Memahami Pengertian Website dan Manfaatnya di Sektor Bisnis

Pengertian Website dan Manfaatnya – Pengertian website secara umum adalah kumpulan berbagai halaman web yang dapat diakses melalui home page atau halaman depan sebuah browser. Kumpulan halaman web tersebut saling berhubungan satu sama lain.

Untuk membuka sebuah website dibutuhkan browser misalnya Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan lain-lain. Caranya cukup dengan mengetikkan alamat website di kolom URL pada browser tersebut. Website juga bisa diakses dengan cara memasukkan kata kunci (keyword) di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, atau lainnya.

Website sendiri bisa dimiliki oleh individu (perorangan), organisasi, perusahaan, hingga instansi pemerintahan. Secara umum website berisi informasi atau konten dengan tema tertentu. Namun seiring perkembangannya kini sebuah website bisa menampilkan beragam informasi dengan topik berbeda.

 

Manfaat Website untuk Bisnis

Sangat banyak manfaat website yang bisa kita peroleh, salah satunya untuk menjalankan bisnis. Apakah kita tahu tujuan seseorang mengakses sebuah website? Tentu saja untuk mencari informasi tertentu yang bermanfaat bagi mereka. Dan jika kita melakukan promosi suatu produk di website, bukan tidak mungkin mereka akan mengakses website kita lalu membeli produk yang kita jual. Intinya melalui website produk kita lebih mudah dikenal orang.

Lebih lanjut berikut ini kelebihan dan manfaat website untuk bisnis.

Pengertian Website

Pengertian Website

 

 

Biaya Pembuatan Lebih Murah

Kita pasti sering melihat iklan di media cetak atau tayangan di televisi. Konon untuk memasang iklan di media cetak maupun elektronik biayanya sangat besar. Iklan untuk mempromosikan produk memang penting namun kita akan berfikir dua kali jika harus mengeluarkan biaya mahal.

Beda ceritanya jika memiliki website sendiri, kita bebas melakukan promosi didalamnya. Satu lagi, biaya pembuatan website sangat murah. Bahkan melalui blogspot.com kita bisa membuat website secara gratis.

 

Media Iklan paling Efektif

Masih tentang pengertian website dan manfaatnya, seperti poin sebelumnya website merupakan media yang sangat membantu untuk mengiklankan suatu produk. Ada beberapa cara supaya iklan kita bisa tampil di internet, salah satunya melalui Facebook Ads. Ini adalah layanan advertising yang menawarkan pemasangan iklan di laman facebook.

Media untuk memasang iklan berikutnya yaitu melalui apa yang disebut SEO (Search Engine Optimization). Inilah keuntungan paling nyata jika memiliki website dimana jika sebuah website SEO-nya sudah optimal bisa dipastikan penjualan poduk akan naik tanpa perlu repot memasang iklan.

 

Jaminan Kepuasan Pelanggan

Biasanya seseorang terlebih dulu akan mencari informasi di internet sebelum membeli sebuah produk. Jika website memiliki informasi lengkap terkait produk yang dijual ditambah testimonial positif dari komsumen terdahulu, bukan tidak mungkin pengunjung akan melakukan pemesanan secara langsung. Intinya kepercayaan konsumen akan datang dengan sendirinya jika kita menampilkan informasi yang jelas dan lengkap di website.

 

Jenis-jenis Website

Setelah pengertian website dan manfaatnya, lebih lanjut kita akan membahas beberapa jenis website yang populer untuk berbagai kepentingan dan dibedakan menurut fungsi yang paling cocok. Artinya dari jenis website secara keseluruhan kita bisa memilih salah satunya untuk diintegrasikan sesuai kebutuhan.

Jenis website

Jenis website – Image via wpagency.com.au

 

 

Mesin Pencari (Search Engine)

Search Engine adalah website yang didesain secara khusus untuk mengelompokkan daftar website di internet dalam database, kemudian data index tersebut akan ditampilkan berdasarkan keyword yang dimasukkan oleh pengguna di kolom pencarian. Nama-nama seperti Google, Bing, dan Yahoo Search adalah jenis search engine yang saat ini sudah sangat akrab bagi pengguna internet.

 

Wiki

Sat ini website wiki paling populer adalah Wikipedia. Website Wikipedia sendiri memberi keleluasaan bagi pengunjung untuk menulis, menambah, atau mengedit artikel didalamnya dengan mengacu pada peraturan-peraturan yang sudah ditetapkan.

Meskipun pengunjung website bebas menulis, menambah, dan mengedit artikel di Wikipedia namun ada tim khusus yang mem-filter content apakah layak dimuat atau tidak. Saat ini website wiki menjadi acuan dan sumber referensi namun pada kenyataanya informasi yang ada didalamnya tidak 100% akurat.

 

Company Profile

Ini adalah website yang didesain sederhana yang memuat profil / produk / jasa / portfolio perusahaan. Pada dasarnya website ini hanya digunakan untuk memperkenalkan profil sebuah perusahaan. Namun jika dikelola dengan benar bisa juga dijadikan media promosi.

Selain menampilkan profil, produk, dan portfolio, website ini juga memiliki fitur form kontak dimana pengunjung dapat menghubungi perusahaan pemiliki website jika berminat dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Belakangan Company Profile semakin berkembang. Ini bisa dilihat dari penambahan sejumlah fitur, artikel terkait, dan forum diskusi untuk membahas seputar bisnis di dunia maya.

 

Blog

Blog adalah website untuk mengekspresikan gagasan dan opini seorang blogger dalam bentuk jurnal atau diari online. Blog sendiri juga bisa memuat content atau artikel yang berisi seputar kegiatan blogger. Artikel yang ditampilkan kadang didukung media gambar atau video. Blog mempunyai ciri khas kolom komenter di bagian bawah yang bisa diisi oleh pengunjung terkait pendapat dari artikel yang ditampilkan.

Blog

Blog –  Image via colorlib.com/

 

Online Store

Toko online atau Online Store ini adalah website yang khusus digunakan untuk menjual produk secara online. Berbeda dari website-website sebelumnya, online store umumnya berisi katalog produk lengkap dengan informasi produk yang dijual serta shooping chart. Shooping chart adalah semacam fitur yang bisa digunakan pengunjung untuk pemesanan produk.

Booming online store beberapa tahun terakhir memicu bermunculannya software open source untuk membangun sebuah online store. Berbekal software-software open source tersebut siapapun bisa membangun online store sendiri, terutama mereka yang tidak memiliki budget cukup untuk menyewa jasa pembuatan website profesional.

Meski begitu membangun online store dengan hanya berbekal software open source juga bukan perkara gampang. Tentunya butuh penguasaan dalam menggunakan software ditambah pemahaman tata cara hosting sekaligus mengatur konfigurasi hosting sehingga tampilan website open source terlihat lebih menarik dan profesional.

Demikian pembahasan singkat pengertian website dan manfaatnya, juga jenis-jenis website itu sendiri. Selain beberapa contoh di atas masih banyak jenis website yang secara fungsi dan manfaat hampir sama. Website-website tersebut diantaranya: Web Portal, Archieve Site, Social Networking (Sosial Media), Forum, Portal Berita, Social Bookmarking, Media Sharing, Cloud, Corporate Website, dan lain-lain.

Add Comment