Pengertian VPS (Virtual Privat Server) & Kelebihan VPS Untuk Website

Apakah Anda pernah mendengar kata hosting? Salah satu server yang digunakan sebagai penyimpan data dalam website. Jenis – jenis hosting sendiri bermacam-macam, mulai dari free, shared, cloud, dedicated hingga VPS. Kali ini akan membahas lebih dalam pengertian VPS dan segala informasinya, berikut penjelasannya.

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server yakni teknologi server side dengan sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin yang memiliki kapasitas besar dibagi pada beberapa virtual mesin. Nah, setiap virtual mesin ini akan melayani perangkat lunak dan sistem operasi secara mandiri menggunakan konfigurasi cepat. Pada umumnya, VPS digunakan untuk software bot, cloud computing, hingga untuk trading.

Pengertian VPS juga bisa dikatakan sebagai sebuah metode untuk membagi atau mempartisi resource atau sumber daya sebuah server menjadi beberapa server ritual. Server itulah yang memiliki kemampuan untuk menjalankan sebuah operating sistem dengan sendiri seperti server pada umumnya. Hebatnya lagi, Anda bisa me-reboot server virtual secara terpisah.

Pengertian VPS (Virtual Privat Server) & Kelebihan VPS Untuk Website

Pengertian VPS (Virtual Privat Server) & Kelebihan VPS Untuk Website

Pengertian VPS (Virtual Privat Server) & Kelebihan VPS Untuk Website

 

 

Kegunaan VPS

Setelah mengenali beberapa pengertian VPS, berikuti ini adalah kegunaan dari VPS itu sendiri, di antaranya adalah

  1. Web hosting

Fungsi utama dari VPS adalah sebagai web hosting yang banyak digunakan oleh para pengguna. Biasanya fungsi ini lebih banyak digunakan oleh para pengusaha atau web level menengah. Bahkan penggunaan VPS sangat pas untuk menjalankan web hingga menyimpan file. Contohnya adalah web download aplikasi, streaming online dan portal berita yang menampung banyak visitor.

  1. Back up data

Kegunaan selanjutnya adalah sebagai sarana backup data. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyimpan data secara terpisah. Kemudian, Anda bisa menggunakan data itu kembali saat membutuhkannya. Hal ini sangat cocok untuk data yang hilang atau rusak karena faktor tertentu.

  1. Host server

VPS juga berguna sebagai host server. Hal ini sangat pas untuk Anda yang ingin tingkat keamanan akan data koneksi internet Anda. Bukan hanya itu saja, hal ini juga cocok sebagai controller server CCTV yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

  1. File server

Fungsi VPS sebagai file server berkaitan dengan disk VPS. Di mana, disk tersebut memungkinkan Anda untuk leluasa mengakses, menyimpan dan mengambil kembali isi file yang ada pada server secara online.

  1. Hosting applications

Fungsi VPS yang satu ini hampir sama dengan fungsi web server. Hanya saja fungsi ini memungkinkan untuk tasking syntax oleh aplikasi saja. Hal ini membuat server hosting tidak bisa sembarangan menjalankan beberapa perintah aplikasi server.

Menjalankan VPS di DigitalOcean

Menjalankan VPS di DigitalOcean –  Gambar

 

Jenis-jenis VPS

Bukan hanya pengertian VPS saja, rupanya VPS juga memiliki jenis-jenisnya. Secara umum, jenis VPS ada dua jenis berdasarkan cara pengelolaannya, yakni seperti berikut ini.

  1. Managed VPS

Managed VPS atau dikenal juga dengan fully managed VPS merupakan jenis VPS yang sudah dikonfigurasi oleh penyedia jasa hosting. Dengan begitu, instalasi sistem operasi, setting atau teknik server sudah bisa langsung digunakan. Dengan kata lain, saat Anda memilih managed VPS, maka Anda hanya tinggal menunggunya saja.

Jenis VPS ini sangat pas untuk Anda yang memang ingin menggunakan VPS hosting. Hanya saja, tidak ingin diribetkan akan urusan masalah server. Untuk harga pasti lebih mahal dari pada Unmanaged VSP, namun bisa dipastikan Anda tidak perlu pusing dalam masalah konfigurasi.

  1. Unmanaged VPS

Kebalikannya dari managed VPS, pengertian VPS jenis ini merupakan hosting yang segala konfigurasinya diserahkan pada pengguna. Jadi penyedia hosting tidak ikut campur akan masalah instalasi sistem operasi, aplikasi, server hingga setting. Sedangkan pihak penyedia jasa hanya menyediakan VPS saja. Namun, untuk masalah harga Unmanaged VPS jauh lebih terjangkau dan lebih banyak digunakan.

 

 

Kelebihan penggunaan VPS

Pastinya menggunakan VPS memiliki kelebihannya sendiri. Berikut ini beberapa kelebihan yang Anda dapatkan saat menggunakan VPS.

  • Anda memiliki kontrol penuh akan server, mulai dari penggunaan sumber daya, jenis web yang akan dibuat, hingga perangkat lunak yang akan diinstal.
  • Masalah biaya hosting ini termasuk murah dibandingkan dengan dedicated hosting. Bahkan performa yang dimiliki melebihi shared hosting.
  • VPS hosting memungkinkan Anda untuk menggunakan unlimited domain yang ada di dalamnya. Hanya saja, selama VPS tersebut mampu untuk menampungnya.
  • VPS hosting memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan IP yang berbeda dengan pengguna lainnya. Dengan begitu, web Anda tidak akan terpengaruh dengan web lainnya.

 

Kekurangan VPS

Hanya saja VPS juga memiliki kekurangan, salah satunya hosting ini tidak cocok untuk para pemula. Terlebih lagi jenis unmanaged VPS yang memungkinkan Anda menggunakannya sendiri. Mulai dari menginstall software hingga mengatur banyak hal. Selain itu, sering terjadi gangguan server dan harus dimonitoring semaksimal mungkin. Untuk harga VPS juga terbilang lebih mahal dari pada shared hosting karena sistem VPS ini mandiri dan belum lagi untuk membeli Cpanel dibutuhkan biaya, meskipun ada beberapa Panel gratis.

 

Kesimpulan VPS

Sebenarnya, VPS hosting merupakan pilihan pas untuk Anda yang ingin memiliki hosting lebih fleksibel daripada layanan shared hosting. Dengan menggunakan VPS, memungkinkan Anda untuk mendapatkan layanan yang hampir sama dengan dedicated hosting. Hanya saja, biaya yang dikeluarkan lebih rendah dibandingkan dedicated hosting. Selain itu VPS ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki traffic website yang sudah besar, sehinga dengan menggunakan VPS ini beban website kamu lebih cepat dan tidak overload lagi.

Add Comment