Pengertian Chipset Komputer, Fungsi & Cara Kerja Chipset Pada Komputer

Seiring dengan perkembangan teknologi maka sudah banyak bermunculan alat-alat yang berfungsi membantu meringankan kinerja manusia sehari-hari, termasuk penemuan dan perkembangan dari komputer. Komputer merupakan sebuah alat yang sangat penting dan memberikan kemudahan dalam membantu aktivitas manusia.

Banyak kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan komputer, di antaranya adalah komputer dapat melakukan accuracy yang sangat  tinggi, mampu menyimpan hingga melakukan pengolahan data dalam jumlah yang besar, dapat melakukan sebuah pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan, memiliki daya ingat yang sangat tinggi, serta mampu menghasilkan informasi yang Anda butuhkan setiap saat.

Dalam sebuah komputer, tentu terdiri atas beberapa komponen, salah satunya adalah motherboard. Motherboard merupakan sebuah perangkat yang ada di dalam komputer dan mempunyai bentuk layaknya papan PCB yang digunakan sebagai komponen induk dimana semua perangkat akan saling terhubung satu sama lain menuju motherboard.

Dalam sebuah motherboard juga terdiri atas beberapa komponen di dalamnya. Seluruh komponen dapat terhubung dengan baik akibat adanya chipset. Lalu, apa saja pengertian chipset komputer dan fungsinya serta berbagai macam jenis chipset ? Berikut ini akan kami berikan informasi terkait pengertian chipset komputer dan fungsinya serta jenis – jenis chipset.

 

Pengertian Chipset Komputer, Fungsi & Cara Kerja Chipset Pada Komputer

Pengertian Chipset Komputer, Fungsi & Cara Kerja Chipset Pada Komputer

Pengertian Chipset Komputer, Fungsi & Cara Kerja Chipset Pada Komputer – Image

 

Chipset komputer merupakan kumpulan dari chip-chip atau biasa disebut IC ( Integrated Circuit ). Chip ini dirancang secara khusus yang memiliki fungsi tertentu agar dapat bekerja sama satu dengan yang lainnya. Dalam sebuah sistem komputer, biasanya chipset akan berada pada beberapa perangkat, di antaranya pada kartu ekspansi seperti VGA Card dan motherboard.

Dengan adanya chipset ini seperti layaknya polisi lalu lintas yang memiliki tugas untuk memberikan arahan aliran data dalam sebuah komputer serta dia pula yang akan menentukan perangkat apa saja yang cocok dengan komputer.

Dengan adanya perangkat yang bernama chipset ini, semua komponen yang ada di dalam motherboard akan saling terhubung satu sama lain. Jika chipset itu rusak, maka bisa diasumsikan hampir seluruh perangkat komputer lainnya tidak bisa bekerja alias rusak. Chipset juga bisa dianalogikan sebagai sebuah jembatan yang akan menjadi perantara antar komponen yang satu dengan komponen lainnya.

 

Fungsi dari Chipset Komputer

Chipset pada komputer memiliki fungsi sebagai pengatur aliran data yang bekerja di dalam sebuah komputer. Misalkan, pada saat Anda menyalakan sebuah komputer, maka perangkat yang akan pertama kali menyala adalah processor. Saat itu juga processor akan mulai bekerja. Dan hardisk akan melakukan sebuah proses loading dalam sistem operasi dan akan dilanjutkan dengan proses booting yang memerlukan kapasitas RAM.

Seluruh rangkaian proses tersebut diatur sepenuhnya oleh chipset. Chipset akan mengatur seluruh aliran data di komputer Anda, mulai dari processor, hardisk, RAM, dan perangkat yang lainnya hingga komputer dapat bekerja secara optimal. Tidak hanya itu saja, chipset juga dapat menentukan kecepatan dari bus memori, bus grafis, hingga front side bus, dan juga kapasitas yang didukung oleh motherboard komputer.

Chipset pada sebuah video card memiliki fungsi untuk melakukan pengontrolan rendering grafik 3D dan juga output yang berupa gambar di sebuah monitor. Sedangkan berbeda dengan chipset video card, chipset pada motherboard memiliki fungsi untuk melakukan pengontrolan pada input serta output yang mendasar pada sebuah komputer.

Macam-macam chipset yang ada dalam sebuah komputer

Macam-macam chipset yang ada dalam sebuah komputer –  Image

 

Macam-macam chipset yang ada dalam sebuah komputer

Perlu Anda ketahui bahwa secara umum chipset yang berada dalam komputer terdiri atas 2 jenis chipset, yakni chipset northbridge dan juga chipset southbridge. Kedua jenis chipset ini memiliki perbedaan satu sama lain berikut adalah penjelasan mengenai kedua chipset tersebut :

  1. Chipset Northbridge

Chipset northbridge memiliki peranan yang cukup penting dalam sebuah proses di komputer. Chipset ini memiliki beberapa tugas seperti sebagai penghubung processor dengan sistem memori dan juga graphic controller melalui bus yang memiliki kecepatan yang tinggi serta sebagai penghubung ke southbridge juga. Chipset northbridge memiliki nama lain yaitu MCH atau Memory Controller Hub yang memiliki letak yang lebih dekat dengan processor dalam komputer.

  1. Chipset Southbridge

Selain chipset northbridge, pada chipset jenis lain yang tak kalah pentingnya yakni yang bernama chipset southbridge. Chipset jenis ini merupakan sebuah chipset yang berhubungan langsung dengan peripheral melalui sebuah jalur penghubung.

Chipset southbridge ini memiliki beberapa tugas penting di antaranya adalah sebagai penghubung antara ISA dan PCI, melakukan pengontrolan terhadap bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, dan sebagai sebuah fitur power management. Jadi, jika komputer Anda mengalami masalah dalam power managementnya mungkin saja chipset ini yang mengalami kerusakan.

Itu dia informasi terkait dengan pengertian chipset komputer dan fungsinya serta jenis- jenis dari chipset. Semoga dengan membaca artikel kali ini dapat memberikan Anda wawasan mengenai chipset komputer.

Add Comment