Ukuran KTP dan E-KTP cm, mm, inch Sesuai Standar Indonesia

KTP atau yang sekarang kita kenal dengan E-KTP adalah sebuah kartu identitas warga negara republik Indonesia. Warga yang sudah berusia 17 tahun, diwajibkan untuk membuat KTP atau E-KTP dan setiap warga hanya diperbolehkan memiliki 1 tanda pengelan saja.

Semua data di E-KTP langsung terhubung dengan server pusat dinas kependudukan dan catatan sipil (Capil). Jadi kita tidak bisa main-main dengan E-KTP ini. Apa lagi memalsukannya, karena pada E-KTP sudah dilengkapi dengan hologram yang hanya dapat terdeteksi dengan alat khusus sehingga tidak ada namanya dupikat pada kartu identitas ini.

Semua data kita baik itu tempat tanggal lahir, alamat dan lain sebagainya dapat dicek di Dukcapil. Dengan adanya sistem E-KTP ini dapat mempermudah dalam pendataan kependudukan di seluruh Indonesia dan mencegah pemalsuan identitas.

Mungkin dari Anda ada yang sedang berencana membuat ID card dan ingin membuatnya serupa dengan ukuran KTP atau E-KTP? Baca Juga: Ukuran Foto 3×4

 

Berapa Ukuran KTP dan E-KTP?

 

Berapa ukuran KTP dan E-KTP cm, mm, inch sesuai standar Indonesia? Ukuran KTP kerap kali dijadikan patokan untuk membuat ID Card dan ini mempermudah pengguna untuk mengantongkannya di dompet atau saku. Dimensi yang enak dipegang dan mudah untuk disimpan ini tentu sudah disiapkan khusus oleh orang yang ahli dalam desain di negara. Bagi Anda yang sedang ingin mengetahui ukuran KTP berikut adalah tabel nya. Baca Juga: Ukuran foto sesuai standar

 

 

Ukuran E-KTP dalam cm, mm dan inch

 

Patokan Ukuran KTP dan ID Card

Pada umumnya ukuran KTP sama dengan ukuran kartu identitas yang biasa kita gunakan di Indonesia seperti, BPJS, SIM, ATM, Karu Kredit dan kartu lainnya. Kesamaan ukuran pada ID Card tersebut karena memang sudah standar khusus yang biasa digunakan. Sehingga produsen ID Card sudah terbiasa mengambil patokan pada KTP.

Dimensi yang ditentukan pada E-KTP memang sudah valid karena ukurannya sangat pas untuk dikantongi. Coba bayangkan jika ukuran E-KTP lebih besar dan susah untuk dikantongi? Pasti kita akan krepotan untuk membawanya kemana-mana.

Selain itu produsen dompet juga sudah mengukur dimensi pada E-KTP sehingga dapat menyelipkannya lebih dari satu. Mungkin itu saja informasi yang dapat saya sampaikan mengenai ukuran KTP dan E-ktp. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Add Comment