Pengertian Kuota Internet, Manfaat & Tips Memilih Kuota Internet [Lengkap]

Kita sering menggunakan kuota internet, lantas apa itu kuota internet? Kuota internet adalah batasan pemakaian sebuah jaringan internet pada perangkat device. Pengertian kuota internet ini memang selalu kita dengar hampir setiap hari, namun taukah kamu bahwa sekarang ini harga kuota internet semakin murah?

Dulu harga kuota internet sangat mahal, namun dengan berjalanya waktu dan banyaknya wifi gratis, maka paket internet cukup murah. Misalkan saja paket kuota internet telkomsel, indosat, bima 3 dan lain sebagainya. Dari provider tesebut menyediakan aneka jenis paket internet yang tentu saja membuat mobilitas kamu dalam berinternet semakin mudah.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai pengertian kuota internet, manfaat dan tips membeli kuota internet yang idea.

 

Pengertian Kuota Internet, Manfaat & Tips Memilih Kuota Internet

Pengertian Kuota Internet, Manfaat & Tips Memilih Kuota Internet [Lengkap]

Pengertian Kuota Internet, Manfaat & Tips Memilih Kuota Internet [Lengkap]

Arti Kata Kuota Internet

Tidak jauh berbeda dengan pandangan masyarakat pada umumnya, kuota internet adalah batasan penggunaan internet dalam waktu tertentu. Sebagai contoh, kuota internet yang Anda beli adalah 1 GB selama 1 bulan. Ini artinya, Anda bisa mengakses internet dalam satu bulan hanya sebesar 1 GB. Jika penggunaan Anda melebihi dari kuota ini sebelum satu bulan, maka koneksi internet akan diturunkan alias melambat. Sebaliknya, meskipun kuota masih banyak, namun sudah dalam batas waktu satu bulan, maka kuota tersebut akan hangus.

Pada umumnya, setiap provider menyediakan beberapa jenis kuota, antara lain kuota utama, kuota bonus, kuota malam, kuota reguler 24 jam, kuota download, kuota streaming dan banyak lagi. Sebagai konsumen, Anda harus mengetahui pengertian dari setiap jenis kuota ini agar tepat penggunaannya.

  1. Kuota utama adalah kuota inti yang dapat digunakan untuk aktivitas apa saja.
  2. Kuota reguler adalah kuota yang digunakan untuk apa saja dan dalam waktu kapan saja.
  3. Kuota bonus adalah kuota tambahan yang bisa digunakan dengan syarat tertentu, misalnya saat pembelian pertama.
  4. Kuota malam adalah kuota yang hanya bisa digunakan pada waktu malam hari dengan batasan waktu yang sudah ditentukan. Biasanya mulai dari jam 00:00 hingga pagi hari.
  5. Kuota download adalah kuota yang hanya bisa digunakan pada saat Anda ingin mendownload sesuatu dari internet.
  6. Kuota streaming adalah kuota yang digunakan untuk menonton streaming saja misalkan di youtube atau aplikasi yang disediakan oleh provider.
  7. Kuota 4G adalah jenis kuota yang hanya dapat diakses dalam jaringan 4G saja selebih itu Anda akan dikenakan tarif normal (menggunakan pulsa).

 

Arti Kata Kuota Internet Unlimited

Pastinya Anda juga pernah mendengar istilah kuota internet unlimited. Secara bahasa, unlimited mempunyai arti tidak berbatas. Dengan kata lain, kuota internet unlimited adalah kuota internet yang bisa digunakan tidak terbatas. Hanya saja, Anda jangan terkecoh dengan istilah ini. Jangan dibayangkan bahwa dengan menggunakan jenis kuota ini, akses internet yang bisa Anda lakukan benar-benar tidak terbatas.

Ada catatan kecil dalam istilah ini, yaitu dalam penggunaan wajar. Dan, penggunaan wajar ini sangat bergantung pada kebijakan dari setiap provider yang menerbitkannya. Dengan kata lain, meskipun Anda memilih kuota internet unlimited, penggunaan akses yang Anda lakukan juga harus sewajarnya. Jika akses yang Anda lakukan sudah melebihi kewajaran, maka kecepatan akses akan diturunkan. Biasanya, pada saat batasan kewajaran telah lewat, Anda akan diberi pesan melalui SMS.

 

Tips Memilih Paket Data yang Ideal

Kuota internet biasanya dikemas dalam paket data oleh setiap provider. Saat ini, ada banyak sekali paket data yang disediakan. Masing-masing memberikan keistimewaan bagi pelanggannya. Sayangnya, banyak orang yang tidak mengerti dengan pemilihan paket data ini. Alhasil, dalam satu bulan, terjadi pemborosan, entah dalam bentuk kuota maupun nominal uang yang dikeluarkan. Sebagai contoh, seseorang membeli paket data 18 GB selama satu bulan. Padahal, hingga akhir bulan ternyata kuota yang digunakan tidak sampai 10 GB. Sebaliknya, seseorang membeli paket 18 GB selama satu bulan, ternyata belum sampai setengah bulan sudah habis sehingga harus membeli lagi. Ingat, membeli paket data dengan kuota besar biasanya harganya lebih murah. Nah, agar semua itu terjadi pada Anda, berikut ini tips memilih paket data yang ideal:

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Setiap orang pasti mempunyai kebutuhan masing-masing terhadap koneksi internet yang dilakukan. Ada yang biasa menggunakan internet hanya untuk chatting atau penggunaan media sosial. Ada juga yang menggunakan internet untuk browsing, download, maupun streaming video. Untuk kedua kondisi ini, jelas kuota yang dibutuhkan sangat berbeda. Jika hanya digunakan untuk chatting dan media sosial, Anda cukup menggunakan paket data sekitar 1 GB hingga 2 GB. Jika untuk download, browsing, terlebih streaming video, paket data yang Anda beli harus lebih besar lagi.

  1. Mengetahui Waktu Tepat Akses Internet

Selain menyesuaikan kebutuhan, Anda juga harus mengaktifkan paket data tersebut sesuai dengan waktu yang tepat. Sebagai contoh, pada saat tidak digunakan, matikan paket data yang ada sehingga penggunaan kuota bisa lebih terkontrol. Selain itu, lihat jenis kuota yang Anda pilih. Jika kuota internet lebih banyak pada kuota malam, gunakan kuota internet Anda pada malam hari dan batasi penggunaannya pada siang hari.

  1. Memasang Fitur Pembatas Penggunaan Data

Dengan fitur ini, Anda dapat lebih mengontrol penggunaan internet. Sebelum dalam batas kuota yang ada dalam paket, fitur ini akan lebih dahulu memperingatkan Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan kebablasan saat menggunakan internet.

Itulah sekilas tentang pengertian kuota internet, baik berbatas maupun tidak berbatas. Pastikan Anda membeli kuota internet sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Add Comment