Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-jenisnya Lengkap

Dilihat dari fungsinya, pengertian jaringan komputer yaitu suatu sistem jaringan yang memungkinkan saling terhubungnya dua atau lebih komputer melalui jaringan dan media transmisi yang sama. Dengan jaringan komputer maka pengguna lebih mudah berbagi data, file, aplikasi, serta software-software komputer. Adapun tujuan spesifik dibangunnya jaringan komputer yaitu supaya data yang ditransfer oleh transmitter (pengirim) dapat diterima oleh receiver (penerima) secara cepat dan akurat.

Dalam jaringan komputer sendiri pihak yang meminta atau menerima data disebut client. Sementara itu server adalah sebutan pemberi atau pengiriman layanan data. Desain jaringan komputer tersebut dinamakan sistem client-server yang kemudian digunakan oleh hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Proses transfer data dilakukan dengan cara menghubungkan kartu jaringan masing-masing komputer melalui media transmisi data menggunakan kabel ataupun nirkabel. Software sistem jaringan kemudian membentuk jaringan komputer sederhana. Dibutuhkan beberapa alat tambahan seperti Router, Bridge, Gateway, Hub, atau Switch jika pengguna ingin memperluas jangkauan jaringan. Peralatan tersebut berfungsi sebagai alat interkoneksi.

 

Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-jenisnya Lengkap

Jenis jaringan komputer setidaknya dibagi menjadi 5 kategori diantaranya: jaringan menurut jangkauan, distribusi sumber data, media transmisi data, hubungan masing-masing komputer dalam memproses data, serta menurut jenis topologi.

 

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis

  • Local Area Network (LAN)

Jaringan komputer jenis LAN ini hanya mencakup area kecil dan terbatas seperti sekolah, mall, kantor, warnet dan sejenisnya. Secara umum jangkauan Local Are Network hanya sekitar radius 1 km persegi. Teknologi yang digunakan untuk jaringan ini biasanya IEEE 802.3 Ethernet dengan kecepatan hingga 100 mbps. Untuk jaringan LAN sendiri tidak selalu menggunakan Ethernet namun juga teknologi nir-kabel, misalnya jaringan Wi-Fi.

  • Metropolitan Area Network (MAN)

MAN memiliki kecepatan transfer data lebih tinggi dari LAN. Jaringannya sendiri mencakup dalam satu wilayah kota. Bisa dikatakan Metropolitan Area Network adalah penggabungan dari beberapa LAN dengan jangkauan hingga radius 10 km – 50 km. Jaringan ini hanya menggunakan 1 -2 kabel sehingga lebih simple karena juga tidak dilengkapi elemen switching.

  • Wide Area Network (WAN)

Berbeda dari LAN dan MAN, Wide Are Network atau WAN memiliki jangkauan mencakup daerah geografis yang sangat luas, bisa satu negara bahkan benua. Jaringan ini biasanya dimanfaatkan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal. Dengan demikian komunikasi antar pengguna bisa berjalan lancar meskipun berada di lokasi berbeda.

Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-jenisnya

Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-jenisnya – Sumber gambar via pavernet

 

 

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Data

  • Jaringan Terpusat

Pengertian jaringan komputer yang satu ini yaitu jaringan yang terdiri atas komputer client serta komputer server. Disini tugas dari komputer client adalah sebagai perantara saat mengakses sumber data atau informasi dari komputer server. Pada Jaringan Terpusat ada istilah terminal bisu (dumb terminal) yang artinya tidak terdapat alat pemroses data di terminal ini.

  • Jaringan Terdistribusi

Jaringan Terdistribusi adalah sebuah jaringan yang merupakan hasil penggabungan beberapa Jaringan Terpusat. Dengan jaringan ini sangat memungkinkan bagi beberapa komputer server maupun client untuk saling terhubung dan selanjutnya membentuk sistem jaringan tertentu.

Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Data

 

 

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan

  • Wired Network (Jaringan dengan Kabel)

Sepert namanya jaringan komputer berbasis transmisi data ini menggunakan media kabel khusus. Kabel ini menjadi penghubung antar komputer untuk saling mengirim atau menerima data (informasi) dan untuk menghubungkan ke internet. Biasanya jenis kabel UTP merupakan media transmisi yang paling banyak digunakan pada Wired Network atau jaringan berkabel.

  • Wireless Network (Jaringan tanpa Kabel)

Ini merupakan kebalikan dari Wired Network. Wireless Network atau jaringan tanpa kabel atau akrab kita sebut nirkabel tidak membutuhkan kabel sebagai media transmisi. Sebagai gantinya Wireless Network membutuhkan gelombang elektromagnetik sebagai media transfer data. Untuk saling bertukar data maka gelombang elektromagnetik akan mengirim sinyal dari satu komputer ke komputer lain. Salah satu media transmisi yang paling sering digunakan pada jaringan nirkabel adalah Wireless Adapter.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan

 

 

Jenis Jaringan Komputer Menurut Peran dan Hubungan Tiap Komputer dalam Pemrosesan Data

  • Jaringan Client-Server

Jaringan komputer ini melibatkan satu atau lebih komputer client dan komputer server. Secara umum dalam penggunaannya terdiri dari satu komputer server dan lebih dari satu komputer client. Disini komputer server memiliki peran sebagai penyuplai sumber daya data, sementara komputer client hanya bisa menggunakan sumber daya data tadi.

  • Jaringan Peer to Peer

Jaringan komputer ini tergolong paling fleksibel dimana baik komputer server maupun komputer client dapat menjalankan fungsi yang sama. Komputer client bisa menjadi komputer server, sebaliknya komputer server juga bisa menjalankan peran komputer client.

Jenis Jaringan Komputer Menurut Topologi Jaringan yang Digunakan

Jenis Jaringan Komputer Menurut Topologi Jaringan yang Digunakan

 

 

Jenis Jaringan Komputer Menurut Topologi Jaringan yang Digunakan

  • Topologi Star

Topologi bintang atau disebut topologi star adalah topologi jaringan dimana untuk menghubungkan antar komputer client umumnya menggunakan switch (hub). Kelebihannya, jaringan ini tetap berjalan normal dan tidak mempengaruhi komputer lain apabila salah satu komputer mengalami gangguan.

  • Topologi Bus

Topologi bus umumnya digunakan pada instalasi berbasis jaringan fiber optic. Pada instalasi jaringan biasanya digabungkan dengan topologi star supaya dapat terhubung dengan client (node). Jaringan ini menggunakan jenis kabel coaxial dimana pada ujung kabel biasanya diberikan T connector yang berfungsi sebagai kabel end to end. Kelemahannya, komputer client yang yang lain bisa terganggu jika salah satu kabel pada jaringan topologi bus ini bermasalah atau putus.

Selain Topologi Star dan Topologi Bus, masih ada beberapa jenis topologi jaringan komputer lainnya yaitu: Topologi Ring, Topologi Mesh, Topologi Peer to Peer, Topologi Linier, Topologi Tree, dan Topologi Hybrid.

Demikian pengertian jaringan komputer dan manfaatnya secara umum. Disini cukup banyak jenis jaringan komputer, semua memiliki keunggulan dan kelebihan namun masing-masing bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Add Comment