Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Lebih Optimal Dan Cepat

Laptop lemot? Laptop hang? Ya, semua itu memang sangat menyebalkan, terlebih ketika kita sedang mengerjakan tugas atau bermain game. Yang sering membuat kita frustasi adalah ketika hendak mengerjakan tugas dan tugas itu harus dikumpulkan besok hari, namun lupa save, laptop terus saja jemot dan loading.

Semua itu pernah saya rasakan dan rasanya pengen marah dan hancurkan laptop. Tapi saya berusaha sabar dan saya sadar umur laptop saya ternyata sudah tua. Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan laptp sering lemot, bukan hanya umur laptop itu sendiri.

Menurut saya pribadi yang paling mendasar adalah data penyimpanan dan memori dari sebuah laptop. Apakah sudah penuh? Semakin banyak data yang tersimpan di dalam memori, maka beban memori juga semakin tertekan.

Inilah salah satu penyebab kenapa laptop sering lemot. Bagi kamu yang sedang kesal dan ingin mendapatkan solusi tentang bagaimana cara mengatasi laptop lemot, berikut komputer media berikan sedikit tips dan solusi agar laptop kamu kembali dengan normal.

 

Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah

Sebelum kamu memutuskan untuk mengganti laptop, karena sering lemot dan hang, sebaiknya kamu harus mengetahui penyebab lemot laptop itu sendiri. Jangan asal install ulang saja karena itu akan membuat kamu repot dalam backup data.

 

Penyebab Laptop Sering Lemot

Sebelumnya sudah kita singgung bahwa salah satu faktor penyebab laptop lemot adalah terletak pada kapasitas RAM. RAM ini berfungsi untuk menyimpan data sementara ketika kamu menjalankan sebuah aplikasi. Contoh ketika kamu membuka apliaksi Microsof Word. Kamu akan melihat berapa MB memori yang digunakan?

Coba kamu buka task manager cara nya Ctrl+Shift+Esc (Tekan bersamaan).

Penyebab Laptop Sering Lemot

Penyebab Laptop Sering Lemot

Disini saya menggunakan RAM 6GB dan untuk aktivitas blogging sih masih terasa enteng, tapi kalau udah buka tab banyak akan terasa lemot. Google chrome adalah salah satu aplikasi yang paling banyak memakan RAM. Jadi kalau kamu sedang mengerjakan tugas, saran saya jangan membuka browser terlalu banyak, karena ini dapat memicu laptop kamu lemot.

Penyebab laptop lemot lainnya adalah dipucu terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan sedangkan RAM yang kamu miliki kecil. Standar RAM pada laptop sekarang ini adalah 4GB.

Sebelumnya saya menggunakan RAM 4GB dan langsung saya tambah 2GB dan total 6GB. Selama beberapa tahun pemakaian masih enteng saja. Jadi kalau laptop kamu lemot dapat menambah RAM. Baca juga: Pengertian Operating System

 

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Ya, kalau mau laptop kamu normal dan tidak sering lemot adalah dengan menambah RAM. Kamu dapat menambah RAM 2GB atau 4GB. Untuk harga saya lupa, kamu dapat browsing di Internet. Pastikan RAM yang kamu beli itu singkron dengan merek laptop yang kamu gunakan.

Kalau laptop kamu RAM nya 2GB, saran saya kamu tambah saja 4GB dengan total ram 6GB seperti laptop yang saya gunakan itu 6GB sudah bagus banget. Untuk aktivitas browsing, mengerjakan tugas entang sekali gak ada lemot.

 

Jangan Menjalankan Program Terlalu Banyak

Jika laptop kamu lemot, karena kamu terlalu banyak buka program dan browser, maka itu nomral. Saran saya jangan membuka banyak program dalam satu waktu. Untuk metatasi laptop lemot saat kamu membutka banyak program sangat mudah.

Buka task manager dan pilih program yang memakan banyak memory dan klik kiri dan pilih ”End taks

 

mengatasi laptop lemot

mengatasi laptop lemot

 

Dengan mengklik End taks, maka program yang sedang berjalan akan mendadak tertutup paksa, tanpa harus kamu tutup secara manual. Ini sangat berguna sekali untuk mencegah laptop kamu lemot.

Saya pribadi sering menggunakan cara ini ketika memory saya sudah merah mencapai 99%. Biasanay ketika kamu baru membuka sebuah aplikasi, maka RAM akan melonjak, namun setelah terbuka dengan baik, maka memory akan stabil dan normal.

 

Gunakan Aplikasi Pembersih Sampah Dan Optimal RAM

Disini saya menggunakan 3 aplikasi pembersih sampah dan dapat mengoptimalkan RAM agar laptop tidak lemot. Saya menggunakan CCleaner, baidu pc faster dan superb game booster.

Jika kamu sering bermain game dan laptop kamu lemot saran saya kamu menggunakan superb game booster karena itu akan mematikan seluruh aplikasi yang sedang berjalan di laptop kamu. Dan kamu juga dapat memilih mana aplikasi yang harus dimatikan dan yang tidak dimatikan.

Kalau Ccleaner itu pasti umum digunakan dan saya pikir kamu juga tau?

baidu pc faster

baidu pc faster

 

Baidu pc faster 100% gratis dan kamu dapat menghapus file-file yang menumpuk dan menyebabkan laptop kamu lemot dan tidak bisa dibuka. Baidu pc faster ini sangat bergua untuk membersihkan file sampah dan mengoptimalkan kembali laptop kamu agar tidak lemot.

 

Uninstall Program Yang Tidak Penting

Jangan terlalu banyak menginstall program yang dikira tidak penting. Ya, diawal membeli laptop kamu pasti semangat? Hampir semua program dan game inging diinstall? Padalah itu adalah pemicu laptop sering lemot. Saran saya gunakan aplikasi yang sewajarnay saja.

Sekarang ini kamu dapat download aplikasi atau program laptop secara gratis, santai saja. Ketika digunakan ya, tinggal download dan kalau gak perlu langsung di uninstall saja.

Cara uninstall program yang tidak berguna adalah pertama pergi ke Contrl Panel > Uninstall a Program > Pilih Aplikasi > Klik kiri dan pilih uninstall.

 

Uninstall a program on laptop

 

Di laptop saya penuh dengan game house. Kemaren saya baru saja buat artikel mengenai game house dan itu langsung saya praktekan dan install dan alhasil ada 150 free game house terinstall dan rasanay laptop saya masih oke saja heee.

 

Kesimpulan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Kesimpulannya adalah salah satu faktor penyebab laptop kamu lemot adalah terlalu banyak beban di RAM. Dan jika ram kamu kecil dan memungkinkan untuk diupgrade, maka silakan. Selanjutnya adalah terlalu banyak program yang berjalan pada waktu bersamaan.

Gunakan aplikasi pembersih agar laptop kamu lebih optimal dan lebih cepat. Saran saya ada tiga pembersih yang biasa saya gunakan yaitu CCleaner, baidu pc faster dan superb game booster.

Semoga artikel mengenai cara mengatasi laptop lemot diatas dapat memecahkan solusi agar laptop kamu lebih optimal dan berjalan dengan lancar.

Add Comment