Pengertian Localhost, Fungsi Dan Kelebihan Localhost

Mungkin bagi orang awam lebih mengenal pengertian internet dibandingkan pengertian localhost. Namun, bagi yang sudah terjun pada dunia web, istilah localhost tidak terasa asing lagi. Pasalnya, istilah ini memberikan kemudahan pada para pengembang web. Hal tersebut dilakukan guna menguji web yang dirancang tersebut. Apakah nantinya ada perubahan atau tidak. Untuk mengenal lebih dalam akan pengertian localhost, berikut penjelasannya.

 

Pengertian localhost, Fungsi Dan Kelebihan Localhost

Pada dasarnya, localhost lebih banyak digunakan oleh orang-orang yang bekerja di dunia web developer. Kebanyakan para web developer menggunakan localhost sebelum menerapkannya pada hosting karena localhost ini lebih ringan, sedangkan hosting ke Internet membutuhkan biaya yang cukup tinggi.

Pengertian localhost, Fungsi Dan Kelebihan LocalhostPengertian localhost, Fungsi Dan Kelebihan Localhost

Pengertian localhost, Fungsi Dan Kelebihan Localhost – Image

 

Jadi, localhost ini digunakan untuk membuat web dinamis, salah satunya adalah penggunaan PHP atau database mysql. Lantas seperti apa localhost itu sebenarnya? Pengertian localhost sendiri terdiri dari dua kata yakni “local” dan “host”. Local berkaitan erat dengan lokal, sedangkan host memiliki hubungannya dengan hosting.

Bisa disimpulkan, localhost adalah nama default yang digunakan untuk membuat komputer Anda sebagai server local. Namun untuk menjadikan komputer Anda sebagai server lokal dibutuhkan beberapa software yang harus diinstal, yakni WAMP atau XAMPP. Di mana kedua software tersebut memang mendukung localhost.

Localhost Menggunakan XAMPP

Localhost Menggunakan XAMPP – localhost

 

Bedanya localhost dengan internet

Setelah mengetahui pengertian localhost di atas, beberapa orang masing menyamakan localhost dengan internet. Padahal keduanya memiliki prinsip kerja yang berbeda. Walaupun memang keduanya bisa memberikan kemampuan untuk akses pada halaman website dinamis.

Internet sendiri merupakan jaringan komputer yang terhubung dengan IP/TCP. Sehingga internet memungkinkan Anda mengakses apapun tanpa batas. Sedangkan localhost adalah jaringan server skala kecil dan berada dalam satu jaringan LAN.

Internet memberikan hak akses pada penggunanya tanpa kenal batasan waktu dan tempat, karena sifatnya memang terbuka. Sedangkan, localhost lebih tertutup dan hanya bisa mengakses data HTTP yang sudah diinstal pada komputer.

Internet bisa diakses oleh seluruh dunia dengan IP yang berbeda. Sedangkan untuk localhost hanya bisa diakses dengan IP lokal. Saat web sudah di hosting harus memiliki nama domain, sedangkan localhost memungkinkan Anda membuat alamat domain sendiri.

 

Fungsi localhost

Pengertian localhost sudah, perbedaanya dengan internet juga sudah. Sudah saat Anda mengenal fungsi dari localhost itu sendiri. Pada umumnya, localhost digunakan untuk membuat komputer Anda sebagai server lokal. Hal ini dilakukan agar bisa mengolah atau mengakses database dengan phpmyadmin. Selain itu, Anda juga bisa leluasa menjalankan web dengan bahasa pemrograman, seperti CSS, HTML, PHP atau Javascript.

Selain itu, localhost memungkinkan Anda untuk mengakses wordpress, bahkan saat online sekalipun tanpa terhubungan jaringan internet. Bukan hanya itu saja, dengan localhost jalur data yang dilalui akan sangat cepat. Oleh karena out, Anda bisa melakukan perubahan script dan menyimpannya kembali di server lokal Anda.

 

Jenis web server localhost

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa untuk bisa membuat aplikasi sebagai web otomatis Anda harus menaruh pada web server agar bisa berjalan dan diakses oleh pengguna. Artinya, Anda harus menginstall aplikasi tersebut pada komputer yang digunakan sebagai local server.

Saat Anda menyewa hosting biasanya sudah ada aplikasi server web yang terinstall, yakni Litespeed, Nginx, Apache dan masih banyak lagi. Namun aplikasi tersebut hanya berjalan untuk Linux. Bagi Anda yang mengguna Windows, biasanya Microsoft mempublishnya sendiri.

Nah, berikut ini macam-macam web server localhost yang bisa digunakan oleh Anda secara gratis, di antaranya:

  1. Xampp merupakan aplikasi pengembangan dan berguna untuk web berbasis PHP dan mysql.
  2. Wamp Server adalah aplikasi yang membuat komputer Anda menjadi server atau server offline.
  3. AMPPS adalah bisa digunakan untuk localhost atau online.
  4. Uwamp adalah sekumpulan software yang berguna untuk memudahkan menginstal PHP.
  5. Easyphp merupakan software antarmuka yang berguna menjalankan cms web berbasis SQL di localhost offline.

 

Keuntungan menggunakan localhost

Keuntungan dengan memiliki localhost sendiri adalah sebagai sarana latihan.di mana, dengan adanya web server sendiri Anda bisa berlatih bagaimana menjalankan wordpress. Selain itu, Anda juga dilatih untuk mengubah tampilan dan lain sebagainya. Selain itu, localhost juga termasuk offline sehingga tidak perlu akses internet. Dengan begitu, cukup menghemat uang.

Tips memilih localhost

Pengertian localhost sudah dijelaskan secara mendetail. Lantas bagaimana cara untuk memiliki localhost itu sendiri. Sebenarnya untuk mendapatkan localhost sendiri, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut berhubungan dengan software. Syarat utama memiliki localhost adalah memiliki PHP, mysql, Apache.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab sudah ada beberapa program yang sepaket memilikinya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, yakni XAMPP. Namun sayangnya, program ini memiliki ukuran yang besar. Walaupun begitu, cukup baik untuk membuat localhost sendiri.

Add Comment