Memahami Perbedaan SSD, SSHD, dan HDD Secara Singkat

Perbedaan SSD, SSHD, dan HDD – Secara singkat pengertian SSD, SSHD, dan HDD adalah 3 jenis storage hardisk atau media penyimpanan guna meningkatkan performa PC atau laptop menjadi lebih baik dari sebelumnya. Meski begitu ternyata masih banyak yang bingung mengenai perbedaan, terutama fungsi ketiganya secara lebih luas.

Karena ketidakpahaman tersebut tentu memilih mana yang paling baik menjadi tidak mudah. Disini ada beberapa faktor yang bisa kita jadikan acuan supaya lebih mudah mengetahui perbedaan SSD, SSHD, dan HDD.

 

Pengertian SSD, SSHD, dan HDD

Perbedaan SSD, SSHD, dan HDD

Perbedaan SSD, SSHD, dan HDD

 

Yang harus diketahui terlebih dulu adalah singkatan dari SSD, SSHD, dan HDD terlebih dahulu. SSD adalah kependekan dari Solid State Drive. Sementara SSHD adalah singkatan dari Solid State Hybrid Drive. Sedangkan HDD merupakan singkatan Hard Disk Driver atau lambang nama dari “Hard Disk”. Berikut perbedaan serta fungsi masing-masing penyimpanan yang dimaksud.

 

SSD (Solid State Drive)

Bisa dikatakan SSD adalah media penyimpanan versi terbaru. Perangkat ini berbasis teknologi flash memory yang digunakan untuk menyimpan data. SSD tidak mempunyai komponen bergerak karena teknologi flash tersebut. Selain server, SSD juga sudah banyak digunakan oleh perangkat Notebook khususnya versi high-end.

 

SSHD (Solid State Drive Hybrid)

SSHD adalah penyimpanan hybrid dimana antara fungsi SSD dan HDD disatukan dalam satu perangkat penyimpanan. Sebenarnya SSHD ini berbasis piringan (platter) namun didalamnya juga sudah tertanam flash memory untuk mempermudah dan mempercepat transfer data.

 

HDD (Hard Disk Drive)

HDD adalah perangkat penyimpanan paling umum pada PC maupun laptop. Bisa dibilang ini merupakan penyimpanan generasi paling jadul karena sejak puluhan tahun lalu menggunakan teknologi yang tidak berubah sama sekali. HDD sendiri berbasis piringan (platter) sehingga berputar terus menerus. Karena komponennya selalu bergerak maka perangkat ini cukup berisiko dan rentan terhadap kerusakan.

 

Perbedaan Penyimpanan SSD,SSHD, dan HDD


Untuk mengetahui perbedaan SSD, SSHD, dan HDD secara fungsi, bisa dilihat dari ukuran, kecepatan, harga, performa baterai, tingkat kegagalan, dan ketahanan. Mari kita bahas satu persatu.

 

Ukuran

Dari ketiga jenis penyimpanan diatas SSD memiliki ukuran paling tipis. Dengan demikian SSD lebih tepat digunakan pada perangkat dengan desain kompak, tipis dan ringan, misalnya laptop. Untuk notebook ukuran standar biasanya menggunakan SSD berukuran tinggi 5 milimeter dan 7 milimeter.

Berbeda lagi dengan SSHD. Opsi media penyimpanan ini umumnya memiliki tinggi 9 milimeter. Namun kedepannya SSHD akan memiliki ukuran sama seperti SSD yaitu 7 milimeter dengan desain 5 milimeter. Selain harga yang lebih terjangkau, SSHD juga menawarkan kapasitas maksimum. Sebenarnya SSD sendiri harganya juga terjangkau namun harga yang murah biasanya kapasitas yang disediakan juga lebih rendah. Tentu saja harga jauh lebih mahal untuk kapasitas yang lebih tinggi.

 

Tingkat Kecepatan

Secara umum fungsi SSD menawarkan kinerja maksimal terutama saat booting. Demikian juga kemampuan read/write-nya sangat mendukung komputasi yang membutuhkan ketersediaan multitasking yang lebih baik.

Demikian halnya dengan SSHD, media penyimpanan ini memiliki kinerja yang hampir sama baiknya dengan SSD. Tidak hanya soal booting namun juga handal dalam hal loading (pemuatan data). Biasanya pilihan SSHD ini cukup memadai untuk menghasilkan performa maksimal yang dibutuhkan perangkat komputer jaman sekarang.

 

Perbedaan Harga

SSHD, dan HDD

SSHD, dan HDD

 

Harga SSD paling rendah biasanya hanya untuk kisaran kapasitas 32 GB – 64 GB. Hanya saja untuk kapasitas yang sangat tinggi harganya juga lumayan mahal (biasanya harga dihitung per-gigabyte). Sedangkan yang menawarkan harga paling rendah per-gigabyte adalah Hard Disk. Sementara dibanding SSD dan HDD, SSHD dipatok harga paling tinggi, jauh lebih tinggi harga per-gigabyte-nya dibanding Hard Disk.

 

Pengaruh Terhadap Performa Baterai

Pada prinsipnya media penyimpanan tidak berpengaruh signifikan terhadap performa baterai. Pada PC atau laptop biasanya konsumsi baterai tidak lebih dari 10 persen. Yang paling banyak menghabiskan baterai biasanya prosesor dan LCD.

Soal konsumsi baterai SSD terbukti paling efisien dibanding media penyimpanan lainnya. Namun SSHD masih lebih baik dibanding HDD karena dalam pergerakannya bisa berputar turun dengan intensitas lebih sering.

 

Tingkat Kegagalan

Bicara soal kegagalan, tingkat kegagalan antara SSD, SSHD, dan HDD nyaris sama. Hanya saja performa SSHD lebih baik karena merupakan perpaduan antara SSD dan HDD sehingga secara terpisah lebih unggul dibandingkan dua lainnya.

 

Tingkat Ketahanan

Karena adanya desain teknologi Solid State maka disini SSD memiliki tingkat ketahanan lebih baik. Dengan kata lain, tanpa satupun komponen yang bergerak media penyimpanan ini lebih mampu bertahan dari hal-hal yang ekstrim seperti jatuh, terbentur, atau cuaca yang sangat ekstrim sekalipun.

 

SSHD, dan HDD kelebihan dari masing

SSHD, dan HDD kelebihan dari masing

 

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas bisa disimpulkan bahwa kelebihan dan kekurangan SSD, SSHD, dan HDD terletak pada teknologi yang digunakan. Penyimpanan HDD sebagai generasi paling lama menggunakan lempengan disk sebagai media penyimpan data dengan ukuran fisik paling besar serta harga paling terjangkau. Sebagai pemutakhiran HDD, SSD memang menawarkan kinerja read/write lebih cepat, namun sayang harganya sangat mahal bahkan tidak sebanding dengan kapasitas ruang penyimpanan yang disediakan.

Sedangkan SSHD yang menerapkan teknologi kombinasi SSD dan HDD tak hanya menawarkan media penyimpanan yang cepat dalam hal multitasking, namun juga lebih handal dan tahan banting. Disamping itu SSHD juga memiliki kapabilitas lebih baik dalam hal penyimpanan data. Keunggulan lainnya, SSHD menawarkan kapasitas ruang penyimpanan cukup besar namun harganya jauh lebih terjangkau.

Nah, sampai disini sudah jelas ‘kan perbedaan SSD, HDD, dan SSHD?

Add Comment