Pengertian Hosting, Fungsi, Jenis Dan Manfaat Hosting

Hosting menjadi tempat yang sangat umum orang gunakan dalam menyimpan data atau file di sebuah webiste . Bagi Anda seorang Blogger atau Internet Marketer, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya hosting? Hosting biasanya digunakan para Blogger untuk mengelola blog atau toko online.

Di Indonesia sendiri provider hosting mulai menjamur, hal ini berkat pertumbuhan digital yang sangat pesat Dan permintaan akan kapasitas hosting kian meningkat.

Nah, bagi Anda yang baru terjun di dunia digital, pasti bingung dengan pengertian hosting? Apa saja fungsi dan manfaat hosting? Dari para penasaran, berikut kami share informasi mengenai hosting.

 

Pengertian Hosting, Fungsi, Jenis Dan Manfaat Hosting

Pengertian Hosting, Fungsi Dan Manfaat Hosting

Pengertian Hosting, Fungsi Dan Manfaat Hosting

 

 

Pengertian hosting secara Singkat

Pengertian hosting bisa diartikan sebagai tempat penampung segala macam data yang digunakan dalam membuat sebuah web. Jadi web diibaratkan sebagai rumah yang diisi dengan segala macam barang sesuka kita. Sedangkan, untuk menyewa rumah dibutuhkan tanah, dan hosting bisa diibaratkan sebagai tanah tersebut.

Hosting sendiri terhubung dengan satu atau beberapa server dengan jaringan internet yang berkecepatan tinggi. Setelah memiliki hosting, Anda juga harus menginformasikan pada orang lain agar website Anda bisa dikunjungi. Biasanya ditandai dengan alamat. Alamat tersebut yang dikenal dengan nama domain.

Untuk mendapatkan hosting juga berbagai macam cara, ada yang bisa didapatkan dengan gratis, ada juga yang berbayar. Hosting gratis dan berbayar, pastinya memiliki nilai plus dan minusnya sendiri. Biasanya untuk hosting gratis nama domain mengikuti nama penyedia hosting tersebut. Sedangkan, hosting berbayar, Anda bisa memilih domain sesuka hati.

 

Fungsi hosting secara umum

Setelah mengetahui pengertian hosting di atas, saat ini membahas akan fungsi hosting itu sendiri. Setidaknya, hosting memiliki dua fungsi utama, yakni.

  1. Sebagai tempat penyimpanan data

Seperti layaknya tanah, semakin luas tanah maka semakin luas pula rumah yang bisa dibangun. Hal tersebut juga berlaku untuk hosting. Maka akan semakin banyak pula data yang bisa disimpan dalam hosting tersebut. Untuk hosting berbayar sendiri Anda bisa memilih beberapa kapasitas penyimpanan yang berbeda. Pastinya, setiap kapasitas memiliki harga yang berbeda-beda.

Semakin tinggi kapasitas penyimpanan akan semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Ada beberapa kapasitas penyimpanan yang standar, yakni 50 MB, 100 MB,  500 MB hingga ratusan GB. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Di sini terkadang yang juga membuat orang bingung untuk memilih hosting gratis atau berbayar. Sebenarnya, untuk hosting gratis akan dibatasi kapasitas penyimpanan dan bandwidth . Bahkan, hal tersebut biasanya sangat terbatas.

  1. Menjaga situs selama 24 jam

Memiliki hosting yang tepat dan servernya tidak mudah down, maka setiap ada orang yang ingin mengunjungi website Anda akan bisa mengaksesnya dengan mudah dan lancar. Namun beberapa hosting mungkin memiliki kekurangan, seperti sering down dan membuat website tidak bisa diakses, terlebih saat ramai. Bagi yang menggunakan web untuk berbisnis lebih baik menghindari penggunaan hosting ini agar bisa diakses 24 jam penuh.

