Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan (PAN, LAN, MAN ,WAN)

Ada beberapa jenis jaringan komputer, seperti LAN (Local Area Network), PAN (Personal Area Network), WAN (Wide Area Network), dan MAN (Metropolitan Area Network). Sebelum membahas lebih jelas tentang jaringan-jaringan pada komputer, kita harus mengetahui pengertian dan manfaat jaringan komputer itu sendiri terlebih dulu.

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang didalamnya terdiri atas gabungan perangkat-perangkat PC/komputer yang dirancang atau didesain untuk bisa berbagi komunikasi, akses informasi, dan sumber daya yang berasal dari berbagai tempat yang terdapat di setiap perangkat komputer.

 

Pengertian Dan Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan

 

Manfaat Jaringan Komputer

Adapun manfaat jaringan komputer ini diantaranya dapat mempermudah komunikasi, berbagi pertukaran data atau sumber daya, membantu akses informasi, serta bisa memberikan akses informasi secara up to date dan dengan cepat.

 

Jenis Jaringan Komputer?

Berdasarkan jangkauannya, ada beberapa jenis jaringan komputer yang umum digunakan. Jenis-jenis jaringan komputer tersebut diantaranya adalah PAN (Personal Area Network), LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network) dan WAN (Wide Area Network) berikut adalah penjelasan dan fungsi dari jaringan komputer.

 

PAN (Personal Area Network)

PAN (Personal Area Network)

PAN (Personal Area Network)

 

PAN (Personal Area Network) ialah jaringan perangkat komputer yang dipakai untuk sistem transmisi data yang ada di antara perangkat tablet, komputer, PDA, smartphone, perangkat peripheral, konsol video game, dan lainnya.

PAN bisa dipakai untuk komunikasi yang terjadi antara perangkat komunikasi interpersonal, maupun untuk menghubungkan dari perangkat ke dalam jaringan melalui internet, yang mana perangkat master-nya, berperan sebagai router jaringan internet.

Jenis jaringan ini memberikan tingkat fleksibilitas tinggi, seperti memungkinkan kita untuk melakukan upload foto yang berasal dari smartphone menuju PC Anda, mengirim dokumen/file dari tablet, laptop, atau smartphone menuju printer lewat jaringan, menonton film lewat layanan streaming online menggunakan TV Anda, dan lain sebagainya.

 

LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network)

 

LAN merupakan jenis jaringan komputer yang bertugas untuk menghubungkan komputer ke area terbatas, diantaranya seperti laboratorium, sekolah, kantor, universitas, rumah, dan mempunyai perlengkapan jaringan sendiri, serta melalui interkoneksi lokal.

Jaringan LAN ini berguna untuk pembagian sumber daya, contohnya seperti pada printer dan penyimpanan data. Jenis jaringan pada PC ini bisa dibangun menggunakan hardware yang murah, seperti adapter jaringan, kabel ethernet, hub, dan wireless access point.

Jenis jaringan LAN terkecil bisa terdiri dari dua komputer, sementara LAN yang ukurannya lebih besar bisa terdiri dari ratusan hingga ribuan komputer.

Umumnya LAN sebagian besar lebih mengandalkan koneksi kabel demi meningkatkan keamanan dan kecepatan, tapi koneksi wireless pun bisa menjadi bagian LAN. Biaya yang lebih terjangkau dan kecepatan yang tinggi adalah karakteristik jaringan LAN.

LAN umumnya digunakan di satu tempat, yang mana setiap orang harus membagi sumber daya dengan mereka sendiri namun tidak berbagi dengan orang luar. Seperti gedung perkantoran, yang mana setiap karyawannya harus bisa mengakses file di server pusat.

Hal tersebut mempermudah setiap karyawan untuk mengerjakan semua tugas, namun perusahaan atau karyawan tentunya tak ingin bila orang luar bisa mengakses file dengan mudah begitu saja pada server pusat.

 

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN (Metropolitan Area Network)

 

MAN merupakan jenis jaringan komputer yang biasanya menghubungkan antara user dengan sumber daya perangkat komputer di sebuah area yang ukuran lebih besar atau sebuah area geografis yang bisa tercakup LAN, namun lebih kecil dari lokasi yang tercakup jaringan WAN.

Tergantung dari konfigurasinya, jenis jaringan ini bisa mencakup area dengan jarak beberapa mil sampai puluhan mil. Jaringan MAN sering dipergunakan untuk menghubungkan LAN-Lan agar membentuk jaringan lebih luas. Ketika jaringan tersebut didesain khusus untuk Universitas, terkadang disebut juga dengan nama Campus Area Network atau CAN.

 

WAN (Wide Area Network)

MAN (Metropolitan Area Network) Image

MAN (Metropolitan Area Network) Image

Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan telekomunikasi atau jaringan komputer yang membentang dengan jarak geografis yang begitu luas, mencakup seluruh Negara. Jaringan komputer WAN umumnya terdiri atas jaringan-jaringan komputer yang ukuranya lebih kecil, seperti MAN atau LAN.

Lembaga pendidikan dan bisnis memanfaatkan jaringan WAN untuk melakukan relay data di antara mahasiswa, para staf, pembeli, pemasok, dan klien yang berasal di berbagai daerah. Lewat pemakaian WAN, memungkinkan bisnis Anda untuk melaksanakan tugas hariannya secara efektif dimanapun berada. Internet adalah contoh paling terkenal dari WAN publik.

 

Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan Komputer Untuk Proses Data

 

  • Jaringan Peer to Peer

Jenis jaringan komputer ini tidak ada perangkat komputer server atau client sebab semua perangkat komputer bisa melakukan penerimaan atau pengiriman informasi, dengan demikian semua jenis perangkat komputer bisa berperan sebagai komputer client sekaligus server.

  • Jaringan Client Server

Dalam jaringan ini ada satu maupun beberapa perangkat komputer server serta komputer client. Perangkat komputer yang menjadi komputer client ataupun komputer server dan diubah-ubah lewat software jaringan yang terdapat pada protokolnya. Biasanya komputer client berperan sebagai perantara yang bisa mengakses data dalam komputer server, sementara komputer server sendiri menyediakan informasi sesuai yang dibutuhkan pada komputer client.

Itulah jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauannya dan berdasarkan peranan komputer pada proses data. Sangat penting sekali memahami dan menggunakan jaringan komputer di era digital seperti sekarang ini.

Add Comment