajangan berupa foto yang menunjukkan momen berharga yang Anda miliki misalnya adalah foto wisuda, foto liburan, foto pernikahan, foto keluarga, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk bisa dijadikan sebagai pajangan yang menarik penting bagi Anda untuk memilih foto dengan ukuran yang sesuai. Khusus untuk pajangan dinding ukuran foto yang tepat untuk dijadikan sebagai pajangan adalah yang minimal ukurannya 8R dan akan lebih bagus lagi jika 8R ke atas seperti 10R, 12R, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang ukuran foto 12R dalam cm, mm, inch dan pixel.

 

Ukuran Foto 12R dalam Mm, Cm, dan Inch

Ukuran foto 12R dalam cm, mm, inch dan pixel ini penting diketahui agar saat proses pencetakan tidak salah ukuran. Jika salah ukuran akan ada beberapa hal yang mengecewakan dimana salah satunya harus melakukan pencetakan ulang sehingga dana yang dikeluarkan menjadi bertambah.  Ukuran 12R pertama yang wajib diketahui adalah dalam satuan mm. Foto 12R ini memiliki satuan 305 x 381 mm sehingga lebarnya 305 sedangkan panjangnya adalah 381 mm, sehingga ukuran foto ini lebih besar jika dibandingkan dengan yang 11R.

 

Dari ukuran mm bisa di konversikan menjadi ukuran cm. Foto 12R ini  memiliki lebar 30,5 cm dan panjangnya adalah 38,1 cm sehingga perhitungannya adalah 30,5 x 38,1 cm. Yang terakhir adalah dalam satuan inci. Dalam inci foto 12R ini memiliki ukuran 12 x 15 inci sehingga lebarnya adalah 12 inci sedangkan panjangnya 15 inci.

Baca Juga;

 

12R dalam Pixel

Diantara ukuran yang lainnya yang penting untuk diketahui adalah ukuran pixel. Mengapa pixel ini penting? Alasannya karena file foto digital Anda harus memiliki ukuran atau resolusi yang sama dengan ukuran pixel dari 12R tersebut.

Resolusi dari ukuran foto 12R ini adalah 3600 x 4500 pixel sehingga agar bisa menghasilkan file digital dengan ukuran 12R tersebut Anda membutuhkan kamera dengan resolusi minimal 16.200.000 pixel atau setara dengan 16 MP.

Jangan pernah mencoba membidik foto atau mencetak foto dari bidikan kamera dengan lensa kurang dari 16 MP karena hasilnya akan sangat memprihatinkan sekali. Oleh sebab itu jika ingin hasilnya memuaskan pakailah alat atau smartphone yang sudah sesuai dengan standar.

 

Membuat Ukuran 12R di Photoshop

Jika Anda memiliki foto yang akan dicetak dengan resolusi standar ada baiknya jika melakukan editing terlebih dahulu. Tanpa editing dijamin hasil cetaknya akan mengecewakan karena proses pengerjaannya yang tidak teliti. Salah satu risikonya membuat perbandingan foto menjadi tidak baik misalnya terlalu tinggi atau terlalu lebar.

Oleh sebab itu lakukanlah editing terlebih dahulu dengan melakukan perbandingan gambar, warna, kontras, dan tentunya ukurannya harus tepat.

Untuk membuat ukuran foto 12R yang tepat Anda bisa membuat ukurannya di photoshop terlebih dahulu. Caranya pun sangat mudah sekali yaitu Anda harus membuka dan menjalankan aplikasi Photoshop terlebih dahulu, setelah itu Anda bisa memilih menu File kemudian pilih New untuk membuat lembar kerja yang baru. Bila ingin cepat gunakanlah shortcut menekan tombol CTRL + N secara bersama-sama.

Jika sudah terbuka Anda bisa mengatur lembar kerja tersebut dengan menggunakan ukuran foto 12R dengan satuan mm, cm, inch, maupun pixel. Namun akan lebih baik jika menggunakan ukuran cm. Setelah itu tekan OK maka lembar kerja dengan ukuran 12R siap digunakan.

Jangan hanya mengetahui ukuran foto 12R dalam cm, mm, inch dan pixel saja namun ada baiknya jika  Anda tahu  tentang bagaimana caranya mencetak foto ukuran 12R dengan baik karena tanpa teknik yang tepat foto yang dicetak tidak akan sesuai dengan harapan.

Add Comment