Berbicara tentang jenis-jenis hosting, ada beberapa jenis hosting yang bisa Anda pilih yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda baik untuk pemula, personal, perusahaan, toko online dan bisnis. Berikut ini beberapa jenis hosting yang bisa Anda pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Cpanel Demo

Cpanel Demo

 

 

Free hosting (hosting gratis)

Pengertian hosting yang satu ini hanya ditujukan untuk para pengguna internet dan tidak dipungut biaya apapun. Sayangnya, hosting yang satu ini hanya memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. Bukan hanya itu saja, layanan yang diberikan juga terbatas dan tidak memungkinkan pengguna untuk bisa memiliki domain pribadi. Kebanyakan free hosting digunakan oleh para blogger, seperti wordpress, blogger, tumblr, weebly dan masih banyak lagi.

 

Shared hosting (hosting berbagi)

Dalam hosting berbayar, kebanyakan orang akan memilih shared hosting. Karena shared hosting akan menempatkan web Anda pada server yang sama dengan web lainnya, mulai dari satuan hingga ratusan. Kebanyakan domain yang dimiliki berbagai dalam satu server dengan sumber daya server dan digunakan bersamaan, seperti CPU dan RAM.

Untungnya, shared hosting memiliki biaya yang cukup rendah. Bukan hanya itu saja, shared hosting juga bisa diterima secara luas sebab cukup mudah untuk dijalankan karena sudah tersedia control panel atau yang lebih dikenal dengan Cpanel.

Sayangnya, hosting ini tidak adanya layanan root. Dengan begitu, kemampuan untuk menangani lalu lintas tinggi juga terbatas. Selain itu, performa situs Anda juga bisa terpengaruh dari situs lainnya. Shared hosting ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengembangkan personal blog, belajar wordpress dengan self hosting, mengelola mini blog.

Contoh Layanan Hosting Menggunakan VPS Di DigitalOcean

Contoh Layanan Hosting Menggunakan VPS Di DigitalOcean

 

 

Dedicated hosting

Pengertian hosting yang satu ini hampir sama dengan shared hosting. Namun bendanya, satu server hanya untuk satu website saja. Bisa dikatakan satu server hanya melayani satu website saja secara khusus. Ada dua varian dedicated hosting, yakni colocation dan dedicated server.

Colocation berarti server atau mesin disediakan oleh kliennya sendiri, baru kemudian dimasukan dalam pusat data penyedia hosting. Sedangkan dedicated server adalah server disediakan oleh para pihak penyedia hosting.

Keuntungan akan hosting yang satu ini adalah performa yang diberikan lebih baik. Bukan hanya itu saja, privasi data akan lebih terjaga. Pasalnya, tidak ada web lainnya yang ikut menggunakan server ini.

 

VPS hosting

VPS atau Virtual Private Server adalah teknologi sever yang paling populer sekarang ini. VPS bekerja seperti sebuah server yang terpisah dimana dapat melakukan full root access. Pada setiap VPS memiliki IP, port, tables, routing rules dan filtering sendiri.

Ada dua tipe operasi sistem yang paling populer digunakan pada VPS ini kedua OS tersebut adalah Windows dan Linux. Di dalam VPS terdapat resource server yang meliputi RAM, CPU Core, CPU Usage dan Penyimpanan. Untuk menggunakan Layanan VPS ini tentu saja dibutuhkan Panel seperti Cpanel (berbayar) dan beberapa Panel gratis lainnya seperi VestaCP, Webuzo, Webmin, Virtualmin, ServerPilot dan lain sebagainya.

 

Cloud hosting

Cloud hosting adalah hosting dengan banyak server. Uniknya, setiap server bisa saling berinteraksi satu sama lainnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga performa website. Hosting ini memberikan keuntungan akan kestabilan server. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir karena tidak adanya keterbatasan sumber daya.

Itulah sedikit inforamsi mengenai pengertian hosting, fungsi hosting, jenis hosting dan manfaat hosting. Semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan Anda informsi beharga dan kedepannya dapat memilih mana jenis hosting yang cocok untuk Anda gunakan.

Add Comment